About

Prof.DR. Dr. Daldiyono

Sudah 46 tahun menjadi dokter. Tamat fakultas kedokteran UI tahun 1966, gelar doktor tahun 1995 lalu dilantik sebagai professor FKUI tahun 1997.

Buku yang telah dikarang adalah:

  1. Bagaimana Dokter Berpikir dan Bekerja: GPU, 2006
  2. How to be a Real Student: GPU, 2008
  3. Novel Liku-liku Hidup: Obor, 2007
  4. Pasien Pintar Dokter Bijak: BIP, 2008
  5. Ilmu Slamet: BIP, 2010
  6. Hemat Emosi: BIP, 2011
  7. Anamnesis (buku ajar), 2012
  8. Buku Pengantar Ilmu Kedokteran Klinik (sedang dalam proses penerbitan)

 

Melayani pada 3 Rumah Sakit di Jakarta, yakni RS Medistra Jakarta Pusat, RS St. Carolus Jakarta Timur, dan RS Royal Progress Jakarta Utara. Jadwal praktik dapat dilihat pada keterangan di samping atau pada RS yang bersangkutan.

Jika perlu berkomunikasi melalui email silakan berkirim pada prof.daldi@yahoo.com. Mohon bersabar jika belum dibalas karena jadwal yang sangat padat. Ada kalanya konsultasi tidak memungkinkan melalui email melainkan bertemu langsung di salah satu dari Rumah Sakit tersebut di atas.

 Salam hangat

348 responses to “About

  1. Selamat Malam Prof. Daldiyono
    perkenalkan, Saya Aprilia Gayatri (mahasiswa)

    begini dok, dalam blog saya terdapat posting tentang review buku “Ganti Hati” yang ditulis oleh Dahlan Iskan. Lalu dalam salah satu komentar dari pengunjung, ada yang menyatakan siap untuk menjadi donor hati.
    Dia bernama Naufaldy, Pria 34 tahun, Gol darah B, bahkan ybs juga meninggalkan nomor telepon.
    Saya sudah hubungi ybs menanyakan keseriusannya menjadi pendonor, dan ybs menyatakan keseriusannya.
    Komentarnya dapat dilihat pada link ini :

    http://binchoutan.wordpress.com/2008/05/27/book-review-ganti-hati-dahlan-iskan/

    Sejujurnya saya bingung harus menghubungi siapa? dan dimana saya dapat menemukan orang yang membutuhkan donor hati, karena saya tidak punya hubungan dengan Rumah Sakit atau lembaga kesehatan lainnya.

    Namun sebagai pemilik blog, saya ingin sekali membantu sebagai perantara. Oleh karena itu saya menulis pesan ini kepada Bapak, mungkin Bapak bisa membantu meneruskan kepada pasien yang membutuhkan. Alangkah baiknya jika niat baik ini dapat tersalurkan kepada yang membutuhkan.

    Terima Kasih, salam,
    Aprilia Gayatri

    http://binchoutan.wordpress.com

    apienx_mail@yahoo.com
    HP.08158797272

  2. Terima kasih atas informasinya. Untuk pendonor, dapat menghubungi Prof. DR. Dr. Ali Sulaiman di bagian Hepatology, Departemen Penyakit Dalam, FKUI/RSCM. Beliau adalah ahlinya, yang nantinya akan menangani khusus pada bagian ini.

    Ilmu Penyakit Dalam
    Address:
    Fakultas Kedokteran UI – RSCM
    JL.Diponegoro No.71, Jakarta Pusat.
    Phone and Fax: (021)31930956, 3193463, 3914830 | 3161467.
    Email: ipd@fk.ui.ac.id.

  3. Arief

    Selamat malam, Dok. Saya memiliki seorang bibi yang menderita kanker usus besar stadium lanjut dan sudah menyebar ke organ liver. Dan sekarang sudah dilakukan colostomi. Tetapi bagian pinggang belakang sering terasa sakit seperti saat sebelum operasi. Menurut Dokter apa yang harus dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dan penyebaran kankernya. Operasi dilakukan pada tanggal 15 Oktober 2008.

  4. Qintan

    Yth. Prof. Daldiyono:

    Saya ingin menanyakan pendapat Dokter mengenai kemungkinan komplikasi organ pencernaan pada pengguna alat cuci darah dengan metode CAPD.

    Ayah saya (71 tahun), menjalani operasi untuk menanamkan kateter CAPD 2 bulan yang lalu. Beliau mengalami nyeri perut kurang lebih sejak 3 minggu yang lalu. Nyeri perut ini hilang timbul, tetapi kadang juga bertahan cukup lama, dan sangat sakit. Semula kami diperkirakan beliau mengalami infeksi (yang cukup umum pada pengguna CAPD), dan oleh dokter ginjal telah diberikan antibiotik selama 3 minggu ini. Tetapi hasil tes cairan dialysite tidak menunjukkan adanya kuman di cairan tersebut. Jadi infeksi bukan jawaban dari nyeri perut ini.

    Ada juga beberapa hari dimana beliau kentut terus menerus dan merasa agak enakan, tetapi setelah itu kembali merasa nyeri di bagian perut. Jadi kelebihan gas di perut/masuk angin juga bukan jawabannya

    Ayah saya dapat makan dengan baik dan tidur juga enak. Penggantian cairan dialysite tidak ada masalah (keluar masuk minimum 2 liter), dan cairan tesebut jernih.

    Saya membaca beberapa hasil penelitian mengenai kemungkinan komplikasi organ di tubuh seperti pankreas pada pengguna CAPD. Ada yang menyebut acute pancreatitis. Ada juga yang menyebutkan sclerosis encapsulating peritonitis.

    Bisakah Dokter sarankan ke ahli apa Ayah saya harus memeriksakan nyeri perut ini. Apakah betul harus ke gastroenterologist? Saya pikir paling tidak Ayah saya harus di CT Scan untuk mengetahui kondisi perut dan organ-organ disekitarnya.

    Terima kasih atas bantuannya.

    Qintan.

  5. Arif:

    Yts Pak Arif, terima kasih Anda menghubungi saya.
    Kanker stadium lanjut memang memberi rasa nyeri, awalnya dapat diberi obat penghilang rasa nyeri, dapat diberi Ponstan, atau tramal atau ultracit. Obat-obat ini ada generiknya silakan pilih. Bila sakit bertahan (stadium akhir) dapat diberi morphin (MST) tapi mahal sekali dan jadi morfinis. Bila tak diberi sakit sekali (meraung-raung). Bila uang pas-pasan jangan beli MST, harus diberi sampai pasien kembali ke Tuhan.

    wasalam,
    Prof Daldi

  6. Qintan:

    Yts Qintan, terima kasih.

    Metode CAPD adalah yang paling baru, bagus sekali, tapi ada resiko dan komplikasi yang harus dipahami dan diterima. Rasa sakit sedikit tidak mengapa, harus ditoleransi yang penting dapat makan, minum dan buang air besar, kentut itu berkah. Bila makan minum dan buang air besar baik, tak perlu ke Gastroenterologis.

    salam,
    Prof Daldi

  7. Muliyanto

    Malam Dokter,
    Saya Pria 30 th mengalami sakit pada perut ( sakitnya nyeri di sekitar pusar) adapun dengan kondisi pada perut yang kembung sekali, keringat dingin kadang di sertai demam, mual, muntah. kondisi yang sgt tdk enak selama 12 jam krg lbh.
    Pada awalnya saya menyangka adalah sakit maag biasa saya pergi ke klinik dan diberi obat maag, setelah perhatikan sakit ini menjadi lebih sering terjadi berkisar 1 bulan sekali ( selama 5 bulan terakhir ini ) krn penasaran saya cek lbih lanjut ke internis di pgi cikini. Hasil USG dan Apendikogram menyatakan saya kena usus buntu dan harus segera dioperasi. Karena tidak yakin saya bawa semua hasil ke dokter keluarga kami, Dokter melihat hasil dan menyatakan kalo penyakit saya bukanlah usus buntu dia memberi saya rujukan untuk ke dokter khusus Gastroenterologi. kira-kira tindakan apa yang perlu kami ambil? sebelumnya terima kasih banyak atas waktu dan perhatiannya. Tuhan memberkati Dokter

  8. Pak Mulyanto Ytc,
    Kondisi bapak barus ditelusuri lebih mendalam. Bahwa ada tanda usus buntu radang kronis barangkali benar, tapi persoalannya adalah apakah radang usus buntu kronis itu yang menyebabkan keluhan. Perlu foto usus besar dan foto usus kecil.
    Maaf atas jawaban yang terlambat.

  9. Tri

    Yth Prof Daldiyono,

    Saya Tri (pria), usia 29 th.
    Saya punya sakit anemia dan darah rendah. Hb saya 9. Setiap hari saya pusing, lemah dan ngantuk. Apalagi pekerjaan saya menuntut berfikir keras dan sering keluar kota.
    Selain itu sejak kecil saya punya wasir, waktu masih usia 13 th saya sudah pernah operasi.
    Sekitar 5 th an ini saya merasa wasir saya kambuh lagi. Setelah saya perhatikan, setelah makan cabe, santan walopun dalam jumlah sedikit, maka akan terjadi pendarahan dari anus dan terjadi beberapa hari, setiap BAB.Pendarahan nya lumayan banyak, kadang mengucur atau menetes selama kurang lebih 1 jam (sekalian BAB).
    Selain itu perus saya terasa seperti diremas2.

    Saya bingung, pendarahan yg terjadi pada saya itu disebabkan karena wasir, atau ada penyakit lain seperti lambung dan usus.

    Mohon pencerahan dokter, kira2 saya sakit apa dan harus berobat ke dokter spesialis apa?
    Apakah saya harus melakukan endoskopi?

    Saya ucapkan terima kasih atas jawaban Prof.

    Salam,
    Tri

  10. Hallo, prof. Salam kenal, saya kakak seorang mahasiswa prof di FKUI. Adek saya cerita banyak tentang dokter :) Senang bisa mampir di blog Anda. :)

  11. Terima kasih. Silakan Anda menengok buku-buku karangan saya di toko buku Gramedia. :)

  12. Salam kenal, Prof…
    Wah, hebat sekali ada Profesor sempat ngeblog. Blognya saya link di blog saya ya Prof, barangkali ada sahabat2 saya yang butuh konsultasi. :)

  13. Fifiana

    Dokter saya Fifi, seorang IRT usia 23 tahun domisili di kota jambi. Saat ini saya sedang mengandung 6 bulan. saat kandungan saya berusia 3 bulan saya sulit BAB, feses hitam dan keras oleh dokter kandungan diberi laxadine dan dulcolax supp. Namun memasuki kandungan 5 bulan sering terjadi perdarahan saat BAB, ketika saya periksakan ke dokter bedah gastro ditemukan masa tumor sirkuler pada rectum distal. Masalahnya dokter tsb belum pernah menangani Tumor rectum kompl kehamilan. Apa yang harus saya lakukan dok?menurut dokter tsb kalau dirujuk ke Jkt mungkin bisa dilakukan reseksi dengan stapler agar kemungkinan kolostomi dapat diminimalisir. Mohon sarannya dok..terima kasih

  14. Yth Ibu Fifiana
    Silakan konsultasi dengan Dr. Bambang Sutopo, SpPD di Jambi. Beliau ahli soal pencernaan. Tumor itu harus dibuktikan. Apabila ada konsultan lebih baik ke Jakarta.

  15. Fifiana

    dok, di jakarta saya bisa kosult dengan dokter siapa dan di rumah sakit mana?

  16. yulie

    Yth Prof. Daldiyono

    Saya yulie, 35 th. punya masalah dengan siklus BAB.. :-) ..

    selama ini BAB memang tidak selancar orang2 yang bisa tiap hari atau malah sehari 2x. Ada kala saya rutin tiap pagi, tapi penuh dengan ‘perjuangan’ Prof. Maksudnya, perlu waktu 20~30 menit plus konsentrasi penuh.

    Tapi terakhir2 malah sempat 2-3 hari sulit BAB. Ada rasa mulas, tapi berhenti, jadi tidak berlanjut. Kadang akhirnya bisa, tapi (maaf) feses keras dan sulit keluar. Saya sempat memakai obat pencahar “Mcrlx”, berhasil beberapa kali. Lalu saya hentikan.

    2 minggu lalu atas anjuran teman saya mulai ‘terapi air’, setiap bangun pagi saya minum 4-5 gelas air putih, sedikit berolahrga. Selama 1 minggu berhasil lancar BAB dok, tanpa keluhan.

    Minggu lalu ada yg memberi antioxidant water maker, termos air kecil yang ada mineral2 nya. Saya mulai minum melalui termos itu. Tapi setelah 4 hari ini, saya mulai berasa BAB sulit dan 2 hari terakhir ini malah tidak bisa BAB sama sekali. Saya pakai “Mcrlx” kembali, malah tidak bisa Prof. Tapi perut mulas dan ada peristaltik, cuma ya itu, mandeg di “pintu”.

    Mohon pencerahan Prof. Apa benar residu mineral air itu bisa menyebabkan konstipasi atau ada penyebab lain?

    Terimakasih banyak atas bantuannya dan maaf panjang sekali ceritanya.

  17. Melissa

    Dok, saya mencari orang yang mau donor liver untuk mama saya, golongan darah O berat badan lebih dari 65 kg, bila ada yang berminat untuk membantu tolong hubungi saya lewat email juga bisa, terima kasih banyak.

  18. Kepada Yth Melissa,

    Silakan Anda menghubungi divisi Hepatologi Dept. Ilmu Penyakit Dalam RSCM.

    salam

  19. Renny

    Yth Prof.Daldiyono

    Saya Renny, umur 31 thn. Berat badan 58 kg, tinggi 158.

    Dalam seminggu ini, perut saya kembung disertai dengan pembesaran perut seperti hamil 4 bulan. Gejala tersebut muncul, kemudian besoknya hilang, dan begitu seterusnya sepanjang minggu. Saya tidak mual, ulu hati tidak perih, tidak demam, BAB lancar. Hanya terasa kencang dan sedikit sakit di perut, kentut berkali-kali dan sendawa.

    Saat kembung pertama kali saya juga langsung pantang makan pedas, asam, kacang2an, kentang, kol, kopi, teh, susu, makanan berlemak, dll yang menyebabkan kembung, tapi ternyata gelaja berulang terus.

    Saya kemudian menemui internis, dan di-USG, ditemukan polip di empedu, tapi organ lain seperti hati, pankreas, limpa, usus, ginjal, rahim, semuanya bagus. Internis tersebut tidak bisa menyimpulkan apa penyebab sakit saya ini, sehingga saya hanya diberikan Enzyplex dan Motilium. Bila pengobatan sudah selesai tapi masih timbul gejala maka saya disarankan untuk endoskopi lewat mulut dan anus.

    FYI, saya juga pernah laparascopy usus buntu tahun 2008.

    Apa penyebab kembung seperti itu ya Prof? Apakah ada indikasi penyakit berbahaya? Perlukah saya endoskopi?

    Terima kasih sekali atas kesediaan Prof untuk membaca dan menjawabnya.

  20. Yth. Ibu Renny,

    Penyakit tak bahaya. Sendawa dicegah dengan menelah ludah atau minum air hangat. Selama nafsu makan baik dan BAB baik, tak perlu endoskopi.

    salam

  21. aisah

    dear prof.dal

    sy ai 28th dari jakarta,
    sy memiliki masalah seputar pencernaan,,2minggu setelah menikah sy masuk ugd krn perut sebelah kiri sakit luar biasa yg kemudian sakitnya menyebar ke area pusar.setelah diusg ternyata hnya gelembung gas yg berlebihan didalam perut sy.seminggu setelah masuk ugd buang air kecilnya kurang lancar spt ada yg tersumbat tp itu baru sy rasakan pada saat sy haid & itu terasa sangat skt pd saat terakhir sy mengeluarkan air seni tsb.sehingga sy lebih sering kebelakang krn air seni yg keluar sedikit2. apakah ada hub.nya antara skt yg sy rasakan dl dengan skrg ini. mohon sarannya prof.. terima kasih..

  22. Yth. Sdri Aisah,

    Tidak mudah menentukan sakit Anda. Bisa fungsional yang dapat diatasi dengan banyak minum, dapat pula organik. Lebih baik ke dokter Anda. Tanyakan diagnosis (hipotesis) yang sebenarnya.

    salam,

  23. adam

    Salam Prof,

    Saya pria berumur 34 tahun dengan tinggi dan berat badan normal. Sudah beberapa tahun saya mengalami masalah kesehatan yang cukup mengganggu aktivitas saya. masalah pertama adalah: setiap hari (biasanya pada saat sebelum makan siang 10.00-12.00 WIB), bagian belakang kepala sebelah kiri (dekat tengkuk leher) terasa sangat nyeri, saya sudah pernah melakukan check-up secara menyeluruh maret 2009 dan diperiksa oleh seorang Dokter Internis, hasil yang saya dapatkan adalah Kolesterol total = 240, LDL = 171, Trigliserida = 109, Lp(a) = 44.4 diagnosa tambahannya adalah hypegregasi. Dokter saya memberikan saya Lipitor dan Cardio Aspirin katanya untuk memperlancar darah saya yang kental. Tetapi sakit saya ini tetap saya rasakan setiap hari. Saya menduga, masalah ini berhubungan dengan keluhan saya yang kedua, yaitu setiap saya pulang kerja dari kantor (jam kantor saya 8 pagi – 6 sore), saya makan malam dengan sangat lahap karena merasa sangat lapar, malam harinya saya tidur dan terbangun karena didalam mulut saya terkumpul liur yg sangat kental, sehingga saya terbangun untuk menbuang liur tersebut dengan rasa pusing yang luar biasa. Mohon agar Prof dapat memberikan saran kepada saya untuk dua masalah kesehatan diatas, kemanakah saya perlu berobat? Apakah perlu diagnosa secara menyeluruh dengan CT-Scan/MRI untuk kepala saya? Perlukan diperiksa dengan camera kedalam perut saya (untuk keluhan air liur dan pusing di malam hari)? Mohon saran dan bantuannya, terima kasih.

