Pentingnya Probiotik Bagi Sistem Kekebalan Tubuh

Probiotik adalah suplemen makanan yang berasal dari mikroba hidup yang bermanfaat bagi mereka yang meminumnya. Probiotik memperbaiki keseimbangan mikroba dan sering digunakan dalam berbagai produk fermentasi dalam susu dan keju.

Bakteri yang ada dalam probiotik bermacam-macam. Jenisnya antara lain Lactobacillus acidophilus NCFB 1748, L casei shirota, L GG (ATCC 53103), L acidophilus LA1, dan Bifidobacterium bifidum.

Penggunaan probiotik ini, menurut Prof Daldiyono, ahli penyakit dalam, berasal dari makanan khas dari Asia Tengah, di kawasan Kaukasia. Mereka acapkali mengonsumsi susu fermentasi. Usia hidup masyarakat kawasan itu lebih tinggi dibanding di kawasan lainnya.

Manfaatnya ini sudah diketahui dalam hidup manusia. Fungsinya antara lain mencegah bakteri patogen, merangsang sistem kekebalan tubuh, mensitensis vitamin, membantu pencernaan, memproduksi bahan metabolis untuk enterosit, mempertahankan keseimbangan ekosistem, dan memetabolisme obat-obatan.

Bukti peran probiotik bagi sistem kekebalan tubuh banyak didapatkan. Contohnya, Fukushima menemukan bahwa dengan mengonsumsi bifidobakteria mampu meningkatkan produksi lg A dalam susu dan usus. Ini membantu melindungi tubuh dari paparan antigen makanan.

Penelitian lain memperlihatkan, konsumsi susu berfermentasi L casei Shirota mampu memodulasi komposisi dan aktivitas metabolisme flora usus. Ada lagi penelitian bahwa konsumsi yoghurt yang terdiri dari 10 bakteri, meningkatkan aktivitas sintesis sel mononuklear darah manusia.

 

artikel diambil dari [sini]

7 Komentar

Filed under global

7 responses to “Pentingnya Probiotik Bagi Sistem Kekebalan Tubuh

  1. prof. sy mhsi peternakan unpad.sy sgt tertarik dgn artikel mengenai probiotik, terutama L.casei.hal ini karena sy sdg berupaya melakukan penelitian mengenai yogurt probiotik dgn L.casei.sy hrp prof. bersedia memberikan saran atau artikel2 mngenai bakteri probiotik L.casei atau yogurt.tks.

  2. Bagus sekali, bravo, saya punya literature banyak sekali tentang probiotik.

    Kalau saya boleh usul, selidiki oncom dan tempe. Saya sekarang sedang berusaha meneliti tempe buat pasien HIV. Anda boleh ikut. Tempe saya buat dari nasi — jadi tempe nasi — bukan tempe kedele.

    Kalau Anda tetap menyelidiki Probiotik, Anda dapat datang ke saya untuk mendapat bahan, literatur dan saran.

    Ilmu Probiotic bagian dari = Micro Ecology of the Gastro Intestinal Tract.

  3. dyan

    prof saya mhswi peternakan ugm saya baru meneliti yogurt probiotik dengan penambahan L.acidhopilus.saya hrap prof memberikan saya bbrpa artikel atau saran mengenai yogurt probiotik.trimakasih

  4. Yth Dyan Arezani, maaf baru balas, saya baru kembali dari luar negeri.
    Saya gembira Anda tertarik pada prebiotik. Prof Matsunaga dari Jepang memberikan komentar yang bagus tentang probiotik: “Tuhan memberikan berkah berupa probiotik, kita belum peduli pada manfaatnya.”
    Ada berbagai probiotik, lactobacilus, bacteria dll. Tentang artikel banyak sekali Anda ambil di internet dan ada buku yang sudah terbit: Probiotik karangan Ingrid S. Surono PhD. Beliau pakar tertinggi tentang probiotik di Indonesia. Peneliti BPPT LIPI. Silakan hubungi Yayasan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (YAPMMI), Duta Mas Fatmawati Blok DI No. 30. Jl RS Fatmawati Jakarta 12150. Saya sarankan pada Anda menyelidiki probiotik jamur dari tempe, oncom, tape, dll. Selamat meneliti.

    Salam,
    Prof. DR. Dr. Daldiyono

  5. Prof.daldiono saya pasien daldiono . Ny . Pestaria tapi sebelum2 nya udah lama saya berobat dokter2 di cikini penyakit saya selalu dalam pencernaan trus banyak karna sakin lama nya sembuh banyak yg nyaranin saya berobat ke penang

  6. Prof.daldiono saya pasien daldiono . Ny.Pestaria tapi sebelum2 nya udah lama saya berobat ke dokter2 di cikini penyakit saya selalu dalam pencernaan trus banyak karna sakun lama nya sembuh banyak yg nanyaiin saya berobat ke penang ……………………………..???? NY,Pestaria

  7. &@_@& @@@@@@@ :::::::::::: Balas DOckter :::::::::::::;::::

Tinggalkan Balasan

