Kurang Serat Bisa Kanker Usus

Sulit buang air besar (BAB) bukan persoalan sederhana. Bila dibiarkan, keadaan ini bisa mengakibatkan masalah besar. Selain alat pencernaan bisa rusak, kanker usus pun sangat mungkin terjadi.

Berdasarkan catatan tahun 2001, ditemukan indikasi adanya kanker usus pada 6,5 persen dari seluruh pasien yang diperiksa saluran pencernaan bagian bawahnya, di RS Kanker Dharmais, Jakarta. DIi RSUD Banjarmasin, 32 persen dari 34 kasus perdarahan lewat anus, terdeteksi mengidap kanker usus.

Sementara itu, di RSCM Jakarta, sekitar lima tahun lalu ditemukan 224 kasus kanker usus. Lalu, pada tahun 2001, persentasenya meningkat 50 persen. Semua kasus tersebut diawali dengan susah BAB.

Menurut pakar gizi dari Universitas Indonesia, Dr. Walujo Soerjodibroto, Sp.G,Ph.D, sulitnya buang air besar atau yang dikenal dengan sembelit disebabkan oleh banyak hal. Kurang minum, kurang makanan berserat, tidak membiasakan diri BAB setiap hari, usia semakin tua, kurangnya aktivitas fisik, depresi atau stres, kehamilan, kondisi sakit, adalah faktor-faktor penyebab sembelit.

Penelitian European prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC) pada Maret 2003 mengungkap, peningkatan konsumsi serat pada masyarakat Eropa ternyata dapat mengurangi risiko pembentukan kanker usus hingga 40 persen. Penelitian ini sekaligus membantah keraguan beberapa ahli, tentang pentingnya serat sebagai zat pelindung tahap awal terhadap kanker usus. Penelitian selama hampir lima tahun ini melibatkan 10 negara, 519,978 orang responden yang berusia 25-70 tahun.

Berhenti di Usus
Prof. DR.Dr. Daldiyono Sp.PD., KGEH, spesialis gastroenterologi dari RS St. Carolus, Jakarta, menyebutkan bahwa saat orang makan sesuatu, sebagian makanan akan diserap tubuh. Sisa-sisa makanan yang tidak diserap tubuh akan dibuang dalam bentuk kotoran (feses). Sebelum dibuang, sisa makanan itu akan berhenti di usus besar, menunggu sisa makanan lain hingga terbentuk badan kotoran (bulk).

Jika sudah tiba saatnya, usus akan mengurutnya (gerak peristaltik) dari atas ke bawah, hingga kotoran keluar dari anus. Saat proses mengurut berlangsung, sisa-sisa makanan yang mengandung serat akan membantu memperlancar jalannya proses pembuangan, sehingga saat BAB tidak bermasalah.

Masalah muncul bila di dalam usus kurang tersedia serat, sehingga proses pembentukan bulk agak lama. Pada orang yang jarang mengonsumsi serat, sisa-sisa makanan yang tidak terserap tubuh akan berhenti dalam usus. Akibatnya, orang tersebut akan merasa sakit dan sulit buang air besar.

“Sisa-sisa tersebut akan berhenti cukup lama sampai terbentuk bulk, sehingga usus bisa membawanya ke bawah. Jika sama sekali tidak ada atau hampir tidak ada serat, tidak akan terbentuk bulk,” kata Dr. Waluyo. Oleh karena itu, kalau kita mendengar ada orang tidak bisa BAB selama tiga hari, bisa jadi ada gangguan dalam ususnya.

Pada konstipasi kronis, tinja biasanya sangat keras dan tak bisa lagi dibuang secara normal. Jangan abaikan hal ini, segera cari bantuan medis. Diagnosis dokter akan ditentukan berdasarkan sejarah kesehatan Anda, juga pemeriksaan fisik.

Dokter harus memastikan tidak ada kemacetan dalam usus, mencermati kondisi endokrin-hipotiroid, juga kondisi elektrolit tubuh seperti kelebihan kalsium darah. Dokter akan menanyakan, apakah Anda sedang menjalani pengobatan. Sebab, bisa jadi hal itu penyebab konstipasi.

“Prosedur yang dilakukan antara lain analisis tinja, cek lapisan barium yang melapisi usus, proctosigmoidoscopy atau alat peneropong ujung usus besar dan kolon sigmoid, dan kolonoskopi atau alat teropong usus,” papar Prof. Daldiyono. Meski secara umum sembelit tak mengakibatkan efek serius komplikasinya bisa mengganggu seperti wasir, lecet, dan pendarahan pada anus.