    Salam,
    Adam

  24. Yth. Sdr Adam

    Ada baiknya dilakukan MRI kepala dan tulang leher. Air liur baiknya ditelan, jangan dibuang. Kalau endoskopi belum perlu. Ada baiknya ke ahli neurologi.

    salam.

  25. irman

    Selamat siang Prof.,
    Mohon maaf untuk minta sarannya.
    Ibu saya meninggal karena kanker kolorektal.
    Saya sudah 3 kali didiagnosa kena kolitis lewat pemeriksaan kolonoskopi di sekitar 2004-2007.
    Sekarang saya merasakan kembali gejala yang sama: sakit di perut kiri bawah, buang air sering tapi tak teratur, mules tapi feses sulit keluar atau mencret. Saya ingin periksa kembali tapi takut untuk kolonoskopi karena selalu dibius total. Apakah pemeriksaan ini harus selalu dengan kolonoskopi? Dan apa akibatnya kalau sering dibius total.
    Kami ucapkan banyak terimakasih.

    Salam,
    Irman

  26. Yth. Sdr. Irman

    Jangan takut kolonoskopi sangat sederhana dan aman. jaman sekarang (modern) ini yang penting kepastian.

    salam

  27. yance

    Halo prof, saya yance (Laki) umur 23 tahun

    Saya ada beberapa pertanyaan mengenai penyakit saya nih prof kiranya profesor sudi menjawab

    1. saya menderita sakit lambung/maag sudah 2 minggu. Sudah 2 hari ini produksi air liur saya koq lebih banyak dari yang normal yah? (sebelumnya tidak) dan kejadian tersebut bermula ketika ada perasaan yang naik ke arah atas dari arah lambung ( tapi bukan muntah prof ), apa kejadian ini ada indikasi saya kena bakteri Helicobacter Pylori (HP) penyebab tukak lambung dok?? karena saya pernah baca artikel bahwa air liur gunanya membunuh bakteri yang ada di mulut, apa mungkin bakteri tersebut sudah banyak naik ke mulut dan air liur otomatis mendeteksinya dan keluar banyak air liurnya? apa air liur saya ini harus dibuang apa di telan lagi prof? kalau saya telan takutnya itu mengandung asam dan malah kerongkongan saya kena asam itu jadi saya buang saja.

    2. Saya merasa badan saya itu kadang hangat sudah 2 hari ini dan kaki sebelah kanan saya saja juga agak dingin, leher/kepala sebelah kanan nyeri/pusing dan waktunya itu gak tentu dan bingungnya kalau dibawa tidur gak kenapa2, apa saya kurang tidur ya? kadang diminum air hangat badan saya enak lagi dan tidak pusing. apa ini disebabkan sakit maag saya dan pengaruh asam lambung prof?

    3. terus, apa saya harus terus konsumsi obat maag tsb karena sudah 2 minggu ini belum sembuh2 prof?.

    4. Bagaimana cara melihat kondisi lambung kita prof selain cara endoskopi , bisakah di rontgen atau lewat test UBT untuk Bakteri HP?? karena saya agak ngeri ada alat masuk ke mulut prof.

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak prof dan ditunggu replynya.

    Yance

  28. Yth. Sdr Yance

    Air ludah itu berkah, telan saja. Sakit Anda rasanya fungsional bukan sakit organik.

    salam,

  29. yance

    Maaf prof, mau tanya lagi.

    Saya mengalami susah tidur baik malam ataupun siang hari, apa karena efek dari obat tidur/penenang yang saya minum ya?,, saya coba untuk tidak minum lagi obat tersebut karena takut bahaya keseringan minum. tapi saya malah jadi susah tidur..padahal saya gak ada beban apa2. Sewaktu saya coba paksakan tidur ada getaran di di kaki dan di area dada seperti nyetrum gitu, apa dikarenakan otot2 saraf saya agak tegang dan mulai mengendur ketika mau tidur?. sakit maag saya belum sembuh benar tapi udah mendingan sih.

    Terima kasih prof,

    salam

  30. Yth. Sdr. Yance

    Anda baik sekali mau berhenti dari obat tidur. Saat mulai baring doa dalam hati terus menerus, bila perlu sampai pagi. Doa sama dengan tidur.
    Awal tidur seperti itu normal, justru kode (sinyal) bagus Anda akan tidur nyenyak, getaran di kaki dan dada itu normal.

    salam

  31. yance

    Siang prof, maaf mengganggu.

    prof, kalau lagi sakit lambung terus mencret2 itu normal gak prof? saya mau tanya sya masih konsumsi antasida sudah 2minggu bahaya gak sih prof? takut gangguan ginjal

    Sepertinya saya kena sakit GERD nich prof, soalnya kalau habis makan ludah saya terasa asam dan baru makan 3 sendok langsung sendawa, kalau habis minum juga sendawa.

    Suara saya mulai2 serak tapi gak ada sesak nafas dan nyeri dada.

    Saya minta saran donk prof untuk penyakit saya ini prof , bagaimana pola keseharian yg harus sy jalani?.

    Apa selama sakit seperti ini saya boleh aktifitas diluar prof? saya juga rindu mau pelayanan di gereja lagi.

    Terima kasih prof untuk supportnya,

    yance

  32. yance

    Siang prof,,

    Saya udah berhenti konsumsi obat maag (soalnya saya minum udah 3minggu) , dan mulai teratur dari pola makan sehari-hari. Tapi perut masih kembung di bagian perut kanan bawah saja dan setelah makan masih suka ada refluk asam sampai pangkal lidah saja terus hilang. dah gitu saya BAB nya mencret. apa kembung dan mencert2 bisa sembuh dengan sendirinya dok tanpa obat2 ?? saya konsumsi pisang dan pepaya. Terima kasih prof sebelumya dan ditunggu replynya

    Yance

  33. Rangga

    Halo prof,

    Saya mau tanya karena bingung sekali, kalau ada rasa asam yang keluar dari pangkal lidah bercampur saliva setelah minum yang manis2 seperti: air gula atau, ice cream, susu. Apa itu juga termasuk dalam GERD? saya khawatir kalau saya mengalami penyakit mulut dan bukan GERD , dan efeksamping dari obat untuk GERD yang saya alami akibat salah diagnosa. memang metabolisme pencernaan saya agak sedikit tidak normal seperti:

    1. kembung 2jam setelah makan, lalu hilang setelah BAB

    2. BAB pagi tidak tuntas 1 X dan harus 2 kali dengan jeda 2jam.

    Kalau memang saya mengalami GERD , kira2 ini level ringan, sedang atau berat dok? Saya tidak mengalami reflux makanan, mual, muntah, nyeri dada sakit/terbakar, susah nelan, sesak nafas.

    Urin bening, BAB 2-3X sehari, nafsu makan normal, suhu badan normal. cuman lagi sariawan nih prof.

    Maaf prof saya nanya nya banyak , karena saya takut dokter yang periksa saya diagnosanya salah.

    Trims

    Rangga

  34. Yth. Sdr. Rangga

    Itu tak apa, silakan makan buah yang banyak. GERD bisa sembuh dengan banyak menelan air ludah. Air ludah adalah obat maag dan Gerd yang terbaik.
    Kalau kembung, berdiri dengan ujung jari, jalan di tempat, lutut tetap lurus. Selama nafsu makan baik dan BAB baik, usus sehat.

    salam,

  35. Rangga

    Terima kasih atas responnya prof.

    Saya mau tanya lagi prof, kalau GERD karena ada kelemahan otot LES bawah memang bisa sembuh secara perlahan2 prof tanpa obat sekalipun? dan cukup menelan air ludah saja?

    Kalau kembung terus2 an apakah perlu di usg prof? dan perlu diobati dengan disflatyl yang indikasinya buat memecah gelembung gas dalam usus?.

    Saya sudah melakukan yang profesor bilang kalau kembung berdiri dengan ujung jari. tapi kalau kembung terus2 an apa itu gak berbahaya prof?.

    Terima kasih prof,

    Rangga

  36. Josephian

    Halo prof ,

    Prof saya sering mengalami sakit kepala sebelah kanan di belakang leher ketika dalam masa pengobatan maag, ini penyebabnya apa ya dok? karena perut atau efek samping obat? atau ada gejala kolesterol tinggi?. Berat badan saya 45kg.

    Terima kasih prof,

    Josep

  37. yance

    Halo dok,

    Saya mau tanya , saya mengalami kekambuhan GERD lagi sudah 4 hari ini dengan keluhan rasa panas ( seperti ketumpahan air hangat ) di sekitar perut atas dan ulu hati, sebelumnya saya sudah mendingan.

    Saya tidak tahu penyebabnya apakah saya kecapean atau gara2 minum yakult yang tidak dinging lagi dari kulkas.. katanya kalau dingin yakult itu keasamannya gak terlalu asam, tapi kalau dingin agak asam. tapi saya beranikan untuk minum.. dan pada hari itu saya juga sepertinya agak kecapean beraktifitas, jadi pada malam hari itu mulai terasa perut saya gak enak dan keluar keringat serta gemetar.

    dan ada lagi dok, dosis obat juga waktu itu sudah saya kurangi, dari awal saya minum obat omeprazole 3X1, lalu 2minggu berikutnya saya turunin 2X1 , lalu minggu terakhir sebelum kumat itu cuman 1X sehari.

    Jadi kumatnya maag saya akibat Yakult, Kecapean, atau penurunan dosis obat dok ?.

    Apakah dokter punya saran untuk saya supaya tidak kumat lagi?. oya, apakah minum madu itu boleh untuk asam lambung tinggi?.

    Terima kasih dan mohon pertolongannya dok

    Yance

  38. yance

    Halo prof,

    Prof, saya ini kenapa ya prof.. maag saya kambuh koq bisa jadi jantung saya debar-debar, nafas berat, Kepala sering goyang gak seimbang, dan kalau denger suara keras atau ada yang nyenggol saya, jadi kaget dan jantung debar2.. kadang denyut debar kadang normal lagi…

    Apa saya sakit jantung ya dok, saya belum test EKG sih, cuma dokter yang periksa katanya kalau test EKG juga pasti hasilnya normal , soalnya detaknya normal tapi lebih cepat.

    Profesor ada saran gak , harusnya saya bagaimana nih? ini disebabkan apa ya?.

    Trims,

    Yance

  39. Yth Pak Yance,
    dosis omeprazole cukup 1×1 caps diminum kira-kira 2 bulan.

    salam,

  40. yance

    Trims dok,

    iya tuh dokternya kacau juga, mungkin gara2 omeprazole kelebihan ya.

    gini prof saya mohon tanya lagi, itu kalau saya sudah 2 hari ini suka terbangun subuh2 terus kaki saya gemetar dan jantung saya debar2., kaki pada dingin, suhu sekitar leher hangat.

    terus saya langsung ke toilet dan BAB ( BAB saya banyak-padat ) , selama di toilet debar jantung sya kembali pelan2 normal, terus nanti begitu lagi dibawa tidur.

    apa ini efek dari saya kurang makan ya prof ? soalnya 2 hari ini kalau malam. saya makan jam 7 malam dengan nasi lembek 1 mangok kecil plus daging ayam sepotong kecil lalu pepaya kira2 100gram pada jam 9malam.

    apa datangnya jantung debar2 dan kondisi tidak enak lainnya gara2 saya kelaparan ya prof? jadi bangun tengah malam.

    2 hari yang lalu saya KE IPD RSCM dan diagnosa dispepsia, saya mau ke Gastro langsung tapi gak bisa katanya kalau ke Gastro untuk endoskopi aja.

    Trims prof dal,

    Yance

  41. yance

    Salam dok,

    Saya mau tanya nih dok, kalau misalnya kita udah gak mengalami nyeri perut, ulu hati dan rasa panas ulu hati. apa kita masih harus minum obat-obat untuk maag tersebut?? berhubung lidahsaya masih suka merasa asam setelah makan atau minum yang manis2. saya dikasih omeprazole dan sucraflat.

    Sebenarnya saya nih aneh dok, masa saya minum madu aja udahannya lidah saya rasa nya asam ya dok. sebenernya ini sakit apaan sih dok?? saya jadi takut, saya udah gak ngalamin sakit di sekitar perut, tapi gara2 masih terasa asam lidahnya saya jadi pusing mikirin sebetulnya udah sembuh atau belum,,

    saya tanya internist gak bilang apa2 mengenai rasa asam di lidah , cuma bilang dispepsia,maag.

    Dok, minta saran donk obatnya masih harus diminum atau nggak nih.., takut efek samping.

    Trims, YANCE

    NB: minum madu 1 sendok makan, lidah jadi asem.

  42. Fajar

    selamat malam dok..saya mau tanya, saya merasa ada yang tidak wajar di bagian perut saya ..ini berawal dari bulan maret perut saya terasa kembung dan rasa sakit yang menusuk di bagian ulu hati,disertai dengan sendawa. Saya sudah berobat bahkan sampai opname dan konsultasi berkali kali tetap saja kambuh dengan keluhan yang sama.segala cek up sudah saya lakukan USG,tes darah,urine sampai endoscopy dan hasilnya saya dinyatakan mengidap gastritis kronis aktif ringan .keadaan menjadi lebih baik,tapi tidak 100% baik. beberapa bulan kmudian (bulan agustus)kambuh lagi dengan keluhan sama disertai demam tinggi stelah cek up bilirubin,spgt,sgot saya meningkat, saya opname kembali dan dari hasil pemeriksaan selain ada masalah pada lambung ternyata ada masalah dengan empedu dokter menyatakan bahwa cairan pada kantong empedu pekat,sehingga pola makan harus dijaga,,1 bulan saya menaati semua saran dokter .. tapi tetap saja perut saya tidak bisa plong.tetap saja seperti ada yang mengganjal kadang menusuk2 dibagian uluh hati, kembung (terkadang sendawa),perut terasa penuh dan banyak angin.apa yang sebaiknya saya lakukan?dan apakah penyakit saya ini berbahaya?terima kasih dok…

  43. yance

    @FAJAR: Bener tuh sakit gastiris kronik agak lama sembuhnya, dan syukur2 bisa sembuh total.. Pertama memang pola makan mesti dijaga ketat seumur hidup kalau sudah kena gastrisis kronis, Hindari makan yang asem,pedas dan jangan minum yang bersoda/alkohol biar cuman sedikit. pengalaman saya begitu.. biar icip2 ternyata kambuh lagi.

    dan kalau ada keluhan jantung berdebar serta sesak nafas tidak perlu EKG, Rontgen. karena itu semua efek dari gastrisis. saya sudah mengalami nya juga selama 4 bulan.

    Kiranya saya bisa berbagi.

    Trims,

    Yance

  44. Fajar

    @Yance : ooh begitu ya.. wah, infonya sangat membantu,,, selama ini konsumsi obat apa ya? atau mungkin apa yang membuat itu bisa sembuh lagi.. Beberapa hari yang lalu saya melakukan tes USG, dan hasilnya ada sedikit batu pada empedu, namun dengan ukuran yang kecil.. apa mungkin itu efek dari Gastritis ya?

    Terima kasih

  45. carolin

    selamat malam dok,,

    saya punya sodara yang mengalami kanker usus..dimulai awalnya karena sodara saya melakukan operasi mium smpe 3x.
    Dokter yang mengoperasi sodara saya mengatakan klo sel kanker sudah menjalar keseluruh tubuh,dan skg sudah mengenai usus.sampai usus sodara saya menempel,dan usus yg menempel sudah dipotong dan diganti selang,kondisi tubuh sodara saya pun menurun drastis.
    Kalo menurut dokter apa yg harus sodara saya lakukan..mohon infonya…

    Terima kasih

  46. yance

    @fajar: kalau untuk sembuh sih saya belum total, tapi lebih baikan. dan sebaiknya dijaga apa yang sudah membaik dari pada menghancurkannya kembali. dari pengalaman saya, makan buah2 an dan sayur dalam porsi banyak sangat membantu dan mencegah pencernaan bertambah buruk. saya rutin makan pepaya setiap hari 2 mangkuk indomie, melon juga bagus. hindari stress dan kerja yang berlebih.

    Kalau untuk obat saya udah stop. kalau anda di jakarta langsung konsult ke IPD penyakit dalam RSCM saja. kemungkinan bukan gastrisis saja yang anda alami.

    Yance

  47. Fajar

    @Yance : baik, terima kasih buat infonya.. sekedar info buat teman-teman, saat ini saya rutin mengkonsumsi apel, dan hasilnya saya tidak mengalami gangguan pencernaan lagi.. semoga bermanfaat..

  48. yance

    @fajar: apelnya apel merah yang gede ya?? bukannya apel asem tuh?

  49. iir

    dok saya sudah 4 bulan sakit maag, kira2 saya terkena gerd , dispepsia fungsional ato apa, gejalanya nyeri ulu hati yang menusuk yang ga ilang2, sesak dan kadang2 susah nafas panjang, kalo abis makan terasa penuh, sudah minum lansoprazole 2 bulan, emang ga separah dulu si, tapi sekarang masi sakit dok. apa hrs endoskopi, ato gimana dok. apa perut saya bisa kembali normal dok

  50. iir

    saya juga merasa sering merasa ada sesuatu di tenggorokan dok, tapi nafsu makan saya lancar. kalo berbaring ulu hati makin terasa sakit. gimana caranya aga nafas saya ga berat dok. sampai kapan saya harus minum obat jenis PPI dok. apkah pikiran saya yang sering cemas juga berhubungan dok.

  51. yance

    @iir: anda sama dengan saya, namun saya udah gak ada nyeri ulu hati dan sesak nafas. namun untuk perut panas dan asam di mulut masih ada, saya udah berhenti minum PPI karena dirasa sepertinya PPI itu cukup 2bulan aja. sebetulnya peranan Buah dan sayuran sangat mendukung juga air putih yang banyak.

    dari gejala yang anda tuliskan itu sepertinya maag fungsional. kira2 yang sebabkan anda sakit maag apa tuch? di ingat2.. kalau gara2 telat makan atau salah makan yang pedas, asam. itu fungsional..

    saran dari Bpk Fajar yang koment disini makan boleh dicoba , apel bagus koq… apel nya yang apel warna merah sekali ( apel washington ), itu sudah banyak yang cerita buah apel buat maag dan pencernaan sangat mujarab.

    o ya, sekarang saya juga mengkonsumsi Obat HERBAL “HOBAT” Habbatusauda yang di iklanin di TV itu… ternyata dari informasi yang saya dapatkan HOBAT itu bersifat anti bakteri virus dan menyehatkan fungsi pencernaan seperti lambung. Untuk pengobatan minum 3 X1 hari.

    sy baru konsumsi 1 minggu, manfaatny terasa mulai dari daya tahan tubuh saya, sebelumnya saya kalau ada di jalan kena angin kepala sering pusing, tapi sekarang sudah tidak lagi.

    Intinya:

    1. Jangan banyak pikiran, cemas, lupakan sakit

    2. Banyak makan buah berserat spt ; apel -pepaya

    3. Banyak minum air putih ( sedikit tapi sering )

    4. Banyak makan sayur2 an ( bayam, daun ubi )

    5. Singkong rebus juga bagus sebagai makanan
    selingan dibanding roti atau biskuit.

    6. Olah raga , pemanasan saja 10-15 menit
    ( gerak2 an leher, badan, pinggang, kaki )

    7. Latihan tarik nafas panjang ( pelan2 saja )

    kalau 7 hal itu bisa di jalankan setiap hari , pasti ada kemajuan deh. soalnya sy sekarang sudah bisa bekerja , naik motor, dan tidur malam pulas.

    Cepat sembuh ya, jangan takut pasti sembuh koq.. gak cuma anda aja yang sakit seperti itu. memang sakit maag agak lama sembuh dan merepotkan juga.. ya mau gimana lagi kan nasi sudah jadi bubur… kan sakit maag kita yang buat sendiri?? hehe.

    Salam,

    Yance

  52. Eka

    Dok saya perempuan, 18 thn..
    Belakangan ini saya sering merasa sakit/nyeri pd perut bawah sblh kiri, sakitnya terasa sampai pinggang ke blkg, kalo perutnya saya tekan kadang sakit-kadang tdk, selain itu perut sblh kiri saya dekat pinggang kalo ditekan sakit dan punggung belakang saya suka terasa pegal..
    Pernah satu kali saya terbangun dr tidur krn nyeri di perut saya itu..
    Kira-kira saya sakit apa ya dok ?
    Mohon bantuannya

  53. yance

    @eka: dari keluhannya seperti bangun malam hari karena perut sakit, itu sakit maag. Langsung ke puskesmas terdekat atau dokter umum sebelum terlambat / parah.

  54. iir

    YANCE trimakasi atas masukannya, saya mulai terkena penyakit ini pada bulan juni, waktu itu saya lagi begadang sambil ngisep rokok, tiba tiba detak jantung saya terasa kencang dan sulit bernafas (kaya mau mati), keesokan harinya saya merasakan rasa takut yg luar biasa dan ada keluar cairan asam, setelah cek kedoktr katanya aam lambung sy tinggi. stelah minum obat beberapa hari aga mendingan, trus beberapa hari kmudian saya terserang susah bernafas lagi,dan masuk UGD lagi. sampai susah berjalan. setelah beberapa bulan menjalani perawatan d rumah akhirnya gejala mulai membaik dan saya jg sudah bisa berjalan dan beraktivitas. tapi sekarang ulu hati saya masih terasa sakit dan nafas masi terasa berat.
    kalo mas yance sakit maag disebabkan oleh pa, apa dulu nyeri ulu hatinya ga ilang ilang dan berat ga nafasnya. trus apa sekarang uda sembuh. berapa bulan mas yance mengalami ini. trus PPI saya gimana dilanjutin pa di stop ya.

  55. iir

    o ya mas yance apa anda jg sering mengalami kecemasan setia hari dan ga da semangat. trus kalo posisi duduk kaya ada yang ngeganjel ga di ulu hati dan sesak.

  56. yance

    @iir: koq bisa sama bro, saya juga kena bulan juni. tepatnya tanggal 6.. ke dokter umum gak sembuh terus ke dokter penyakit dalam.. Gejala awal memang kaya orang dikejar setan, gak bisa tidur.. ulu hati rasanya senep.. mau muntah gak bisa2… deg2 an jantung…

    Sekarang kalau kumat masih suka panas ulu hati dan rasa mual juga badan gemetar dan jantung berdebar.. Kumat nya kalau pas kecapean dan telat makan dikit aja.

    Tapi kalau dijaga sich kemarin2 gak papa… cuma namanya saya sibuk jadi yah susah deh gimana gitu.. hehe.. jadi kumat2 an..

    malah sekarang saya minum sirup maag yang dari dokter dulu, sama PPI juga tiap pagi.. Mungkin saya coba 3 hari dulu , kalau udah mendingan gak usah minum obat lagi..

    Intinya: obat diminum kalau masih ada keluhan.

    sebari dibarengi dengan minum air putih yang banyak, sehingga kita mau buang air kecil terus.. nah itu asam lambungnya nanti kebawa keluar pas buang air kecil sedikit2..

    Jangan terlalu capek juga, karena kalau capek, tubuh kita terlalu pakai energi banyak.. jadi cepet laper.. bawaaannya.. nah kalau di jalan gak bawa bekal apa2.. kena deh.. perut kosong..

    btw, kamu tinggal di jakarta juga ya? UGD mah gak perlu lagi.. apalagi cek2 darah dan EKG jantung.. s

  57. iir

    bro yance apa skrang dah sembuh? w tinggal d ciputat bro, iya bro dulu smpe beberapa kali EKG dan cek darah tapi hasilnya normal.

    tapi bro ulu hati w kok sakitnya ga ilang ilang, knp ya. bro kalo boleh, di ceritakan dong gejala yg paling parah yang lu alami pas awal kena maag, apa mengalami sesak/susah nafas jg bro.

    trus bro PPI w kira2 di terusin ga ya.. w jg beli habbat yg kt bro yance itu. trus sakit ulu hatinya dah ilang bro ya..

  58. yance

    w sich belum sembuh total, lagian gak da sakit maag sembuh total bro.. kalau salah makan suka kumat. ini gw masih ada rasa asam di mulut sich.. gak tau ilangnya sampai kapan. tapi kalau sakit ulu hati gak.

    oh, paling parah ya dada keteken gitu and sesak nafas juga. seinget saya pas sesak itu ya paling lama 3 hari nafas berat. sesudah itu biasa lagi..

    wah, kalau ulu hati masih sakit.. kemungkinan coba di cek rumah sakit,, itu jangan2 ada sakit empedu kali.. jadi cairan empedunya itu terlalu asam kena ke ulu hati.. kalau di cek itu pakai USG.

    kalau sakit ulu hati terus menerus udah minum obat juga. itu mungkin ada sakit lain bro..

    PPI terusin aja, minumnya sekali 1 hari bisa bangun pagi perut kosong langsung minum.. rutin. Ada dikasih obat Inpepsa gak ( sirup ) itu buat luka lambung.

    Kalau saya obat nya dulu.. Omeprazole 1 X 1 dan

    sirup inpepsa 3 X 1.. jadi semua obat diminum setengah jam sebelum makan..

    U ke RSCM aja bro. gw dulu dapet obat dari RSCM itu.

  59. iir

    @yance: iya bro dulu dikasi inoeosa juga dan w konsumsi selama 12 minggu, tapi sekarang da ga tinggal rutin minum PPI aja.
    kt dikter w kena gerd, w sebenarnya masi bingung jenis penyakit maag w ini masuk ke gerd apa maag funsional ya..

  60. yance

    @iir: inpepsa 12 minggu belum sembuh juga ya?? gile.. gw aja cuma 10 hari gw stop gak kua t gw.. soalnya jadi susah BAB jadinya. mending kalau udah gak perih maag nya minum PPI aja…

    waktu gw ke RSCM kan gw tanya dokternya apa gw kena GERD?? katanya tidak. malah diagnosahnya DISPEPSIA.. meskipun mulut selalu asam… soalnya kalau GERD itu gejalanya susah nelan, leher sakit, batuk. kalau bro leher sakit sekali gak?? dan gak bisa nelan?

  61. iir

    @yance: leher kadang2 mang suka pegel, kalo susah nelen ga, batuk juga ga bro. yang jelas keluhan w, kalo abis makan suka terasa penuh dan susah nafas dan ulu hati sakit disertai panas.
    w juga ga pernah merasakan perih di perut bro. sekarang memang konsumsi PPI doang rutin tiap pagi.
    w si yang ga betah tu cuman kadang2 susah nafasnya itu bro.
    lo gimana bro perkembangannya. memang kalo dispepsia gejala khasnya apa ja bro.

  62. yance

    @iir: kalau gw sich bro.. sekarang rasa panas sehabis makan udah agak berkurang alias sebentar aja nanti hilang sendiri.. nah kalau pas perut udah mulai lapar mulai mau panas lagi, langsung gw isi makanan deh. PPI sich harusnya memang terus konsumsi, itu Inpepsa boleh di minum lagi bro kalau memang masih sakit ulu hati dan panas.. soalnya kalau sakit dan masih kerasa panas.. itu sariawan dilambung kita timbul lagi..

    Gini nich :

    1. pagi minum PPI 1 X

    2. 1/2 jam sebelum makan siang minum
    inpepsa 2 sendok teh dulu , usahakan dalam
    keadaan perut kosong, misalkan jam 10 pagi
    habis makan kue.. sampe jam stengah 12 jangan
    makan lagi. nah jam stengah 12 minum deh tu
    sirup inpepsa..

    3. Jam 12 tepat baru makan, makannya sedikit
    aja.. makan nasi bro… jangan makan bubur!
    nasi yang agak lembek aja tapi jangan sampe
    kayak bubur.

    4. makan pelan2 aja tapi kunyanya yang lama kira
    kira 2 menitan kunyahnya.

    5. abis makan, minum setengah gelas… jangan
    banyak2 dulu.. kira2 udah setengah jam lewat
    baru minum deh 1-2 gelas. ( 200ml – 500ml )
    Minum juga jangan langsung glek aaja.. tapi
    sedikit2 nelan nya

    kalau soal sesak nafas, kayaknya mesti olah raga
    pernapasan bro.. gw dulu juga gitu..

    Caranya duduk bersila, terus mulai ambil nafas
    sedikit panjang, lepaskan juga sedikit-dikit.
    ulangi setiap hari selama 30 menitan.

    Air putih juga sering2 minum, kalau habis bangun minum minimal 1 gelas aja.. sebetulnya yang bagus 2 gelasan. itu buat netralisir asam lambung supaya gak terlalu asam.

  63. iir

    @yance: thanks banget bro sarannya, o ya mang kalo makan banyak2 ga boleh ya, pantes ja tiap w abis makan langsung terasa penuh banget bro sampe makanan naik lagi ke atas dan susah nafas, soalnya w kalo makan banyak banget bro, semenjak w berhenti ngerokok.
    o ya bro sekarang obat yang masih lu minum pa ja.

  64. yance

    iya makannya dikit2 aja brow.. tapi sering,, misalnya habis makan setengah piring, nanti 1 1/2 jam kemudian makan lagi aja setengah piring.

    yg penting minum air juga sering2 tiap 1 jam 1 gelas aqua boleh.

    Gw konsumsi omeprazole tiap pagi,, kalau lw malam merasa gak enak perut misalnya perih atau panas.. boleh diisi makanan kecil aja misalnya biskuit.

    boleh coba minum susu kedelai, kalau misal susu biasa gak cocok, susu kedelai menurut informasi bisa mengurangi sakit maag..

  65. iir

    @yance: o ya bro, apa lu melakukan endoskopi bro. kok penyakit maag bisa lama kaya gini ya bro.
    tadinya w kira paling cuma 1 bulan gitu.
    apakah kira2 bisa sembuh ya bro

  66. yance

    endoskopi belum, soalnya gw pikir ini cuma radang / luka biasa. endoskopi tuh kalau misal gak ada perubahan terus bro.. misal sampai muntah darah, berak darah kehitaman… itu ada luka besar berarti di lambung.. itu mesti endoskopi.. kalau cuma perih panas terus hilang.. itu gak perlu sich.

    Endoskopi sich bebas aja, kalau u mau ya gpp gak da yang larang. . kalau masih penasaran. hehe

    Maag susah sich bro, kalau yang fungsional itu susah.. soalnya pola makan dan pola hidup itu mesti dijaga bgt.. makanan aja udah gak bisa makan yang enak2 deh.. hehe makan aja yang rebus2 an.. sayur, buah, yang enak kaya pizza, pecel ayam, es cream, coklat..

  67. Salam dok….

    Dok… Saya mau tanya..

    Dok…
    Saya sakit maag udah tiga bulan ini…
    Badan/kaki lemah/lemas, nafas terasa sesak.. Nafsu makan turun, mual kadang2 terasa panas di lambung.. Saya udah ke dokter&di endoskopy.. Di lambung tidak ada luka ataupun bakteri.. Dan di kasih obat selama 2 minggu..inpepsa,nexium & cisapride..
    Katanya saya reflux… Skrg obatnya sudah habis.. Tapi kaki saya masih terasa lemas,lemah, nafas masih sesak kadang spt gemetaran..berdebar dan cemas… Knp ya dok lemas saya kok lama sembuhnya? Knp bisa lemas padahal saya minum susu..
    O.iya skrg saya konsumsi omeprazole 1×1
    Mohon pencerahannya dok…
    Terimakasih..

  68. yance

    halo novil.

    wah keluhannya koq bisa sama kayak saya ya??? eh.. untung sy gak endoskopi ya… udah buang uang mahal2 ternyata emang gak ada apa2 cuma kelebihan asam lambung dan reflux yang bikin semua itu terjadi…

    Kalau lemas-lemas dan nafsu makan berkurang itu salah satu tanda ada yang tidak beres dengan usus.. bisa bikin sakit kepala , sakit pinggang, paha betis jadi lemes gak bisa jalan…

    4 hari yang lalu saya juga seperti itu…,, tapi saya kena demam tinggi dulu awalnya.

    merasa saya kena gejala tipes , langsung saya hajar pakai obat penurun panas 2 hari + antibiotik tipes yang katanya buat masalah usus.

    akhirnya setelah hari ke tiga saya sudah gak panas tinggi dan badan lemas.

    namun untuk sakit maag saya memang gak sembuh2 saya juga nggak ngerti deh kalau MAAG..

    saya juga ngalamin Reflux asam setiap makan atau minum manis2… udah 5 bulan… lambung panas kalau gak minum omeprazole 1 x 1.

    yance

  69. Sari

    Selamat sore Dok,

    Saya kena asam lambung sudah hampir 2 thn ini.
    Dulu-2 biasanya saya cuekin kalo lagi kambuh paling makan promag. Pernah suatu ketika saya seperti mau pingsan, tiba2 lemas dan langsung ke UGD dan opname, ktnya sy kena gejala typhus (padalah tidak demam). Setalah dirawat 3 hari, sy pulang tetapi perut saya masih terasa tidak enak, jantung berdebar-debar. Saya kemudian ke Internis referensi teman, dan ternyata asam lambung. Terapi OMZ 20mg 2 x 1 selama 1 minggu dan sembuh. Tetapi beberapa lama kemudian suka kambuh dan gejalanya suka seperti orang mau pingsan, lemas, sesak napas, jantung berdebar, kadang diare. Tetapi kata dokter internis asam lambung aktif dan karena saya sering mengalami ini akhirnya saya endoscopy dan hasilnya tidak ada apa2, hanya radang ringan pada lambung berwarna kemerahan.

    Kalau sedang kambuh saya balik lagi ke dokter Spd tsb dan skrg terapi lanzoprazole 30mg 2 x1.

    Kenapa ya sekarang ini saya sering sendawa terus dan buang angin, terkadang sambil bicara juga ga terasa sendawa keluar. Terkadang kalau tiba-2 lemas dan sesak saya jadi panik sekali.

    Baru-baru ini dada saya sakit sekali dan kata dokter otot2 dada saya tegang sekali dan asam lambung naik. Saya dikasih terapi Lanzoprazole 30mg dan untuk otot : purfel 10 mg, lexotan 1,5 1/2mg, ulceramin 12 mg, (obat racikan).

    Dok, mohon saran terapi apa yg harus saya jalankan agar asam lambung saya ini bisa sembuh dan juga sendawa yg berlebihan ini bisa sembuh?

    Terima kasih.
    Salam,
    Sari

  70. Jaya

    Salam hormat Prof.

    Perkenalkan Prof, saya Jaya, di Denpasar Bali, sudah 20 tahun menjadi pasien dokter lambung; Prof. Dewa Wibawa.
    Kalau sedang kambuh biasanya saya berdebar dan setelah diminumi obat lambung, kondisi membaik dan bisa beraktivitas lagi.