Bisa jadi dokter akan merekomendasikan obat-obatan seperti mineral oil, atau docusate sodium (colase. dialose) yang berfungsi melunakkan kotoran. Dengan begitu, akan mempermudah pembuangan feses melalui usus. Namun, jangan gunakan obat ini terus-menerus karena akan menyebabkan masalah baru.

Mineral oil akan mengganggu penyerapan vitamin dan dapat menyebabkan radang paru-paru, jika secara tak sengaja. terhirup ke dalam paru-paru. Jangan minum mineral oil dengan posisi badan sedang berbaring, supaya tidak terhirup.

Cangkang udang
Mengubah gaya hidup merupakan cara terbaik dan termurah untuk mengatasi konstipasi. Usahakan mengonsumsi serat alami seperti buah, sayuran, dan biji-bijian, agar tinja lebih lunak. Sangat bagus bila Anda bisa menghitung asupan gizi makanan tersebut. Beberapa jenis sayur dan buah membantu membebaskan Anda dari konstipasi, tapi bisa memproduksi banyak gas.

Dr. Waluyo menyarankan, kita juga bisa memanfaatkan makanan lain yang tidak bisa dicerna serta memiliki sifat seperti serat, misalnya cangkang udang atau rumpur laut. “Serat adalah hidrat arang yang tidak larut. Cangkang udang atau rumpur laut adalah jenis makanan yang tidak bisa dicerna. Cangkang itu menyebabkan tertinggal di usus sehingga bisa menjadi serat,” paparnya. Jadi, kalau makan udang, sebaiknya makan bersama cangkangnya.

Mengenai suplemen pengganti serat yang banyak di iklankan, Dr. Waluyo menilai boleh saja dikonsumsi sebagai pengganti serat dalam tubuh. Yang jelas, serat asli selalu lebih baik dibandingkan yang buatan. “Tapi, kalau memang tidak ada asupan serat, yang kurang baik pun bisa lebih baik daripada tidak sama sekali,” ujarnya.

Konsultasikan pada dokter bila ingin menggunakan obat pencuci perut. Jangan minum obat pencahar tepat sebelum tidur. Selain bakal menguras seluruh isi usus, termasuk vitamin yang semestinya diserap tubuh, juga bisa memicu radang paru yang serius jika terhirup ke dalam paru-paru.

Jika Anda hamil, lebih baik tidak menggunakan obat pencuci perut dan suplemen serat, kecuali diizinkan dokter. Berenang dan jalan kaki adalah pilihan olahraga terbaik untuk Anda. Jika ingin mengonsumsi suplemen zat besi untuk kehamilan, mintalah dokter mengurangi dosisnya. Zat besi dapat mengakibatkan sembelit bagi sebagian orang.

Karena itu mulailah dari sekarang mengkonsumsi banyak makanan berserat, untuk menghindari sembelit.
(idionline)

 

artikel diambil dari [sini]

38 Komentar

Filed under global

38 responses to “Kurang Serat Bisa Kanker Usus

  1. Sari Kartikawati

    Prof, boleh wawancara langsung gak tentang kanker usus? kalau boleh, bisa minta nomor kontaknya Prof?

    Sari Kartikawati
    Inspired Kids Magazine

  2. * Sari Kartikawati: Silakan, saya bersedia.

  3. Prof,mohon pencerahan,sy pernah mnm pencahar herbal “Hbx” slm 3th,berhenti 9 bln yl,..tp sy merasa saat ini sulit BAB krn sinyal mulas sangat lemah.Apakah sy mengalami lazy bowel syndrom?krn daun senna yg terkandung di “Hbx” tsb,sy dengar2 bs merusak usus..saat ini sy hrs konsentrasi u/ menimbulkan efek mulas,atau dibantu bubuk psyllium husk..kira2 apa yg hrs sy lakukan?tksh.wass

  4. tiwuk

    dok …ciri2 kanker usus besar apa ya?
    soalna sy sering ga lancar di BABnya.th 2004 sy penah jalani kolonoskopi di RS.ternyata hasilnya ada peradangan diusus besar sy.nah yang sy tanyakan kemungkinan itu gejla kanker ga?soalna sampai sekrg sy tidak cek lagi.mohon dijelaskan ya dok..

    makasih

  5. Tanda sangat awal adalah bila ada perubahan pola defikasi yang menetap. Kedua mules sekali tiap 2 jam setelah makan.
    Bila kolonoskopi normal diulang setelah 10 tahun, bila ada radang tergantung keperluan. Dari radang ke kanker (kalau akan jadi) kira-kira 15-20 tahun.