    Namun belakangan debarnya tidak reda walau sudah minum obat lambung, Dan belakangan debar jantung saya semakin sering terjadi dan kendati tanpa gejala kambuh penyakit lambungnya.
    Sedang punggung, tepatnya di tulang belikat sebelah kiri, sering terasa semutan.

    Untuk menegakkan diagnosa, saya juga sudah periksa jantung sampai Ecocardiology yang semua menunjukkan Jantung dalam kondisi prima.

    Mohon petunjuk dok, apakah berarti penyakit lambung saya ini dalam kategori berat, atau ada gejala lainnya dok ?
    Mohon petunjuk, apakah memang benar penyakit lambung bisa menyebabkan debar jantung yang bahkan sulit mereda walau sudah diberi obat lambung.

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas penjelasan Profesor.

  71. mLengse

    Blognya tidak diupdate lagi Prof?

  72. rizal

    saya berniat mendonorkan ginjal saya…umur 23 tahun gol darah o laki@..no tlp..081320167472.

  73. Avin pamuja

    @iir dan YANCE….kalian sama seperti aku…aku juga kena bulan juni tgl 4…rasanya kaya mau mati…saya lg begadang minum kofimix n rokok tiba2 jantung saya sprti di tusuk trus ulu hati panas lgsg saya d bawa ke UGD trus 2jam d UGD saya pulg ud sehat tp besokx kambuh lg dan ke UGD lg,,,saya kira jantung saya cek EKG tdk ad ap2…dan ud berobat kmn2….trxta k ahli dalam aq trkena gerd…dan smpe skrg blm sembuh masih sakit di ulu hati dan nafas berat…

  74. Iir dan yance hub aq ya 081233043633

  75. harry rachmat

    Yth. Prof Daldiyono,

    Saya Harry usia 36 tahun. Seminggu yll saya baru operasi gigi (impaksi). Setelah itu diberi dokter antibiotik dan anti sakit utk 5 hari. Setelah minum obat hari ke-4, saat minum kapsul antibiotik terasa seperti mengganjal di tenggorokan, kemudian saya minum dan turun tetapi kembali “nyangkut” rasanya di uluhati. Hal ini berulang setiap minum kapsul antibiotik tsb sampai dengan habis.

    Sekarang saya sdh tidak minum obat, tetapi setiap minum atau makan masih terasa seperti ada yg mengganjal setiap minuman atau makanan melewati uluhati, rasanya tdk terlalu sakit tetapi cukup mengganggu. Ini sudah berjalan kurang lebih 4 hari. Apakah ini tanda-2 iritasi lambung, atau ada penyakit yg berbahaya?

    Mohon advisenya.
    Mohon alamat email Prof Daldiyono dan apakah ada alamat praktek di daerah jakarta selatan?

    Terima kasih banyak atas perhatiannya

  76. Avin pamuja

    Salam prof…
    Saya sudah lama ini trkena gerd….tp bru 1mggu ini d ketahui ,ud lama aku menderita dgn penyakit ini…tp saya menkomsumsi lansoprazole 30mg 1×1..ada perubhan d ulu hati ud g sakit,.tp nafas berat masih aku rasakan…yg menyiksa aku adalah nafas berat ini…dan aku udah cek semuanya EKG,USG,RONTGEN,CEK DARAH LENGKAP. tp smuanya normal…hanya masalah d lambung…jujur prof dulu aku juga sering minum alkohol…
    Bgmnakah solusinya?

  77. hendra

    Saya sedang opname..sy sering asam lambung naek hingga merasa sesak dan perut agak mengerasa..walapun di cek tensi nornal tdk ada onfeksi..dan sdikit ada fungsi hati naek kata dokter…sy skrg sdng opname..karena sy sering lemas faktor dr sy orgnya ska berfikir keras dan stres..apa lagi sering phobia kalo ada perubahan pd diri sndri…seperti saat ini saya sesak nafas di ulu hati..mhn info nya di email di hen_aa121ch@yahoo.com…terimaksih atas info nya dan smga membantu sy keluar dr permasalahan ini

  78. yance

    @HENDRA: sabar dan tenang aja, sakit maag seperti itu dibilang kronis. tidak bisa sembuh total, karena penyakit lambung atau asam lambung bisa di picu dari berbagai faktor misal makan telat, streess, perasaan takut , perasaan negatif, kelelahan kerja, makan coklat, asam.

    Banyak tenangkan diri saja.. saya juga belum sembuh betul.. ya mau bagaimana lagi

  79. widya

    malam dok saya mau bertanya
    mama saya sering mengalami sakit pada perut bagian kanannya. sakitnya kadang dari ulu hati sampai ke pinggang.
    saya telah cek ke dokter dan test lab di sana di bilang kalau tidak apa-apa hanya hati nya yang bermasalah.
    awalnya dokter pernah menduga terkena hepatitisB namun hasil lab nya negatif.
    saat ini dokter menganjurkan untuk cek ke dokter spesialis hati.
    mama saya tinggal di bali.
    apakah dokter ada kenalan atau saran untuk kontrol ke dokter bagian mana?
    terima kasih dok

  80. Janto

    siang Dok,
    Saya Janto di Jakarta, saya sedang mencari dokter specialis dan rumah sakit yang menangani kasus Hepatitis, mhn info Dokter. Terimakasih.

    Salam,
    Janto

  81. Halo Prof. Daldiyono, salam kenal dari medicalera.com, media komunikasi untuk profesional kesehatan. Silahkan mampir ya prof, semoga suka :)

  82. haries

    Selamat Siang Prof,
    Salam kenal, saya haries umur 30, tensi darah saya 120/80 Denyut nadi istirahat antara 64 s/d 80/Menit. rajing olah raga jogging 15 x/d 30 mnt/setiap hari, suka konsumsi buah, sayur, kadang kadang konsumsi Oatmeal (gandum), stop rokok, Hasil Lab per 6 bulan sekali alhamdullilah bagus walaupun untuk kolesterol total dan trigl1seride 15 point diatas Normal,USG Normal, EKG setiap 4 s/d 6 bulan sekali alhamdullilah Normal. (Aktifitas sehari hari diatas kursi/Kantor). adapun saya selama ini 3 tahun belakang divonis dokter umum, penyakit dalam umum, penyakit dalam Gastohepatologi adalah GERD (Asam lambung yang tinggi) dengan cemas/Stres yang tinggi juga, dimana saya sering hampir setiap menit selalu sendawa, perut kembung, nyeri perut, kanan/kiri, nyeri dada kiri, heartburn, sesak nafas, mual. saya juga selama ini selalu tiap bulan bolak balik ke Dokter baik Dokter Umum atau penyakit dalam, dimana setiap dokter menyatakan saya sehat sehat saja hanya asam lambung yang tinggi akibat stress (memang kualitas tidur saya tidak bagus, sering terbagun malam). dan memang pola makan saya masih jelek (suka yang masam, cuka, pedas) sehingga dengan seringnya kambuh penyakit ini kualitas hidup saya tergangu Prof. Saya juga sudah sering mengkonsumsi obat obatan lambung yang selalu di resepkan obat penenang. Sempat juga kena vertigo 1 tahun yang lalu, seakan akan sakit ini berpindah pindah terus Prof.
    yang ingin saya tanyakan Prof,
    1. apakah nyeri dada dan sesak nafas yang saya rasakan saat ini dari jantung saya atau dari lambung saya (GERD), mengingat saya pernah sebelumnya saya pernah malam malam Sesak nafas kemudian EKG dan hasil EKG normal hanya dari lambung saya yang bermasalah & kemudian esoknya saya ke RS konsul ke Dokter SPJP di Kota saya, katanya Jantung saya hanya klep sedikit melengkung itupun diresepkan obat Kalxetin (Penenang dan Frisium/Clobazam (penenang), ?
    2. Apakah menurut pengalaman Prof dari cerita saya diatas, saya sakit ini karena asam lambung yang membuat saya stress atau stress yang membuat asam lambung saya tinggi, sehingga pengobatan saya selama ini saya tidak tuntas tuntas ?
    3. Apakah benar dok asam lambung hampir sama gejalanya dengan sakit jantung koroner ? mengingat 4 hari yang lalu saya ke 3 Dokter penyakit dalam umum dan 2 Dokter Penyakit dalam GastroHepatologi semua mengatakan jantung saya sehat sehat saja, adapun nyeri dada kiri dan sesak nafas yang saya rasakan itu karna asam lambung yang diperparah dengan Stres (kurang tidur)
    4. terapi apakah yang harus saya jalani Dok ?

    Demikian Prof saya sampaikan, sesudahnya saya ucapkan terima kasih sebanyak banyaknya, semoga Allah swt memberikan ramhat kepada kita semua

    Salam

    HAries

  83. REGITA

    Selamat Malam Prof. Daldiyono
    perkenalkan, nama saya regita umur saya 14 thn,
    Saya mau nanya apakah benar penderita penyakit anemia itu bila
    Jantungnya berdebar kencang dan terasa sesak orang tersebut perlu bernafas menggunakan oxygen ?

    Dan bgai mna cra.a mengatasi saat d tngh pljran tba” jntung brdebar kencancang ?

    Saya sangat berharap balasan dari dokter.

    Terima kasih dok,salam
    Regita.r
    Email; jemitria@yahoo.com
    No.hp;085736400089

  84. muhammad hidayat

    asw prof.
    Saya pria usia 35 thn, 6 bln blakangn ini merasakan kembung,pusing dan berdebar debar, sering sendawa dan saya suka cemas serasa tercekik gitu prof dan sekarang saya merasa perut sama dada saya terasa panas.. Apakah pusing kepala blkg saya ada hubungannya dg keluhan sya dok?mohon pencerahannya prof..apakah smua gjala diatas sumbernya dari lambung sya yg tidak beres prof…trm ksh aatas jwbnnya prof

  85. Ass. Prof.

    Ass Prof,

    Nama saya Suparto usia 44 tahun, beberapa bulan terakhir ini (januari- Mei 2011)saya melakukan lab. dengan hasil dalam periode tersebut SGPT saya antara 51-57, namun untuk SGOT untuk bulan mei 2011 normal.

    Kemudian sya tertarik dengan pengobata herbal yaitu dengan temulawak dengan cara direbus.

    Yang saya tanyakan,

    1. Pada saat merebus temulawak tersebut apakah boleh dicampur dengan gula jawa merah atau murni temulawak yang diparut?

    2. Aturan minum sebaiknya sehari brapa kali? apakah sesudah makan atau sebelum makan.

    3. Kebetulan Ibu saya juga terkena penyakit diabetes milletus yang sudah puluhan tahun dan setiap hari konsumsi obat bahkan sudah memakai suntik insulin.
    Yang saya tanyakan ada ga prof. obat herbal alami yang bisa menyembuhkan penyakit diabetes militus tersebut.

    Demikian pertanyaan saya, atas jawaban profesor kami ucapakan terima kasih.

    Suparto

  86. Anjar prihandono

    Ass.ww. selamat pagi pak Profesor, saya adalah pria berumur 41 th, mohon penjelasan dgn penyakit saya yang sering lemah, lemas, letih, pusing dan pegal pegal pada kedua kaki mulai dari bagian dalam paha (selangkangan) sampai ke telapaknya. saya ada riwayat sakit dispepsia/gangguan fungsi pencernaan hingga perut bagian tengah sering sakit, nyeri,panas, perih, mual, sebah,begah, sering sendawa dan buang angin/gas. tapi saya jg ada penyakit THT. telinga berdenging,hidung ada sinus, tenggorokan ada radang permanen yg tak kunjung sembuh walau telah diobati selama 9 th lebih. saya sdh beberapa kali medical cek up tapi tak ditemukan penyakit yg serius/ berbahaya. tapi saya khawatir dgn kanker lambung. apakah bila seseorang itu nafsu makan minumnya baik dan BAB nya jg bagus bisa dipastikan aman tak ada penyakit serius pada usus pencernaan..? yang saya tanyakan kenapa saya sering lemah lemas letih dan capek2 pegal linu. padahal saya tak ada melakukan aktifitas yang berat…? selanjutnya adakah cara lain untuk melihat mendeteksi bagian dalam perut selain ENdoskopy..? saya di padang sumbar, adakah dokter ahlinya..? demikian dan terimakasih

  87. sudah banyak sekali pertanyaan yang tak dijawab, kenapa..? kemana dan ada apa dengan pak profesor. Daldiyono…? kalau memang sdh tak ada pak profesornya kenapa tak ditutup aja tanya jawab ini..?!

  88. Yth mas Anjar , mohon maaf ya saya tak sempat dan tak dapat menjawab semua pertanyaan . Sebagian pertanyaan dan komentar sangat personal spesifik dng data spesifik yang tak bagus bila ditulis

  89. Jawaban untuk mas Anjar sudah saya tulis di yahoo tg 20 juni . Terima kasih atas perhatian mas Anjar

  90. asw prof.
    Saya pria usia 42 thn, 3 bln blakangn ini merasakan kembung,pusing dan berdebar debar, sering sendawa dan saya suka cemas serasa tercekik gitu prof dan sekarang saya merasa perut sama dada saya terasa panas.. Apakah pusing kepala blkg saya ada hubungannya dg keluhan sya dok?mohon pencerahannya prof..apakah smua gjala diatas sumbernya dari lambung sya yg tidak beres prof…trm ksh aatas jwbnnya prof

  91. dok saya kurniawan???umur sya 21 tahun . . .saya menderita batuk.dan kalau batuk pasti muntah . .???sampai sekarang. hingga badan kurus kering . . .??dan kalooo sore pasti panas dingin menyerang . . .tapi cuma beberapa menit. . ???sampai keluar keringat. . . tapi setelah keluar kerinagat panas dingin reda.??(tanpa obat).sampai sampai perut saya keras . . ???dan ada benjolan di dalam’y . .. .rasanya sesek di atas perut atas . . .kaya mau buang angen.??dan kalo saya muntah pada pagi hari pasti keluar’y cairan kuning kental. . .terus rasanya pait.(menurut dokter saya mesti gimana)

  92. Anak lanang, situasi spt itu tidak dapat dijawap pada face book Anda mesti konsultasi langsung ke dokter. Prof daldy

  93. Pak dokter saya ingin tanya, gejala sakit apa jika lambung dibagian kiri atau tepatnya 5 jari dibawah susu suka nyeri dan sampai menembus kebelikat kiri. Sakit ini juga kadang membuat rasa mual dan asam lambung yang berlebihan. Mohon penjelasannya

  94. Kok lama dijawab pak Prof

  95. oktavia

    Dok sudah hampir 2 minggu ini saya memiliki keluhan kembung, sering kentut,sendawa,perut rasa penuh, dan yang paling gak enak ada rasa mengganjal di ulu hati kalau dipakai membungkuk dan duduk tapi keluhan itu agak berkurang kalau saya BAB. saya sudah periksa ke dokter dan dikasih obat magard FA… tp sudah 2 minggu ini belum sembuh juga malahan sekarang leher dan bahu sebelah kiri saya rasanya nyeri kayak kejang otot….apa itu efek samping obat ya dok…obatnya akhirnya tidak saya minum,,terus yang rasa mengganjal di ulu hati itu kenapa ya dok…… terimakasih…

  96. hendra

    salam prof, sblmx mhn maaf mengganggu.
    sy pria usia 25 thn, sdh 4 thn tekanan darah sy dulux 140 tp skrg sktr 150 atau 160, kedua org tua hipertensi jg tp tdk ada keluhan, dulu sy tdk ada keluhan tp sekarang sy sering pusing, mual klu pagi,nyeri ulu hati,nyeri jantung,klu telat makan lngng timbul rasa pusing, sy sdh periksa jantung,cek darah.sgpt,sgot,LED,ureum,kreatinin smuanya normal, rasa pusing sy sdh 3 bln. klu mau di blg pusing krn hipertensi sblm tensi sy dulu tinggi tp tdk pusing, sy sdh minum amlodipine tp tdk ngaruh. justru yg sy rasakan perasaan pusing2 dan lambung yang tdk enak tp BAB ttp lancar.
    apakah sebenarnya yng saya derita?? mohon komentarnya prof…
    terima kasih…..

  97. salam pak prof….
    sy mao brtanya pak,kata dokter ahli dalam katanya saya radang usus,mual2 d ulu hati dan juga trutama d daerah pusar,BAB saya ga lancar2,makan ap yg bs mambantu dlm BAB sy prof.?

  98. Roy

    apa boleh mencegah atau mengatasi penyakit tifus dengan konsusmi yakult ?

  99. Ria

    halo prof. Saya sdah 2minggu ini nyeri perut dbwah sblah kanan,prnah periksa blang d0kter hanya infeksi saluran kencing dksh obt smbuh.
    Tapi,3hri ini nyeri ms!h ad dan kencing jga lancar.spertinya nyeri bkan krna infEksi…dan ketika saya makan pedas perut terasa sakit sekali dan kram.apkah itu usus buntu?

  100. Jerry

    halo prof.
    saya jerry, umur 21 tahun. sudah sekitar setahun ini, setiap kali memakan makanan yang pedas-pedas, keesokan harinya saya langsung mengalami diare (kotoran lembek, bukan cair) dan keadaannya makin parah, sekarang ini, setiap makan peda, ato banyak bumbunya, besok nya saya langsung mengalami diare. Kadang2 saya juga mengalami konstipasi. Setelah saya cari2 di internet, saya menduga kalau saya mengalami malabsorpsi. Biasanya setelah makan, perut saya langsung menghasilkan banyak gas, Tolong pendapat dokter dan ke dokter spesialis apakah harus saya konsultasi. Terima kasih

  101. Ima

    Salam kenal prof :)
    Saya umur 17thn, saya punya keluhan slama seminggu ni kaya masuk angin perut terasa kembung terus dan penuh angin, sering kentut, sering sendawa, apabila sendawa aroma’a slalu itu, apapun yg dimakan aroma’a ga pernah ganti, trs sering pusing,klo tdr kdg terganggu krn suka tb” sakit perut, klo berdiri lama” n’ bnyak jalan jd pusing ky masuk angin, kadang klo dah pusing jd mual, tp ga muntah, jd lemes + ga smangat ngapa”in, klo makan sering ga habis krn suka tb” mau muntah. :(
    Tp sebelum kjadian di atas, maaf sempet buang air besar bnyak n’ kental wrna’a ga coklat, tp ijo..

    *Sbelum’a sy emank pny pnykit maagh dr dlu, tp t’akhir sy sempet konsumsi sangobion saran dr mmh krn minggu lalu setiap bangun dr duduk atau tidur slalu gelap rasa’a.
    Ga tw knpa mnggu ni malah kembung, ga ilang”, udh mnum tolak angin + dikerokin sgala (krn sy pkir masuk angin), dah mnum promagh (krn sy pkir da masalah sm lambung).

    Itu knp ya prof..? Apa ada yg salah sm pencernaan sy..? Berbahaya ga y..? :'(
    Makasih prof.. :)

  102. ghz

    Assalamua’alaikum Prof

    Mohon rekomendasi untuk pancreatic cancer di RSCM?

    Teriam kasih

    Wassalamu’alaikum
    ghozan

  103. jefri

    Prof saya usia 28
    Gejala yg saya alami tiba2 terasa nafas berat setelah itu serasa takut dan jantung berdebar cepat. Dan suatu saat terasa lemas. Dan anehnya seperti masuk angin, ketika bersendawa bαяΰ terasa ringan dan sendawa tsb terjadi berulang kali.
    Menurut prof saya harus melakukan apa?
    Thanks banget prof ,saya tunggu jawabannya di email saya. Gbu

  104. icha

    malam dok, dok sdh 3 hr ini stiap mla jam 2 sys trbgun krna nyri prut sblah kiri bawah, gat skit skli dok smpe2 sy tdk bs tidur,, sthun yg lalu sy prnah kena maag smpee pnykit kuning, kr2 apa pnyebab dr nyeri perut sblah kiri sya ini dok? oya dok apa mkan kerang tidak bgus utk penderita maag? trima ksih skli utk jwban dokter

  105. ogest

    Sore Dokter..

    saya mau tanya ini dokter..
    Sudah 4 hari ini istri saya merasakan rasa sakit yang luar biasa di daerah sekitar pinggang ssebelah kiri dan sangat nyeri kalau dibawa jalan..
    kira-kira sakit apa ya dok???apa ada kemungkinan kista???

  106. Malam dok,
    Saya minta tolong referensi dokter internist yg kualified di bali..karena ibu saya didiagnosa oleh dr internist sebagai infeksi lambung,pengobatan sudah berjalan 3minggu tp blom ada tanda-tanda lebih baik kondisinya

  107. sagita

    Selamat sore pak dokter, saya mau tanya bapak praktek dimana ya? saya mau mencoba berkonsultasi dengan masalah lambung saya. Kemarin saya baru membaca artikel mengenai GERD, Genjala-gejala yang timbul seperti perut kerat, membuncit seperti orang hamil, sesak nafas/tarikan nafas pendek, tiap pagi saat setelah sikat gigi selalu muntah cairan kuning dan pahit. saya takut, panik dan bingung harus kemana berobat dan apakah biayanya untuk obat-obatan mahal dok?? terima kasih banyak dok,

  108. Selamat siang Prof,
    Istri saya sudah 2 hari ini mengalami susah buang angin dan susah sendawa setiap malamnya. Waktu pagi, siang dan sore tidak masalah terhadap kedua hal tsb. Sudah priksa dokter dan sudah pula diberi obat, Prof.
    Sebagai keterangan bahwa usus buntu istri saya sudah dioperasi lama sekali.
    Mohon advis Prof.
    Terimakasih//
    Tedjo Waskito

  109. Riyo

    Yth prof Daldiyono
    Saya 28th..saya mempunyai keluhan yaitu Air ludah saya berlebihan dan keluar hampir setiap saat, saya capek menghadapi hal ini..untuk bicara susah, padahal saya sudah kedokter penyakit dalam dan melakukan USG dan Rongthen tetapi hasilnya bagus2 aja..saya di kasi obat Librax, Ameprozole..semuanya obat utk pencernaan..Prof mohon bantuan kenapa sampai saat ini Air ludah saya masih over mohon bantuannya…
    Riyo 0817739205

  110. Adam

    Hallo Riyo, boleh tanya nga? apakah lelebihan ludah tersebut dialami pada saat tidur? sehingga harus terpaksa bangun dan membuang ludah tersebut? kalau iya, sayapun mengalaminya, saya sudah coba macam-macam cara tetapi nga sembuh2 juga, kemudian saya analisa sendiri dan sepertinya terapi ini berhasil untuk saya:
    1. Usahakan makan malam tidak lebih dari jam 7.00 malam, jikapun makan, sebaiknya makan yg sehat (tidak gorengan/pedas/minyak/dll)
    2. Pada saat menjelang tidur, saya makan Yoghurt plain, ternyata usaha ini berhasil
    Silahkan dicoba…..semoga cepat sembuh.

    Adam

  111. andriyan

    permisi dok, saya mau tanya, sudah seminggu kepala bagian belakang ( leher) terasa berat terkadang agak panas, dan asam lambung saya naik hingga kerongkongan, mual mual, perut kembung tapi perut saya tidak merasa sakit yang saya heran ko leher saya terasa berat apakah pengaruh penyakit maag saya atau kolesterol saya tinggi ya dok, sedangkan saya sudah cek darah, tensi darah saya normal. tolong jawabannya dok, terimakasih.

  112. Sally

    dok, saya merasa nafas saya terasa pendek dan susah buang air besar. Itu tanda-tanda apa ya dok, kok bisa sesak nafas?

  113. Prof,
    Sudah lebih dari 2 bulan saya minum teh daun jati cina, karena diseduh seperti teh makanya saya mau mengkonsumsinya. Tujuan utamanya adalah untuk menyusutkan perut yang buncit. Buang air besar saya normal-normal saja, Prof.
    Bagaimanakah kecanggihan dari teh daun jati cina tsb terhadap penurunan berat badan seseorang?
    Mohon advis Prof.

    Terimakasih//
    Tedjo Waskito

  114. mhia irshad

    dok, aq mo n? kondisi suami saya makin lama makin banyak muncul penyakit : sakit kepala disertai gerakan saat sakit lalu pindah kepunggung, dada gerakan kaya habis di strom. keringatan habis mandi. gemetar saat berdiri dan sekarang sudah hampir 2 bulan mencret terus klo ada makanan masuk lnsg jg keluar tolong dok… penjelasannya

  115. mhia irshad

    dok.. masih ada penyakit yg sudah lama jg diderita itu sedikit2 kencing lagi tp tidak lancar .

  116. ferdi

    @mhia : seggera bawa saja ke rumah sakit bagian klinik penyakit dalam , keluhan badan gemetar , pusing, sakit punggung belakang itu gejala sakit pencernaan , kalau kencing sedikit-sedikit itu tidak lancar kemungkinan masalah saluran prostat atau. Ada gejala diabetes.

  117. Yani Susanti

    Dok anak saya sering mengalami kembung dan sering merasa ingin buang angin tapi tidak bisa keluar, thn 2010 anak saya mengalamai nyeri hebat pada sebelah kiri bawah perut , didiagnosa bukan usus buntu, saya ingin memeriksakan kondisi perut anak saya (umur 11 thn) sebaiknya saya ke dokter apa ya Dok mohon pencerahannya , terima kasih atas jawaban Dokter

  118. popon siahaan

    slmat malam dokter saya ingin tahu .pnyakit apa yang gejalanya sesak di da2 d sertai telinga rasa nya sumbat

  119. currie

    Selamat Malam Prof, mohon bantuan diagnosanya. saya mengalami mencret dan sendawa terasa sangat asam. perut dan maag tidak terasa nyeri. sudah makan obat maag lalu diatab tapi masih belum sembuh. Mohon sarannya. Terima kasih banyak untuk bantuannya.

  120. Bunyamin

    Doc maaf saya mau tanya ? Akhir ini saya suli BAB (Tiap hari tapi Tidak Lancar), dan makan begeta herbal bisa keluar, tapi setelah itu tidak lancar lagi apakah saya kanker usus ?

  121. dian

    dok. saya sudah 8 hari ini haid tapi darah yg keluar cair. sebelumnya sy punya riwayat memorgia. hb sy sempe dibawah 4. sdh tranfusi drh. skr hb normal 13. kira2 kenapa yah dok kambuh lagi. selain itu setiap siang pandangan terasa bergoyang. tidak pusing tp mengangu skl dong. sy punya maag jg dok. mohon penjelasannya dok..

  122. dadan ramdani

    salam frof saya dadan umur 26,perut saya sudah ampir 1 tahun ini sakit kembung saya tidak sembuh sembuh,terus d iringgi jantung suka berdebar debar,klo saya melihat kesehatan saya kena gerd,terus yg parah nya dok,knpa dibawah dada bawah suka nyut-nyutan sakit,klo lg keadaaan kadet atau perasaaan tidak enak,.,.,apakah saya kena jantung atau saya kena penyakit maag

  123. MAria

    Selamat siang Prof,
    Sy wanita berumur 29thn, karyawati. Ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan, harap anda dapat membantu/memberikan nasehat.

    Setahun sekali (mgk sdh 5thn an), biasanya akhir tahun, saya pasti sakit, panas tdk turun2, tenggorokan sakit, demam, badan/tulang terasa nyeri. Untuk penyembuhan, biasanya saya ke dokter umum, dan sesudah minum obat (biasanya dikasih antibiotik, tp tdk pernah sama obatnya) pasti sembuh.
    Saya pernah cek darah, hb saya rendah 9 (dan pernah disarankan utk tes lanjutan), gula darah jg pernah dan hasilnya di bawah angka normal. Sehingga, sy minum obat suplemen kalsium dan iron folit.

    Tahun kemarin, saya sakit lagi, kali ini, krn keras kepala sy tdk ke dokter, dan hasilnya mungkin saking panasnya memunculkan benjolan di bawah rahang. Tidak besar sih, hanya sebesar bakso kecil. Sesudah 2minggu, tidak mengempis juga biarpun sy sudah ke dokter umum, sy disarankan ke RS THT. Disana sy di endoskopi, RS ini ngaco ya pdhal besar, krn Dr nya blg dia tdk tahu itu apa, dan sy disarankan tes patologi, krn dikawatirkan tumor/CA. Atas saran teman, sy kembali mencari ahli THT lain, dan di klink THT ini, Dr hanya memberi saya obat, dan hanya dlm 2/3 hari, tenggorokan sdh baik, dan benjol sdh tdk ada.

    Namun, sejak saat itu, nafsu makan sy menurun. Saya menyukai makanan pedas, dan panas, dan BAB saya tdk setiap hari, saya selalu minum air putih. Waktu makan sy tdk teratur sedari saya kecil hingga saat ini, yg pasti hanya waktu makan siang sj (krn makan di kantor).

    Dan tahun ini, sy sakit lagi, yg sama, tenggorokan sakit, dan panas tdk turun2, setelah 2 hari, sy ke Dr THT yg kmrn, dan disana diberi obat lagi utk amandel yg katanya sdh melemah, dan panadol utk menurunkan panas. Saya sembuh hanya dalam satu hari sejak sy minum obat.

    2minggu kemudian, saat ini, saya merasa ada rasa sakit yg tidak bisa dikategorikan sakit, lebih terasa seperti rasa menganjal di ulu hati, tepat ditengah2 (maaf) belahan dada ke bawah lagi, setiap saya menelan sesuatu, baik makanan ataupun minuman. Tdk bersendawa. Mual setelah selesai menyikat gigi. Saya mempunyai asma, dan sejak ada rasa menganjal yg sakit ini, saya merasa agak sesak, dan nafsu makan pun ikut menurun lg. Ah, saat ini sy sdg datang bulan.

    Apakah ini ada kaitannya dg penyakit saya yg kemarin? Atau hanya krn pola hidup makan sj ya Prof?
    Perlukah saya ke dokter? Dan kalau perlu, dokter apa ya Prof?

    Terimakasih telah membacanya. Maaf terlalu panjang, sy jg baru sadar.

    Maria

  124. MAria

    Terimakasih atas replynya. Saya menghargai.
    Saran saya: jgn menggunakan kalimat seperti itu lagi, itu hanya menambah kekawatiran saya akan hal-hal negatif yg muncul setelah sy membaca reply anda Prof.

    Terimakasih
    MAria

  125. Dedy

    Assalmmualaikum.
    Nama saya Dedy, usia 21 tahun. Sejak saya kecil, beberapa kali saya mengalami kejadian dimana ketika saya tertidur, saya merasakan air liur saya, dengan volume yg banyak, tiba-tiba ingin keluar dari mulut dan itu menyebabkan perut menjadi mual jika saya menelan air liur tersebut, sementara jika saya mengeluarkan air liur tersebut dengan cara meludahkannya secara terus menerus lama-lama juga akan mual. Sebenarnya apa penyakit saya ini dok? Bagaimana cara mengatasinya. Terimakasih atas jawabannya.

  126. Adam

    to: Dedy
    Boleh saya tanya? apakah Dedy mempunyai pola makan yang kurang sehat (makan makanan pedas, banyak karbohidrat/nasi + gorengan) atau gosok gigi dengan pasta gigi berflouride sebelum tidur? kalau iya, saya sarankan untuk merubah pola makan dengan sebisa mungkin menghindari makan makan yg berlebihan (jika perlu tidak makan), tapi mulai makan Yogurt plain, kacang-kacangan (di rebus). silahkan dicoba, good luck dan semoga cepat sembuh.

  127. yuli

    Yth. Prof daldi
    Hallo prof, salam kenal dr sy di samarinda kaltim, mw tanya sy skt dipinggang blkg sdh lama, sdh ke internist sm neuro tp sktnya blm hlg jg.
    Kaki sy kesemutan dan kebas smp paha,minum obt pereda nyeri jg udh mcm2 tp ilang bentar trus kambuh lg.
    Perut kiri skt smp pinggang blkg, klu sy elus atw tekan dikit sy sendawa terus
    mohon dibantu sy hrs gmn ya prof??
    Trims ya prof sebelumnya?

    Salam
    yuli

  128. Dedy

    To: Adam.
    Sebelumnya terimakasih atas sarannya, saya rasa pola makan saya biasa2 saja, saya memang suka makanan pedas dan gorengan tapi saya rasa saya juga tidak terlalu sering dalam mengkonsumsinya, adapun nasi merupakan makanan pokok saya, 3 kali sehari saya makan nasi, seperti orang pada umumnya. Info tambahan:
    Minimal 1 tahun sekali saya mengalami gangguan seperti yg telah saya ceritakan pada komentar sebelumnya, terkadang bisa langsung sembuh sendiri dalam 1 hari tetapi beberapa kali juga sempat diopname di RS karena muntah2 yg tidak kunjung berhenti. Dlm hal ini apa yg salah dengan lambung (atau organ lain) saya ya? Terimakasih atas jawabannya.

  129. nukse

    Dear Prof,
    Saya penderita GERD, sdh punya hasil endoscopy dari siloam, dulu dokter penyakit dalam saya memberi omeprazole ozid jujur aja gak begitu membaik masih sering sendawa pdhl kata dokter GERD saya msh gejala saja, 2 hari yg lalu saya d tangani oleh Prof Abdul Aziz Rani sudah minum obatnya namun dada kiri masih sering sakit, gmna ya prof apa saya perlu observasi jantung, atau hal ini krn GERD saja?

  130. nukse

    Dear prof & Prends,
    Alhamdulillah pagi ini ak sudah tdk merasakan sakit dada krn GERD, sudah 6 bln ak menahan sakit q, skrng ak lega, semua ini berkat obat dari Prof Abdul Aziz Rani &mengikuti saran prof daldi u/ sering menelan air liur….satu hal temans khususnya yg menderita GERD, qta harus extra sabar akan penyakit qta n menghindari makan coklat, makanan yg byk yg mengandung lemak, InsyaAllah sembuh…pagi ini pun ak tdk merasakan sakit dada, n tdk lagi sendawa..trims .prof abdul aziz rani & prof daldy semoga Allah SWT selalu menjaga kesehatan & di beri umur panjang.
    Bye..bye..GERD

  131. Adam

    To: Dedy
    Menanggapi jawaban dari Dedy, jika boleh saya menyarankan, tetap coba untuk hindari makan makanan goreng-gorengan/pedas, walaupun tidak terlalu sering, tetapi makanan itu menjadi pemicu berbagai masalah kesehatan kita (kelebihan gas pada lambung, kelebihan air liur pada saat tidur, naiknya kolesterol jahat), intinya, hindari makanan2 ‘jahat’ tsb, tidak mudah karena makanan2 jahat itu biasanya enak dilidah :) sebagai pengganti bisa mulai mengkonsumsi makanan yg di rebus (ubi/pisang/sukun/ketela), sayur2an/buah2an mentah atau direbus juga boleh (setelah dicuci dengan bersih) seperti (wortel/brokoli/kacang merah/hijau/kedelai, dll), sebagai info, saya juga punya masalah yg sama (air liur berlebihan pada waktu tidur malam hari) dengan merubah pola makan sangat membantu mengatasi masalah air liur saya.
    Mengenai pertanyaan “apakah ada yang salah dengan lambung ( atau organ lain) saya?” mohon maaf saya tidak bisa menjawabnya, secara medis bisa dilakukan Endoscopy oleh Dokter untuk mengetahui keadaan lambung kita.