  6. rian

    Dokter saya rian saya seorang IRT usia 23 tahun. Saat ini saya sedang mengandung 6 bulan. saat kandungan saya berusia 3 bulan saya sulit BAB, feses hitam dan keras oleh dokter kandungan diberi laxadine dan dulcolax supp. Memasuki kandungan 5 bulan sering terjadi perdarahan saat BAB, ketika saya

  7. rian

    Dokter saya Fifi, seorang IRT usia 23 tahun domisili di kota jambi. Saat ini saya sedang mengandung 6 bulan. saat kandungan saya berusia 3 bulan saya sulit BAB, feses hitam dan keras oleh dokter kandungan diberi laxadine dan dulcolax supp. Namun memasuki kandungan 5 bulan sering terjadi perdarahan saat BAB, ketika saya periksakan ke dokter bedah gastro ditemukan masa tumor sirkuler pada rectum distal. Masalahnya dokter tsb belum pernah menangani Tumor rectum kompl kehamilan. Apa yang harus saya lakukan dok?menurut dokter tsb kalau dirujuk ke Jkt mungkin bisa dilakukan reseksi dengan stapler agar kemungkinan kolostomi dapat diminimalisir. Mohon sarannya dok..terima kasih

  8. Fifiana

    Dokter saya Fifi, seorang IRT usia 23 tahun domisili di kota jambi. Saat ini saya sedang mengandung 6 bulan. saat kandungan saya berusia 3 bulan saya sulit BAB, feses hitam dan keras oleh dokter kandungan diberi laxadine dan dulcolax supp. Namun memasuki kandungan 5 bulan sering terjadi perdarahan saat BAB, ketika saya periksakan ke dokter bedah gastro ditemukan masa tumor sirkuler pada rectum distal. Masalahnya dokter tsb belum pernah menangani Tumor rectum kompl kehamilan. Apa yang harus saya lakukan dok?menurut dokter tsb kalau dirujuk ke Jkt mungkin bisa dilakukan reseksi dengan stapler agar kemungkinan kolostomi dapat diminimalisir. Mohon sarannya dok..terima kasih

  9. ralph pinatik

    dok,saya raf umur 27 thn.perut bagian atas saya bermasalah,sering rasanya tidak enak,mual,muntah,dan feses saya pernah lembek dan berdarah.tapi setela di cek lab,tidak ada mslh.saya sudah 3kali ganti dokter spesialis.dan terakhir saya dianjurkan untuk ke dr Daldiyono,kebetulan saya juga berobat ke carolus.yang saya mau tanya apakah ada indikasi kepenyakit serius,karena badan saya juga turun terus,dan kalo bersendawa rasanya asam.saya berpikir ini adalah asam lambung.tapi mslhnya penyakit lambung ini sudah berjalan 5 bulan lamanya.mohon penjelasan dari Dokter.terimah kasih.

  10. Yth. Ralph Pinatik

    Lebih baik Anda datang ke tempat praktik saya.

    salam

  11. savitri

    Malam, dok.

    Saya ibu rumah tangga dengan 2 anak. Anak saya yang paling tua usia 4 tahun, kadang2 susah BAB-nya, keras. Mulai susah BABnya sejak usia 8 bulan-an mulai makan makanan padat. tapi sekarang udah mulai dengan sendirinya BAB 2 hari sekali. kalau tidak keluar dari 3-4 hari saya pakai MIKROLAX tusuk. Yang saya tanyakan, menu makanan apa saja untuk memperlancar BABnya dan lembek. Saya sudah beri agar2, buncis, pear, pepaya. selain itu apa lagi…..terima kasih

  12. Yth. Ibu Savitri,

    BAB 2 hari sekali atau seminggu dua kali masih normal, Bu.
    Usaha Ibu sudah bagus, tambah juice/buah diblender dan minum air putih pagi hari yang banyak.

    salam

  13. deby

    selamat pagi dr

    dok kalau kanker usus itu makan apa yang tidak boleh di konsumsi oleh sipenderita?
    apa dengan jalan operasi bisa sembuh total?
    setelah dioperasi apa pembuangan melalui perut?

  14. Yth. Ibu Debi,

    Prinsip dasar: operasi kanker kolon/rektum dapat sembuh total.

    salam

  15. elwin

    Salam dokter,
    Papa saya baru saja menjalani operasi
    Pengangkatan tumor dari ususnya,yg awalnya berasal dari
    Polip yg menahun. Sm dokter bedah dianjurkan untuk kemo,agar mematikan
    Sel2 kanker yg tidak tampak mata. Adakah cara lain dok selain
    Kemotrapi melalui infus atau sinar? Bisakah menggunakan
    Obat2an herbal?
    Dan melakukan diet khusus ?