    OK Dedy, sekali lagi, Semoga cepat sembuh, salam.

  132. yanti

    Yth.Prof
    ibu saya berumur 78 tahun, sebulan yg lalu setelah makan mangga langsung mencret2,mules,sakit di perut kanan,kurang nafsu makan,tidak mau makan yg kasar,maunya makanan cair dan mual kalau sedang makan,hingga akhirnya berkelanjutan sampai sekarang,perut sebelah kanan ada benjolan/bengkak,15 thn yg lalu pernah operasi usus buntu,hsl lab,lekosit 48000,sdh diopname 2 kali belum ada kemajuan,diteropong belum ada hasil,kata dokter spesialis penyakit dalam yg menangani ketika diopname ada kemungkinan kolitus uterus atau tumor di usus. Pertanyaan saya: apa yg harus dilakukan untuk selanjutnya?makanan cair apa yg bagus utk kesehatannya,karena tubuhnya lemas dan semakin kurus krn kurang asupan makanan?bolehkah beralih ke pengobatan shinse?terimakasih Prof.

  133. RUSLAN KUSNANDAR

    Dok
    Uluhati Saya panas kepala pusing banget badan lemas mata berkunang-kunang
    Sudah pernah dirawat dirumah sakit tapi gak ada perkembangan Hb saya cuma 7 penyakit apa yah saya juga sudah bingung

  134. yuli

    Yth. Prof daldi

    Sebelumnya yuli ucapkan byk terimaksh atas reply dan saranya prof, terakhir ke dr syaraf dikatakan bkn HNP tp blm MRi, di dr syaraf ditherapy dg ultrasoun dan sdh 3x berjln.,lumayan skt yg menusuk sdh agak menurun tp klu bgn tdr msh agak mengganggu, kesemutan sm baal blm hilang tp menjalar smp paha di kedua kaki. Dmk infonya prof, . .
    Apakah tindakan itu sdh tepat ato perlu tindakan lain?
    Trimakasih byk prof dan maaf sy tanya2 lg.

    Salam hormat
    yuli

  135. yuli

    Yth. Prof Daldi

    Saya ucapkan terimakasih atas saranya ya prof,

    Salam
    Yuli,

  136. floraCintaQu

    asalamualaikum doctor,Saya flora usia 38, ibu kpd 4 putri & putera yg mana kesemuanya saya lahirkan secara Caesar karna tulang punggung saya kecil & sy ada asthma. Masalahnya skrg, sy menderita sakit perih ulu hati sejak mengandung anak kedua pada tahun 1998 dan setelah melahirkan anak kedua itu sy & anak sy d sahkan anemia. Pada 15/11/2011, sy menjalani operasi buang hempedu kerna penuh dengan batu kecil sebanyak 20 biji. Tetapi mengapa sakit perih ulu hati sy masih mendatangi sya kini malah semakin sakit sampai kepunggung dan belakang badan sya seperti di cucuk cucuk, kadang2 sya mengalami sakit dada sebelah Kiri di bahagian atas dada sampai kebahu apakah penyakit jantung berlubang & kanser paru2 ayah saya akan menimpa sya juga? Dr yang periksa darah saya dapati saya ada fatty liver & alt saya 87. Tolonglah saya doc.

  137. siang dok..
    saya mau tanya bagian perut saya sakit yg disebelah kiri untuk tarik nafas,bersin,menguap saja sakit berasa senep gitu.itu kenapa yah dok.
    terimakasih

  138. Yaya jumiyati

    Salam kenal dok,saya wanita usia 34 thn.saya sering mengalami sakit perut dibwh pusat (kram) bila duduk lama atau terlalu capek.perut sperti mengeras dan serasa sperti ada batu,tapi stlh berbaring & kentut beberapa kali,berangsur2 sakit menghilang.gejala sakit apa ya dok?tks

  139. Kenenkay

    Saya punya masalah bau mulut,sdh sktr 10 thn an lbh.sdh periksa ke dentist & gigi sy baik2 aja,tenggorokan sy sring trasa tdk enak,sperti ada lendir yg nyangkut.pernh periksa ke THT dan dikatakan klo tenggorokan sy tidak rata,ibarat jln yg berlubang dan ada gelembung2 kcl,sdh dipecahkan sm dokterx tp kmudian muncul lagi,kata dokterx tdk bs diobati.apa yg harus sy lakukan?apa sy memang hrs menerima vonis dokter tsb?

  140. Annisa M

    Malem dokter, saya Annisa umur 16 tahun.
    Annisa mau nanya..Beberapa tahun yang lalu, wakt msh kcil annisa pernah pingsan di upacara, pingsan krn tiba2 bdan annisa keluar keringet dingin, kpala jd berat, dada jd sakit ,susah napas, sakit di dada itu kayak di remes remes gt.Gejala kyak gni udah di alamin dri kelas 1 SD. Tp skrg udah jarang kjadian di upacara malah skrg gejalanya muncul kalo lg olahraga kyak bsket,lari,lncat,naik tangga. Skrg gejalanya lbh ke kepala trasa berat dan pusing, kaki dua duanya jd dingin, sulit napas tp sakit di kpala itu susah bgt ilangnya walaupun udah di tempat tdur.
    Ini knapa ya dok?
    Di tunggu infonya :)

  141. harry

    dok,saya mau nanya,nama saya harry usia saya 25 thn,,,saya selalu mengalami lemas di dada kiri,tidak nyaman,trus tangan kiri ama pundak kg suka kaya kenceng gtu ototnya,??kenapa ya?saya udah rontgen thorax hasilny normal,) EKG jg hasilnya normal,tensi darah normal,GDS(gula darah sewaktu),normal,USG abdomen hasilny normal,tidak ada kelainan di organ hati,empedu,pangkreas,ginjal..kata dokter saya menderita GERD?? Tapi apa gerd bisa bikin orang kya lemah jantung atw jantung koroner?

  142. doddy

    selamat malam prof yang baik,

    Saya pria 40thn, mohon pencerahan. Setiap kali mau buang air besar BAB sy selalu merasakan pusing atau perasaan tdk nyaman di kepala. tetapi setelah BAB selesai rasa pusing dan tidak nyaman langsung hilang.

    Jadwal bab sehari dua kali, pagi setelah bangun tidur (biasanya ini tidak pusing).. tapi setelah sarapan biasaya ada bab susulan sedikit. Setelah sarapan biasanya sy minum vitamin beon3.

    Bab yg kedua, 1jam atau 30 menit setelah makan malam, sy teratur makan malam jam 6.30. nah biasanya disini suka ada masalah dg gangguan kepala..

    Sy tdk ada masalah dg makanan, selalu berselera. dan selalu berupaya makan sayur dan buah, plus suplemen minyak ikan dan susu kolostrum.

    Terahir sy diditeksi melalui refleksi kaki, katanya hal ini disebabkan karena ada polip di usus…

    yang ingin sy tanyakan,
    1. bagaimana untuk mengobati keluhan sy dalam menjelang BAB, jrn kadang berat dan kadang juga ringan pusingnya.

    2. Apakah itu karena adanya polip di usus..? (walaupun deteksinya baru secara refleksi)

    3. Apakah polip di usus menimbulkan gejala yg khas atau berbahaya…?

    4. sy di kota bandung, barangkali seandainya diperlukan diperiksa oleh dokter, bisa minta referensi dokter yg ahli ?

    terima kasih banyak atas jawaban yg sangat sy nantikan..

    salam
    Doddy

  143. rika.rahmawati60@yahoo.co.id ( DOK…SAYA RIKA UMUR 25 TAHUN SAYA SERING MENGALAMI SERING SUSAH BUANG AIR BESAR TRS PADA SAAT SAYA BAB YG KERAS SAYA MENEKANNYA KUAT2 SAMPAI ADA KELUAR SEDIKIT DAGING TUMBUH DI SEKITAR LUAR LUBANG PANTAT SAYA,,,SMPAI SEKRANG TIDAK BISA HILANG DAN SAYA TIDAK MERASA KESAKITAN,,,SMPAI PADA AKHIRNYA SAYA SERING SUSAH BAB KARNA SAYA SERING MEMAKSA AKHIRNYA PERT SAYA SEBELAH KIRI TERASA ADA YG MENGGANJAL,,YG SAYA TANYAKN DOKTER,,APAKAH DI PERUT SAYA BAGIAN SEBELH KIRI YG TERASA MENGGANJAL ITU AKIBAT DARI SAYA SUSH BAB ATAU ADA SISA KOTORAN YG MASIH MELEKT DIUSUS BAGIAN PENCERAAN SAYA? DAN BAGAIMANA CARA MENYEMBUHKAN SEPERTI DAGING YG TUMBUG DI SEKITAR AREA LUBANG PANTAT SAYA BAGIAL LUAR..APAKAH ADA CARA LAIN SELAIN DIPOERASI.SAYA MOHON JAWABN ANDA DOKTER SOALNYA SAYA SDH BEROBT KMNA MANA TTP SAJA SAYA SUSH BAB

  144. yuyung

    Dok, saya punya keluhan perut terasa penuh dan sesak napas akhir2 ini dada kiri sering berat, awalnya rasa berat ini muncul dari perut bawah sebelah kiri trs naik keatas (sekitar dada dblh kiri), uluhati juga sering perih dan rasanya menekan, mohon jawabannya

  145. Aisy NC

    Prof yang terhormat, mohon bantuannya atas keluhan yang saya alami. saya ibu Aisy berusia 36 th. sudah beberapa minggu ini sering merasa tidk nyaman di bagian perut. perut terasa kembung terus sampai merasa terhambat kalau menarik nafas, sering sekali menguap dan berdahag tapi tdk maksimal dan membuat kesal.nafsu makan tdk bermasalah, BAB lancar. saya juga jarang sekali berkeringat tidak pusing tetapi sesekali merasa ngilu dan cekot cekot di bagian punggung, mohon dijelaskan frof atas apa yang sdng sy keluhkan saat ini. terima kasih.

  146. Eko R

    Dear Prof. Daldyono,
    Saya Eko 26thn, sudi kiranya prof menjawab pertanyaan saya ini.
    saya sudah 2 thn mengalami kembung, sesak nafas ( nafas tidak bisa dalam / begah ), berat badan turun 6 kg, dan kl BAB ada wasir yang keluar , tetapi jarang berdarah.

    saya sudah bolak balik ke dokter penyakit dalam tetapi tidak ada hasil, saya gastroscopy 6 bln lalu, hasilnya saya Gastritis kronis, tetapi hanya diberi obat dan tidak pernah ada perubahan. lalu saya konsultasi ke ahli pencernaan , dan diberikan obat yang membuat sesak saya berkurang, tetapi ketika tidak mengkonsumsi obat kambuh kembali.

    apakah ada kemungkinan ini bukan masalah dilambung prof?
    apakah ada kemungkinan masalahnya di usus besar ?
    saya takut ada kanker usus besar , karena yang saya baca tentang kanker usus besar gejalanya hampir sama dengan yang saya alami.

    Terimakasih atas kebaikan anda.

  147. begini dok,saya mau nanya
    2bulan terakhir ini saya sering mual setiap makan ,bahkan terkadang sampai muntah.. dokternya coba memberikan obat2 maag, tetapi setelah saya minum ternyata tidak ada perubahan
    kepala saya juga sering pusing dok, pernah juga nyeri dada bagian kiri dan pinggang belakang sebelah kiri
    apakah ad penyakit yang membahayakan dok?
    pemeriksaan ap yg seharusnya saya lakukan dok?
    thanx

  148. drio bramantyo

    slamat malam prof.
    Saya pria umur 30thn pekj. karyawan 2thn yg lalu saya tiba2 merasa lemas serasa hampir pingsan, jantung terasa berdebar2 dan paranoid, saya pikir sakit jantung ttp kmd diperiksa ternyata saya mengidap GERD, dlm 2 thn ini saya kambuh krg lebih 4x dan berat badan turun hampir 9kg. Keadaan saya saat ini sudah membaik berat badan sudah kembali naik cuman akhir2 ini kok badanya saya klo habis makan terasa lemas dan rasanya seperti mengambang ya prof, apakah ini disebabkan olah raga yg berat krn saya rutin futsal 1 x seminggu dan joging

  149. setiaji

    siang prof sy setiaji usia 31th di didiagnosa dokter sakit GERD keluhan sy sering sendawa ,perut kadang tidak enak seperti kembung,ulu hati kadang2 sakit,dan dada kadang panas, saya pernak ECG hasil normal,medical Cek Up komplit dr perusahaan jg normal dengan kesimpulan Fit Bekerja,cuma sendawa dll sy nga ilang2 sdh hampir 1th ,
    1. pertanyaan saya pakah GERD Itu bisa sembuh Total
    2.rekomendasi berobat dimana Dok
    3.seberapa bahaya GERD itu??
    karna klo sya brosing di sebut penyakit ringan tp ada jg 1org sampai meninggal

  150. KESEHATAN ITU PENTING

    Selamat Pagi, Siang, Sore/Malam :
    kepada Rekan2x
    Setia Blog Prof.Daldiyono
    Sebelumnya saya mohon maaf kepada Prof.Daldiyono karena saya ingin sekali berbagi pengalaman saya kepada rekan2x sesama penyakit GERD atau bisa dikatakan penyakit asam lambung, kalau saya baca di blog ini hampir semuanya pertanyaan mengarah ke penyakit asam lambung, memang kalau penyakit yang 1 ini benar-benar sulit di hilangkan kalau kita tidak bisa menjaga pola makan dan hidup yang sehat, untuk itu saya ingin sekali berbagi pengalaman saya.
    dalam isitilah ke dokteran GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) adalah sebuah penyakit saluran cerna bagian atas (sekitar kerongkongan) yang bila tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan ternyadinya peradangan hingga kanker kerongkongan. Mungkin penyakit ini merupakan istilah baru di masyarakat saat ini. Penyakit yang berhubungan dengan asam lambung selalu dikonotasikan dengan penyakit maag. Padahal ada satu jenis penyakit kronik lain yang juga disebabkan oleh peningkatan asam lambung, yaitu GERD. GERD merupakan gangguan saluran cerna bagian atas yang terjadi karena adanya aliran balik secara spontan dari isi lambung ke kerongkongan. Untuk GERD Gejala penyakit ini ialah nyeri ulu hati dan dada, sulit menelan, sering sendawa, batuk kronis terutama di malam hari dan radang tenggorokan. Namun gejala yg paling khas adalah rasa (sensasi) seperti terbakar dibagian belakang tulang dada dan naiknya aliran rasa asam kerongga mulut hingga lidah terasa pahit dan asam (regurgitasi). Gejala itu mirip maag, sehingga banyak orang terkecoh seolah penyakit maag. Memang sama-sama akibat peningkatan asam lambung, tetapi lokasinya berbeda. Kalau maag gangguannya dilambung, sedangkan GERD di kerongkongan (diatas lambung).

    Penyakit ini tergolong sindrom dispepsia, yang menggambarkan adanya kumpulan atau gejala yang terdiri dari mual, muntah, nyeri atau rasa tidak nyaman di ulu hati. Untuk itu kepada Rekan2x yang mengalami penyakit ini saya sarankan untuk merubah pola hidup kita dan pola makan kita penyakit ini dapat meyerang siapa saja tidak pandang usianya dan 1 lagi yang harus di ingat jangan lupa sama yang di atas TUHAN sang pencipta Manusia. Sekali lagi saya mohon maaf kepada Prof.Daldiyono karena terus terang saya bukan dokter tetapi saya ingin sekali berbagi pengalaman saya sesama penyakit asam lambung, dan saya berterima kasih kepada Prof.Daldiyono yang telah membuat blog ini supaya kita harus menjaga KESEHATAN karena SEHAT ITU SANGAT MAHAL HARGANYA……SEHAT ITU BAHAGIA. cukup sekian dan terima kasih.
    from, salam SEHAT Selalu

  151. prof, saya vita, saya mau tanya..saya sering sakit kepala pusing nyut2an tapi hanya sebentar hilang dan balik lagi..sakitnya dimana aja dok..tapi lebih sering di bagian kiri…kuping saya agak sakit juga itu juga kadang2..bagian dada saya sakit kaya ditusuk itu juga sebentar dan kadang kumat ga begitu parah paling cuma 2 detik tapi itu sangat sakit…dan lambung saya juga sedikit mual..kenapa ya dok? saya ga mau ke dokter takut ini hanya penyakit biasa….terimakasi dok mohon dijawab :)

  152. ratna

    selamat malam dokter,2 hari yang lalu perut kiri bawah saya terasa kaku dan nyeri.sakitnya sampai ke pangkal paha.saya juga sudah periksa ke seorang dokter.kemarin saya sering buang air kecil.trus sekarang ini yg nyeri di perut kiri agak berkurang tetapi perut bagian atas terasa panas.kenapa ya dok?

  153. sant

    Saya Pria 31th, sehat jasmani & rohani, Tb 170/67, Gol darah O.
    Saya ingin sekali menyumbangkan sebagian organ saya bagi siapa saja yg membutuhkan, dan ini NON KOMERSIL.
    Kunjungi saya di FB ayo donor atau call saya di 082135333456

  154. ike

    hallo dok. saya ike mau bertanya sudah beberapa hari ini saya suka sakit di bagian perut gejalanya mual2 juga suka sakit kepala tiba2..
    saya memang punya penyakit maag dok tapi saya tidak tau sakit saya ini apa di karenakan penyakit maag saya atau penyakit lain.
    sebelum sakit di bagian perut saya juga mengalami sakit saat B.A.B dan mengeluarkan darah dan setelah itu saya sakit demam tinggi sampai menggigil.
    itu yang membuat saya bingung dok saya ini sebenarnya sakit apa,
    karena sakit perut,mual dan pusing nafsu makan saya hilang tetapi kalau sedang tidak kambuh sakitnya saya makan seperti biasa.
    terima kasih dok mohon jawabannya segera..
    .

  155. selamat sore dok….
    Jika saya melakukan aktifitas dengan berjongkok terlalu lam..
    Sering saya merasakan nyeri di punggung…
    Baru-baru ini juga sesak nafas sering saya rasakan tapi sekitar 5 menit hilang dok dan juga ada nyeri di dada dok..
    Kira-kira gejala penyakit apha itu dok

  156. sore dok….
    Umur saya 16 tahun…
    Sering merasakan nyeri di punggung, baru-baru ini sesak napas dan nyeri di dada kira-kira gejala apa itu dok..???

  157. tati karyati

    Selamat malam,Prof daldiyono
    Perkenalkan nama saya tati dari bandung

    Saya ingin sekali punya keturunan,trus sy datang ke alternatif di bei obat herbal dan kimia soiasic,soldextam,calcimega karena terapis bisa mendeteksi penyakit yg lain,setelah makan obatnya ulu hati terasa penuh trus sesak,detak jantung berdetak keras,tp sdh di EKG normal iramanya.
    Skr peses sy berwarna hitam,sebelumnya susah BAB tp skr sdh tidak sulit,hanya pesesnya masih warna hitam,mohon solusinya,terimakasih

  158. jenab

    Selamat siang , Prof Daldiyono,
    Salam kenal,
    saya Jenab, perempuan usia 21 tahun.
    Belakangan ini saya sering merasa lemas tiba-tiba, hingga tidak bisa bangun dan bergerak. Kemudian sakit pada bagian pinggang, sangat sakit pak. Saya mengira ini effect dari datang bulan. Tapi sampai seminggu ini tidak reda sakitnya.

    Mohon advisenya pak.
    Terima kasih.

  159. Pagi prof, apa kabar? Saya ingin bertanya ttg bagaimana meningkatkan kualitas hidup pasien CAPD.
    Adik saya 4 tahun terakhir ini menggunakan CAPD, usianya saat ini 30 tahun. Saya amati semakin ke sini kondisi kesehatannya semakin turun ditandai sering pusing, demam, kondisi tubuh drop, dst. sementara CAPD nya sejauh ini tidak bermasalah. Fyi, adik saya terkena gagal ginjal diawali dgn gejala darah tinggi.
    1. Apakah dgn seiring berjalannya waktu pasien CAPD kesehatannya akan semakin buruk?
    2. Untuk meningkatkan kualitas hidup pasien CAPD apa yg sebaiknya dilakukan? Adakah pola makan dan olahraga tertentu yg dianjurkan untuk pasien CAPD?
    3. Dari pengalaman medis, apakah ada pasien CAPD yg ginjalnya bisa sembuh kembali?
    Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

  160. fifi yuhanita

    selamat malam dokter,.

    dokter, saya mau bertanya
    bagaimana cara mengeluarkan stapler yang sudah tertelan?
    terima kasih

  161. Andre

    selamat siang dokter ,

    Berikut adalah gejala yang saya alami
    1.Badan saya kadang meriang
    2.Badan pegal2 semua terutama didaerah belakang
    3.perut mual2
    4. Berat badan menurun
    5.Kondisi fisik sering lemah

    Bagaimana cara mengatasinya dokter ?
    saya juga mempunyai penyakit maag,

  162. Reinhard

    Salam Prof,saya menderita GERD,dan sudah di endoskopi.Keluhannya mulai berkurang,cuman saya punya keluhan lain sebelumnya juga pernah muncul yaitu telinga berdenging terus,setahun yang lalu sudah MRI brain dan leher,hasil normal,apakah ada hubungannya denga GERD?Terimakasih..

  163. Pengen sekali membaca buku tersebut

  164. vitri zada

    Ass. Wr. Wb. Yth. Prof Daldiyono,
    saya vitri usia 27th sudah memiliki anak, melahirkan dengan proses operasi caesar. saya mempunyai 2 masalah diseputar perut:
    1. saya sering mengalami nyeri perut di bagian sebelah kiri dan (maaf) mengalami kesulitan untuk buang gas dan BAB. saya pernah diet berlebihan bbrp tahun yang lalu setelah melahirkan dan sampai sekarang ketergantungan dengan obat pencahar ataupun minuman herbal yang bisa merangsang utk BAB.
    jika saya tidak mengkonsumsi obat tersebut/ramuan herbal saya tidak dapat BAB selama berhari-hari dan perut saya terasa penuh, sesak dan mual. kadang-kadang apabila sakit diperut disebelah kiri kambuh saya sampai meringkuk karena rasanya yang luar biasa melilitnya. saya sempat browsing apakah sakit yang saya alami ini karena perlengketan usus, tetapi dari ciri-ciri yang dijabarkan dari penyakit tersebut adalah nyeri atau sakit yang luar biasa pada perut kanan bawah. sedangkan sakit saya ini terletak di bagian kiri.
    2. nyeri pada bagian bawah perut mengarah ke saluran urin apabila saya sdh terlalu lelah atau selepas bekerja berlebihan dan selepas megangkat beban yang berat. kadang-kadang ketika saya berhubungan dengan suami pun perut bawah saya (mengarah cenderung ke sebelah kiri) terasa ngilu atau nyeri yang luar biasa. kadang-kadang terjadi pembengkakan atau pengerasan dibagian bawah perut. apakah saya mengalami penurunan rahim atau perlengketan rahim?
    saya harap dokter bisa menjawab pertanyaan saya karena saya saat ini sedang merencanakan kehamilan lagi, apakah penyakit yang saya sebutkan diatas mempengaruhi kesuburan maupun proses kehamilan?
    atas perhatian Profesor saya ucapkan terima kasih
    wassalam.

  165. Hendry

    Pagi dok,saya ada keluhan , kalo saya mau duduk atau berdiri terasa sakit dibagian pusar sebelah kiri,trus kalo saya tekan Perut sebelah kiri terasa sakit dan sakit kadang bs kontraksi ke tengah perut ,kira2 kena penyakit apa ya dok? Sekian dan terima kasih

  166. musrifah

    dok saya mau tanya saya menderita batu kantung empedu 2 bh ukuran 12 mm dan 16 mm yang mengakibatkan perut jd penuh dan sering sendawa dan kadang kadang nyeri perut kanan atas sekarang saya lagi terapi urdahek apakah ada cara untuk menyembuhkan penyakit saya tanpa harus operasi

  167. apakah perut kembung,sendawa,kentut pertanda hmil,,?

  168. saya yesi aprilia, usia saya 19 tahun, golongan darah saya AB,, saya mau tanya dok,, saya kalau capek, punggung saya panas, kemudian kalo udara dingin atau perubahan cuaca tiba-tiba,, dada saya sakit rasa ditusuk-tusuk,,, kadang-kadang suka pusing dan mual,,,
    apa ya dok, penyakit yang saya derita,,,
    saat kecil, saya pernah sakit paru-paru basah,,, apakah penyakit itu bisa kembali?

  169. maiwar liningsih

    Assalammualaikum wr.wb
    Sore doct..nama sy maiwar sy dr cikarang doct usia sy 32th.keluhan sy adalah fatty liver(plemakan hati) sy sdh usg Scgt sy cukup tinggi 220,2 hari lalu penyalkit saya ini kambuh sempet drawat tp selang 2 minggu sy drawat lagi karna waktu itu saya minum obat cairan propolis seling 5 minit sy meriang dah sakit perut hingga perut sy mbesar spt ibu hamil 7 bulan dan keras sekali doct hingga sulit bnafas dan mbutuhkan oksigent. Doct dsini mnganjurkan sy ct scan dan doct bil lever sy mbesar,lalu hasil ct tsebut dkirim kpd ahli radiologi.sampe skr sy blm terima hasilnya,tp doct dalam bilang khawatir dtemukan tumor. Sy mohon bantuan doct untuk menginfokan tentang masalah sy ini.atas penjelasan nya terima kasih.

    Wassalammualaikum wr.wb
    Maiwar liningsih

  170. profdaldiyono.wordpress.com

    selamat sore Prof.sebelumnya sy perkenalkan diri:
    nama : Andreas Agus
    Golongan: O
    Almt : KLATEN JAWATENGAH
    HP :085729342211
    Disini saya berniat untuk menjual ginjal sy kepada orang yg membutuhkan donor ginjal.alasan kenapa sy menjual ginjal….?sy hrs menyelamatkan hidup keluarga sy dr belitan hutang.dan kebetulan usaha saya lagi mengalami situasi yg sulit.
    tlgn prof sekiranya bisa bantu sy untuk menjual salah satu ginjal sy,maka prof adalah salah satu orang yg peduli dng keluarga kita.
    akhir kata sebelum dan sesudahnya kami sekeluarga ucapkan banyak terimakasih.

  171. 27061983

    Selamat Sore Dok…. Begini saya mau curhat sedikit nih… masalah penyakit istri saya…. Kemarin Istri saya melakukan Operasi Cecar, tetapi setelah selesai operasi cecar istri saya sering buang air ludah karena tenggorokan nya seperti ada mengganjal gitu…. dan sampai hari ini belum berubah. kemarin saya tanyakan kepada dokter di Rumah Sakit itu… jawabannya itu biasa setelah operasi katanya. tapi sampai sekarang belum berubah sama sekali. tolong dibantu yah… dok.

    thank’s

  172. pras

    selamat malam dok
    saya remaja usia 16 tahun. akhir akhir ini saya mengalami nyeri di dada. tetapi setelah ditekan di bagian tertentu, nyeri dada menghilang. dan juga, biasanya nyeri dada itu kambuh ketika saya sedang stress, atau ketika tidur menghadap ke kiri. kira-kira gejala apa itu dok?
    terima kasih atas jawabannya

  173. lisa utari

    Selamat pagi prof, saya seorang ibu usia 50 tahun sdh 1 minggu ini sesak nafas/nafas beras, sdh diperiksa internist kondisi jantung baik, tapi bagian lambung kalau ditekan sakit sdh diberi obat Inpepsa sucralfate,pantozol dan motilium sekarang sudah hari ke 5 saya minum, tapi sesak/nafas berat masih terasa, saya harus berobat keahli apa prof? terima kasih atas penjelasannya.

  174. Erawan Aidid

    Prof, Yth. saya udah agak lama menderita penyakit, yakni mulut selalu penuh dengan air liur, sehingga akibatnya setiap saya mau bicara, air liur seakan-akan mau keluar (muncrat). Efeknya, saya sering takut bila mau berbicara dengan orang lain, takut kena muncratnya.
    Apa penyebab dari kelebihan air liur tsb. dan apa obat/herbal yang cocok untuk menyembuhkan penyakit tersebut? Mohon Penjelasan>

  175. risna

    Siang Dok,

    Mau tanya nih,, udah 2 minggu ke belakang saya sakit dada sebelah kiri,, kalo bahu ditarik kebelakang rasanya sakit, tapi di periksa jantung, EKG, cek darah, smuanya normal,
    trus di kerongkongan saya merasa ada yang mengganjal,
    kepala dan leher merasa tegang…

    terima kasih Dok,

  176. firli

    Sore dook …
    Saya mau tanya . Saya kena gastritis , sama radang . Tapi gejala2 yg saya rasa kok jantung berdebaar kencang . Kadang sesak napas . Tangan pegel . Kadang pusing , kadang mual , dan lemes yaah ? Tapi udah lamaaa berobat . D kasi omeprazole masih aja gitu . Detak jntung satu menit kdg bisa 120 x . Ùϑªª d bawa meditasi tetep gitu . Panik jd nya dok . Sebaik nya apa yg harus di konsumsi yaah ? Makasih
    Salam
    Firli

  177. Ricky

    Dok,

    Mau nanya Dok

    Sy pria usia 35. Selalu jalan (lumayan cepat) setelah makan malam jam 17.30 sejauh 6.5km. Tujuannya kurangi berat tubuh. Tp tdk lari. Tinggi 180cm, berat 93kg. Hipertensi dan konsumsi Micardis 40gr slm 2 thn. Ada batu empedu.

    Sy sering kembung sehabis makan. Jd terpaksa gerak tubuh setelah makan kl tdk serasa sesak tdk bs sendawa. Kl sdh bergerak lama (sejam) br bs lega.

    Pertanyaannya
    1. Apk boleh jln cepat hbs makan? Resiko usis buntu?
    2. Apk normal setelah makan hrs beraktifitas dan tidak boleh duduk?
    3. Sy jg melakukan angkat beban (tidak dipaksa), apk boleh utk sy yg ada sdkt hipertensi?

    Makasih dok

  178. Budijanto

    Salam hormat, prof
    Istri saya berumur 35 tahun. 3 hari lalu istri saya merasa badan meriang apalagi ketika terkena angin atau ac. tadinya saya curiga dia terkena tipes namun hasil lab menunjukkan dia negatif terhadap tipes. Kondisi darah juga baik. Namun samapi sekarang dia selalu merasa begitu dari pagi sampai sore sebeblum jam 6 sore. Dia merasa enakan di atas jam 6 sore. Perutnya selalu kembung, namun dia tidak ada riwayat penyakit maag walaupun kadang produksi asam lambungnya agak tinggi. Kami sempat ke dokter umum karena tindakan darurat akibat dia merasa pusing. Dokter hanya memberi obat penghilang kembung, obat yg berisi lactobacillus (bukan cair). Namun sampai hari ini masih tetap berlanjut. Jika dia merasa tidak enak badan, sementara saya membri dia vermint.

    Terima kasih, prof

  179. selamat siang dokter
    istri saya umur 29 tahun, sudah lama sakit di punggung bagian atas terus menjalar ke ulu hati bagian kanan, jika sakit,menimbulkan muntah2. sakitnya tidak terus menerus,kadang 1 bulan/2 bulan timbul rasa sakit tersebut. sudah ke rumah sakit,diagnosa sakit maag,tapi masih terasa sakit. pernah cek darah, indikasi empedu,tapi waktu di usg, normal semua.
    sakit bisa sampai seminggu. kemarin kambuh lagi,dari bulan november 2011, baru kambuh lagi 10 maret2012, sebaiknya bagaimana ya dokter.indikasi sakitnya apa ya.

    terimakasih sebesar besarnya

  180. handre

    Dok saya ingin bertanya mengenai penyakit yang saya ini,keluhannya kepala saya sering pusing/kliyengan dan padangan mata suka goyang seperti orang ingin pingsan,badan suka lemas,sendawa,perut suka kembung dan buang gas saya sudah berobat kebeberapa dokter termasuk ahli pencernaan saya dinyatakan gerd /asam lambung sampai sekarang keluhan ini masih saya rasakan,apa yang membedakan maag dan asam lambung dan apa yg harus saya lakukan agar saya bisa sembuh.terima kasih dok

  181. alyssa nabilla s.r

    saya remaja berusia 17 tahun dok, saya memang penderita maag tetapi jarang untuk kambuh. namun akhir2 ini saya mengalami sakit perut,mual,perut kembung,sering bersendawan,buang angin,serta pada ulu hati apabila ditekan akan terasa sakit. saya sudah berobat ke dokter, setelah diberi obat dari dokter saya sering buang air kecil. apa yang harus saya lakukan ? terima kasih dok :)

  182. yesi.m

    Saya ♍ǻΰ tanya pak saya ∂ȉ cek dirumah sakit katanya gula darah saya 2 jam setelah makan 106 lalu saya asam urat dan asam lambung.umur saya 30 tahun.setelah pulang dari rumah sakit.saya sempat ∂ȉ opname selama seminggu setelah dirawat perut saya mulai enakan.tp seminggu terakhir ini punggung saya terasa nyeri dan perut sebelah kiri sering nyeri juga janjung rasanya berdetak kencang kenapa saya kira-kira ya pak?kaki sering rasanya digin yang ujung kaki.

  183. Rizaldy_81

    Selamat malam Prof. Daldiyono
    saya laki2 dengan usia 31 thn saya pernah mengidap penyakit TBC dan hemaptoe saya sudah menjalani pengobatan dgn baik selama 1 tahun ini dan baru 1 bulan lalu dokter menginstruksikan saya utk menghentikan minum obat TB di karenakan kondisi saya yg smakin membaik namun sudah 3 hari ini saya mengalami batuk-batuk, tenggorokan saya terasa gatal sekali, saya juga terkadang terasa sedikit mual dan sering bersendawa. Menurut Prof. Daldi gejala utk jenis penyakit apa yg saya rasakan ini ya ? Dan apakah ada kaitan dari penyakit yg pernah saya derita ? Mohon petunjuk dan pengarahannya dok… Terima Kasih

  184. Pangeran

    Met siang dok. Aku mau nanya dok. Aku akhir2 ini, tiap 4 jam, aku lapar dan harus segera makan. Jika tidak, aku akan lemas dan rasanya hendak pingsan. Aku sudah periksa, tidak ada dijumpai maag. Apa yg terjadi sebenarnya dok. Thanks atas bantuannya.

  185. Pangeran

    Met siang dok. Aku mau nanya dok. Aku akhir2 ini, tiap 4 jam, aku lapar dan harus segera makan. Jika tidak, aku akan lemas dan rasanya hendak pingsan. Aku sudah periksa, tidak ada dijumpai maag. Tp stahun lalu, ada polip di usus. Apa yg terjadi sebenarnya dok. Thanks atas bantuannya.