  16. Yth. Bpk Elwin,

    Saat ini khemo yang terbaik sebelum umur 65 thn, batas untuk khemo. Ada aliran kombinasi khemo dan sinar.

    salam,

  17. Ping-balik: Dragon « Fnpinky's Blog

  18. cecep

    doc ..ibu saya di vonis kanker usus ,tp menurut dokter harus di operasi lalu pembuangan BAB di pndah kan ke jalur lain tepat nya di pinggang tapi kami semua tidak setuju untuk di operasi alasan nya itu tadi ,tapi kami gak putus asa untuk pengobatan ibu saya kami memilih obat herbal semacam keladi tikus, saya minta saran dokter??? terimakasih sebelum nya.

  19. Dok, aq mau tanya , aq bngung aq punya penyakit apa susah BAB sudah 2 minggu. trus setiap buang air kecil pasti berdara. saya terkena penyakit apa Dok?

  20. hallo Prof. perkenalkan nama saya Gabriel Abdi Susanto, panggil saja Abdi. Saya redaktur media kesehatan online milik Kompas-Gramedia, http://www.sehatnews.com…bisa dong link sehatnews di pasang di blog Prof…..BTW gimana kabar TEguh dok..itu teman saya…

  21. hallo Prof. perkenalkan nama saya Gabriel Abdi Susanto, panggil saja Abdi. Saya redaktur media kesehatan online milik Kompas-Gramedia, http://www.sehatnews.com bisa dong link sehatnews di pasang di blog Prof…..BTW gimana kabar TEguh dok..itu teman saya…

  22. bariman

    selamat malam dokter…ibu saya usia 65 sudah berapa hari ini sering mual2+muntah kayak banyak angin di perutnya sehingga sering pusing kepala.jd makanannya keluar lg.sudah saya bw ke dr di beri obat histigo(betahistine mesilate),omeprazole,cimetidine,Alumy(aluminiumhydroxic,magnesiumirisilicate,dimethyl polysiloxane)..rencana saya mau periksa ke dokter (tempat praktek dokter dan jamnya)..mudah2an dokter ada praktek di daerah bekasi sekitarnya karena ibu saya tdk kuat naik kendaraan jarak jauh..terima kasih dokter.

  23. Dewi HF

    dok, ibu saya divonis dokter kanker usus , dan harus dioperasi . setiap BAB ada semacam lendir yg ikut dalam kotorannya, menurut dokter harus di operasi lalu pembuangan BAB di pndah kan ke jalur lain tepat nya di pinggang tapi kami semua tidak setuju untuk di operasi alasan nya itu tadi ,tapi kami gak putus asa untuk pengobatan ibu saya kami memilih obat herbal semacam keladi tikus, saya minta saran dokter??? selain itu apakah kanker usus bisa sembuh tanpa melalui operasi dan kemo ? terima kasih . mohon di jawab dok .

  24. Dewi HF

    dok, ibu saya divonis dokter kanker usus , dan harus dioperasi . setiap BAB ada semacam lendir yg ikut dalam kotorannya, menurut dokter harus di operasi lalu pembuangan BAB di pndah kan ke jalur lain tepat nya di pinggang tapi kami semua tidak setuju untuk di operasi alasan nya itu tadi ,tapi kami gak putus asa untuk pengobatan ibu saya kami memilih obat herbal semacam keladi tikus, saya minta saran dokter??? selain itu apakah kanker usus bisa sembuh tanpa melalui operasi dan kemo ? terima kasih . mohon di jawab dok .

  25. selamat malam Prof.Daldiyono
    saya stefani mahasiswi Gizi Masyarakat IPB
    maaf sebelumnya Prof, saya mau bertanya apakah pola frekuensi konsumsi serat makanan berpengaruh pada proses terjadinya gejala kanker usus?
    saya ingin mengetahui lebih lanjut tentang hal ini, karena saya ingin menjadikan topik ini untuk bahan penelitian skripsi saya.
    terimakasih

    regard
    stefani gultom

  26. puspita wasita

    Yth.Prof
    Suami saya sakit gagal ginjal ,kreatin 3,7, sdh 4 hr tdk bab,pake dulkolak bs bab tp hitam,indicopy hasil bagus lambungnya,tapi sek sdh 4 hr tdk bs bab lagi,mohon petunjuknya Prof,apa kanker usus

  27. puspita wasita

    Yth.Prof Daldiyono,
    Saran dokter melalui email sdh dilaksanakan, sekarang suami bisa bab, tetapi warnanya masih hitam pekat seperti warna areng, sudah hampir 10 hari, kemarin sdh periksa feces ke lab, hasilnya baru Senin yad. Kira2 kenapa ya Prof..apa ada kanker usus ? tapi perut tidak merasa sakit, bab tdk ada darahnya, cuma hitam saja. Gejala awal sempat muntah2, dan agak demam, dan mual terus. Tapi sekarang sdh sembuh tinggal warna baba hitam. Trima kasih.

  28. danny

    dok saya mengkonsumsi nutren fiber apakah itu bagus?

  29. Hendra Linardi

    Selamat Siang Prof Daldiyono .
    Maaf Prof , saya mau tanya saya ada polip di usus besar dan sudah dibuang 2 tahun lalu disebuah rumah sakit . pertanyaan saya apakah saya harus melakukan kolonoskopi lagi . serta untuk BAB saya tidak lancar sekitar 2 atau 3 hari sekali . tetapi setiap hari saya banyak makan buah dan sayur . mohon penjelasannya Prof . terimakasih banyak untuk informasinya ini Prof .

  30. Ramos Fentus

    Slmat mlm Dok, saya sdh brobat d 2 rmh sakit, dan hsilnya saya mngalami tukak peptic, kolest (total 249) dan fatty liver, konsumsi obat 2 bln dan selama 4 bulan diet sehat (olahraga & makan sehat) mmang brat badan turun 8kg, nmun smpai skrang msh terasa sakit di perut kanan atas dan rasa penuh, mual dan pusing, kringat dingin, bhkan jika sangat penuh saya hrs sendawa trus mnerus hingga trasa agak nyaman… apa mkanan yg hrs saya konsumsi ya Dok ? dan penyakit apa yg sbnarnya saya alami ?? trimakasih banyak Dok..

  31. wiwin

    Dok, boleh tau tempat praktek dan jadwalnya? Terima kasih

  32. Erlin

    selamat pagi dokter, dokter praktek dimana saja dan jam prakteknya jam berapa ? Saya juga mempunyai masalah pencernaan. terima kasih

  33. Yth Prof Daldiyono
    Dok saya sudah lama mengalami ganguan asam lambung,hampir 7 thnan.setiap hr perut terasa penuh dengan udara dan sendawa yg terus menerus,apalagi klo terlalu bnyk merokok.saya berobat kesana sini tp masih blm ada perubahan.
    apa yang harus saya lakukan , kemana sy harus berobat.

    mohon petunjuknya

    Terima kasih
    Agung

  34. amtąd na nienaruszony
    świat. Natomiast drzewko nie pożąda cokolwiek http://www.
    ted.com/profiles/1759602 promieniować. Głowa kościoła jakby
    dziękuje, jednakże pewno, że wyraz twarzy mu rzednie.
    Przyziemna idea. Inny
    razu jednego natychmiast nie chce się nam unosić się w powietrzu.
    “Pomyliłaś drzewka! ” –
    wrzeszczy Oleg na Verę. “Nie wrzeszcz na mnie! ” –
    wrzeszczy Vera. “Stulcie mordy! ” – wrzeszczy Bob (pełne
    zbieg okoliczności, że Biskup rzymu nie chwyta tąże
    głębokiej oboczności zdań). –
    “Trzeba.

  35. spośród, jakim ongiś płynęła ciek,
    srebrzył się drgającymi rybami, impressionnante chwytającymi powietrze spazmatycznymi ruchami
    skrzeli. Wcześniejszy w tamtym miejscu karaski, leszcze,
    jazie, chociażby nieco jesiotrów oraz zabłą.

  36. Salam prof.
    Saya arief umur 39 thn, oktober 2013 saya melakukan colonoscopy d salah satu rs di makassar,,diagnosa hemorroid interna grade 1 dan ibd (proktotitis ) derajat ringan,
    Oleh dokter di beri obat salofalk 500 mg (dari dubur) dan rhodium untuk 3 bulan, sdh 2 bln minum obat tapi msh sering kambuh sakit perut bagian kiri,,,mhn saran prof,,,mhn balas via email. Arief1166@ymail.com

  37. Mutiaulfah

    Malam dok, saya ingin bertanya.
    Ayah say mual2 muntah berkepanjangan,pernah dirawat dan diberi anti mual IV,membaik tapi bila tidak diberikan mual kembali muntah kembali. Sindrom sudah berjaln kurang lebih dua minggu. Kira2 kenapa ya dok? Ayah ada riwayat dm,kolesterol dan jantung. BolehkH jawaban dikirim ke email saya? Mutia.ulfah@hotmail.com

    Oia satu lagi dok,apa selain di st.carolus,dokter praktek juga? Rumah sakit lain atau rumah mungkin? Tks

Tinggalkan Balasan