  186. anang

    Met sore dok,
    saya anang dr sidoarjo,mau tanya seputar GERD.saya udah periksa ke dokter internist dan memang kena GERD yang ingin saya tanyakan.kadang2 kepala bagian belakang terasa pusing/berat terlebih jika dalam beberapa jam saya tidak ngemil atau makan.apakah ini memang efek dari sakit GERD??
    Terima kasih

  187. fitria

    Sore prof…sya wanita usia 28th 1bulan lgi sya mau menikah.dan sya mengurusi smw hal sndri tnpa bantuan org lain..sampai kadang sya lpa makan.nah sdah 1bln ini sya tdk nafsu makan tapi perut lapaaar sangat.gelisah seperti mau mati ato spt akan terjdi sesuatu hal buruk yg menimpa sya.klo cemas mendera kadang nafas agak sesak jantung berdebar.dokter mganjurkan sy periksa hormon..tpi t3,t4,tshs normal..sya knpa ya prof pdhl biasanya sya tdk prnh jdi pendiam dan mengurung diri dkmr.gelisah ini yg menyiksa sya prof.tks sblmnya

  188. gerren gilbert

    dok sya prmpuan berumur 23th…
    kalau saya berbaring sya sring mrasakan ada benjolan dlm perut yg berdetak,tpi sring berpindah”,,kadang di sbelah kiri,kadang di sebalh kanan dan di atas….klo di tekan akan terasa sakit….tp klo tdk di tekan tdk kan trsa apa”…
    Dok,,,sya jdi takut,sya berpikir apa itu tumor ya dok??

  189. jafrizal

    Sore Prof,istri saya umur 41 thn.sering mengalami ulu hati sakit,batuk dan di sertai dengan sesak nafas perut terasa begah mual dan sendawa sering mengalaminya pada malam hari.nafsu makan berkurang dan susah tidur.pernah pergi berobat ke dokter analisanya istri saya menderita asma dan ada juga bilang istri saya sakit maag . Dok……menurut analisa dokter apa sebenarnya sakit istri saya,apakah sakit asma atau maag dan sebaiknya berobat ke dokter spesialis apa ?. terima kasih sebelumnya .wasalam

  190. yudhavivie

    @ smua yg kena gejala sesak napas,sendawa,berdebar debar. Gampang kaget,cemas. Kadang perih ulu hati dan kembung, yang sabar yaa.
    Saya awal bulan ini juga kena. Berobat udah 3 mggu dgn lanzoprazole,vomitas dan mucosta. Kadang enakan tapi hr ini kambuh lagi. Capeeeek deh.
    Stelah baca komen komen kalian trutama Yance dan Iir, jadi dikuatkan. Emang udh saatnya ngatur pola makan dan musti ekstra sabar ya.
    Yuk yg belon sembuh,ik

  191. Yance

    @Fitria: memang seperti itu kalau gejala maag kronis ( maksudnya ke arah sana ). saya awal memang seprti itu. Setelahnya agak baikan biasa jadi sering makan karena perut terasa lapar setiap 2jam atau paling cepat 90menit.

  192. Yance

    @All yang kena maag: Kuncinya cuma satu pasrah, dan jangan sampai perut terasa lapar terus mual yaitu dengan cara ngemil ketika perut sudah mulai terasa lapar ( memang sedikit mengganggu apalagi kalau pas ada kumpul2 )

    dan terutama cukupkan dengan buah yang menjadi obat misalnya pepaya, pisang,apel. Jangan makan mangga, semangka, nanas, kedondong, duku, durian.

  193. yudhavivie

    Pengalaman gerd kmaren. Bebrapa hari udh enak, sembrono lagi telat makan. Langsung makan siang buru buru. Jadilah lemesss,deg deg an dan sesek.
    Bener banget. Kuncinya hidup teratur,pasrah gaush panik, dan disiplin makan. Emang lapar mulu jadinya,biartetep langsing ya siapin aja buah yg bersahabat sama lambung. Pepaya,tomat,pisang masak.
    Sama sama musti sabar yaaaaaa. God bless u all.

  194. Dimas Pramudiyanto

    Dear Prof.

    Nama Saya Dimas Pramudiyanto,
    Umus 26 Tahun,
    BB : 110 Cm,
    TB : 175 Kg,

    Saya Kerja di Kantor dan Lapangan yang sering telat makan,

    sudah hampir 2 minggu ini saya merasakan kembung di perut bagian bawah tapi kalau perutnya di pukul tidak terdengar bunyi layaknya orang kembung.

    saya suka mengkonsumsi sembarang makanan dan minum kopi 3 cangkir sehari, sering makan mie instan juga Prof karena mie memang hobi saya spt saya makan nasi.

    saya perokok berat.

    untuk BAB saya lancar seperti biasa, sering sendawa dan kentut (Maaf meski biasanya gak bau tapi ini agak bau spt bbrp hari tidak BAB) padahal BAB saya sehari normal 2 kali.

    kira kirakenapa ya Prof?
    dan tindakan apa yang di perlukan untuk mengobati hal tersebut????

    Best Regards,
    Dimas Pramudiyanto

  195. gina gusnita

    dear prof,
    saya wanita berumur 34thn, berat badan 53kg dgn tinggi 160cm,saya pny riwayat penyakit maag, tp selama saya makan teratur maag saya tidak pernah kambuh. saya perokok yg dalam sehari bs menghabiskan 5 batang rokok.

    yang jd masalah saya sekarang adalah saya udh 1 bulan terahir mengalami gangguan di pernafasan, tdk bs tarik nafas panjang, perbandingannya dari 10 kali coba tarik nafas panjang hanya sekali yg sukses. kl lagi stress susah bernafas panjangnya makin terasa. udh di periksa ke spesialis penyakit dalam katanya dari penyakit maag yg saya derita krn jantung dan paru paru saya sehat, udh di obatin tp susah bernafas panjangnya tidak hilang juga, padahal selama saya mengalami susah bernafas panjang ini, lambung saya tidak bermasalah.

    menurut dokter langkah apa yg harus cepat saya lakukan??dan saya mengidap penyakit apa?

    atas perhatianny saya ucapkan banyak terima kasih

    best regard

    gina

  196. yudhavivie

    @gina.
    Saya juga ngalamin yg sama. Awal maret ini susah napas dalem,jantung berdebar,lemes,kliyengan. Paru dan jantung dipriksa bagus. Ternyata saya ngalamin GErd asam lambung naek ke leher.
    Ya efeknya gitu non. Sengsara.
    Saya berobat ke rs Boromeus bandung. Dr Mukhta
    dikasi obat Lanzoprazole 30mg sehari sekali. Vomitas 3x sehari sama apa yaa satu lagi obatnya kuecil buat dikunyah 3x sehari. Smuanya setengah jam sebelon makan. Smoke nya diatur,nambah asem lambung non.
    Patuhi aturan makan obatnya, makan makanan yg gampang dicerna, makan dikit dikit tapi sering. Pas kumat emang gampang laper. Aku makan 2jam skali, biar gemuk ya makan buah yg bersahabat buat lambung,pepaya misal. Ga bole tiduran 3 jam seudah makan. Tidurnya diganjel bantal kpalanya,biar asem lambung ga naek.
    Puji Tuhan skrg saya ud sembuh .

  197. tasya

    @dokter……….
    dok,sudah 3 hari ini saya tdk bisa BAB,saya pun tak tau alasannya…
    saya sudah paksa agar feses bisa keluar tp ttp saja tk mau keluar,bahkan liang dubur saya tersa perih dan sakit…
    kalo keluar pun hnya sedikit sekali dan keras…..
    awalnya saya kena sinusitis lalu di anjurkan agar tak memakan makanan pedas tapi saya malah makan makanan pedas lalu setelah itu perut saya sakit,dan tidak bisa BAB.saya juga sudah minum vegeta tapi tetap saja BAb nya tak mw.menurut dokter saya terkena penyakit apa y?
    dan kira2 obat apa yang dapat menyembuhkan saya?tolong di bals ya dokter..
    saya mohon bantuannya

  198. Rosita

    Slmt pagi dokter..saya ingin menAnyakan beberapa hal..mama saya skrg berumur 64 thn..skrg dia sdg terjangkit anemia…tp blm tau disebabkan oleh apa..memang slama ini mama saya ada histori penyakit dlm lever..dia jg mempunyai penyakit gula darah.hipertensi..tetapi krn dia rajin utk control sbulan skali dan menjaga makan..smua itu tdk mengganggu dlm keseharianya..tp 3minggu trakhir ini dia serig merasakan lemas tak bertenAga..tnyata hasil lab hb nya turun menjd 8,7..itu kenapa ya dok? Dan tdk bs diprediksi kapan dia lemas..dan itu cukup mencemSkan..bs tolong di info apa penyebbnya dokter? Trimakasih banyak

  199. BONG SE LANG

    @DOKTER
    saya mau tanya apa orang yang lambung rusak, seperti belubang itu apa masih bisa disembuhkan? kalau bisa obatnya apa dok?
    tolong ya dok, soalnya kakak saya menderita lambung bocor, ini sangat penting, terimakasih.

  200. yance

    @ BONG se Lang:

    apakah sudah lewat endoskopi lambung? bisa tau dari mana lambungnya bocor? apa sudah muntah darah

  201. yance

    @Bong Se Lang:

    apakah sudah endoskopi lambung? bisa tahu darimana lambungnya bocor? apa muntah darah ya?

  202. dokter,saya sering mengalami sakit perut (nyeri) yang kadang hilang dan muncul kembali…tetapi saya tidak tahu penyebabnya..saya pernah cek ke dokter kandungan dan setelah discan tidak terjadi apa-apa..pernah cek di dokter umum katanya kemungkinan bab tidak lancar..tetapi tetap aja nyeri datang dan hilang..bolehkah saya minta saran dengan dokter sebenarnya apa yang telah terjadi dengan perut saya?

  203. Mohkir

    Prof, sdh 4 hr perut sy terasa nyeri, begah, keram, agak terasa berat kyk ad tekanan jg (biasanya menjelang malam), tiap habis makan pun sprti ada gas dr perut yg membuat sy harus bersendewa agar rasa begahnya berkurang. kemudian sy mencret2, BAB tdk sperti biasa. Menurut analisa prof ini knp ya? konstepasi atau gangguan pencernaan lainnya? mohon penjelasan dan solusinya prof! thanks

  204. Dwi Astuti

    Sore Dok, saya wanita umur 40 thn gula darah saya waktu saya umur 30 thn pernah sampai 465 tapi untuk bulan terakhir ini berkisar antara 180 – 260 ,akhir akhir ini saya sering merasakan kram diulu hati saya diatas perut rasanya kayak mengeras, dan kadang kalau makan tidak minum dulu kayaknya makanan susah masuk menurut dokter kemungkinan ada penyakit apa ya dok dan lagi kalau melakukan gerakan tertentu ulu hati mengeras dan sakit terima kasih atas analisanya

  205. kurniawan85

    Salam kenal dokter,ini dokter keluhan saya BAB berdarah,perut kembung dan sering kram dibawah tulang rusuk,pembengkakan didalam anus,sulit buang angin,saya tinggal di jambi,bagaimana cara mengatasinya dokter?

  206. Maaf dok saya mau bertanya saya sudah 5bulan menderirta penyakit hypertiroi,. apakah bisa sembuh sexara total dengan cepat? selama ini saya meminum obat throzol dan kadang diganti dengan PTU. apakah itu obat yang tepat?? Terima kasih dok

  207. mlm dokter saya dah 2 blm operasi empedu tp kenapa yah dok sy blm bs makan normal klu makan lemak dikit perut sakit skrng perut kiri saya sakit kadang d atas kadang kiri bwah mual muntah kira” knp ya dok sy takutsm punggung saya jg sakit sampai rongga dada

  208. Salam kenal dok. Nama saya Rian usia 31 th tdk merokok, saya ada keluhan dimana saya terkadang merasa kedinginan seperti demam tapi suhu tubuh setelah dicek normal dan sering sendawa. Tensi saya agak naik terakhir 140. Kena angin dingin sedikit langsung sendawa dan rasanya pengin muntah. Tidak ada yang terasa nyeri di bagian dalam tubuh, kentut dan BAB normal. Menurut dokter saya mengalami gangguan apa? Untuk balasannya saya ucapkan banyak terima kasih.

  209. kurniawan85

    Met mlm prof.
    Knp ya saya sering mengalami kram dibagian perut samping dibawah tulang rusuk dan paha bagian dalam hingga telapakkaki terasa sakit.
    Makasih

  210. NUR

    mat sore teman2 umur saya 29thn,
    teman2 apa msh ada yg sakit maag kronis selama 5 tahunan blm sembuh2…?
    saya jg salah satu pengidap maag sdh 5 tahun blm sembuh jg
    mau dong berbagi info soalnya saya sudah berobat kemana2 sampai perhiasan istri saya jual utk berobat, dan skrg saya mencoba perasan kunyit + gula merah pengganti madu krn lbh murah, maklum perekomonian saya pas-pasan.
    utk teman2 bagi infonya duuunk…..? pliss…..
    semoga TUHAN MEMBERKATI KALIAN.AMIN

  211. Excellent article. I am going through some of these issues as well.
    .

  212. Selamat pagi dok. Saya mengalami perut terasa begah (kaya kekenyangan), nafas sesak. sudah sebulan ini, saya sudah pernah periksa dokter, katanya asam lambung. tapi dokter tidak memberi pantangan. apakah belum sembuhnya karena saya makanan tak berpantang seperti: pedas, asam, teh, kopi, mie instan buah2an seperti nangka. sekarang saya sedang minum enzyplex seperti yg disarankan temen saya. Mohon saran dari dokter, terima kasih.

  213. Rif

    Assalamualaikum,..
    Teman-teman sesama penderita penyakit maag tolong saling berbagi dan mberi motivasi,,.krn bnyk faktor yg bs buat maag kita kambuh,..saya sdh 10tahun sakit maag skrng lg kambuh lg neah,,.memang sangat mengganggu aktifitas n khidupan shari-hari. Benar smua yg dikatakan yance, iir, rangga, avin,.Intinya memang ada pd diri kita masing-masing. “INDAHNYA BERBAGI”
    Tolong contac personny teman-teman,.
    Rif 0813 10 749 209

  214. Rif

    Smua gejala yg teman-teman rasakan, alhamdulillah sudah sy rasakan smua. Memang pnyakit maag n GERD sangat unik n rentan kambuh,..orang2 yg terkena pnyakit ini hrs merubah pola hidupnya 180 derajat. Terkadang kita memang prnh merasa panik n frustasi trhadap penyakit ini, tp yakinlah kita bs mengatasi ini dan akan segera berakhir n ingatlah orang2 yg anda cintai. Kita memang hrs selalu tenang, berfikir positif, n ingat tuhan yg menciptakan kita. Smakin kita tenang, sadar, n mengetahui apa yg terjadi pd diri kita Insyaallah kita akan cepat sembuh.
    Dokter n obat hanyalah sbg perantara. Kesembuhan kita sangat bergantung pd diri kita sendiri. Terima kasih buat smua Pak Dokter n Obat-obat yg slalu setia menemani kita di saat kita membutuhkan n Jgn pernah bosan untk menanggapi setiap keluhan2 kita,..Motivasi buat saya pribadi n teman2 yg senasib kuncinya adlh sabar n jgn prnh bosan menerima cobaan ini,..n terus cari solusi untk bs sembuh,..SEMANGAT!!!SEMANGAT!!!SEMANFAT!!! (Maaf klo sedikit Lebay) he,,..

  215. Marlyna

    Salam kenal Prof.

    Saya berumur 39th. Sudah bbrp th ini sy sering menderita nyeri perut. Yg sy rasakan adl perut spt grok2, sering buang angin & rasanya di perut itu ada yg gerak2. Biasa sy mengalami hal tsb stlh minum susu, jd skrg sy tdk bisa minum susu. Tp akhir2 ini tdk minum susu pun tiba2 bisa kumat. Kira2 gejala tsb menuju ke penyakit apa Prof dan tindakan apa yg hrs sy lakukan. Terima kasih.

  216. SSore dok,saya ita umur 36 thn.2 minggu yg lalu saya muntah dan bab darah warna hitam.udh kerumah sakit cek darah dan usg tapi kata dokter normal2 aja.sejak muntah darah saya itu saya masih lemas,kepala sakit,perut sebelah kanan sampai ke hati bahkan kepaha kadang sakit,mual,sendawa dan kayak gemetar.kenpa ya dok? Sakit apa kah saya apa saya perlu endoscopy?makasi dok

  217. Dok mama saya d diagnosa dokter hasil usg d ginjal ada kista,kista itu apa ya dok?kok bisa y dok??trs smpe liver nya kena infeksi,apa ada hubungan nya dengan ginjal nya,trimaksih dok

  218. Yance

    Untuk yang kena Maag Kronis dicari dulu penyebabnya apa , kalau sudah bertahun-tahun di sekitar ulu hati masih sakit terus itu kemugkinan ada luka yang perlu di periksa dengan cara endoskopik. Tapi kalau hanya sekedar mual , kembung, eneg sampai ke leher itu biasa dari stress sama asam lambung berlebih. Kuncinya ya makan sedikit” bisa satu jam setengah itu makan makanan bskuit atau kue. jangan lupa untuk makan pepaya setelah 2 jam makan siang itu bagus sekali dan juga pada malam 1jam sebelum tidur. Lakukan terus menerus menjadi kebiasaan. Dan jangan coba” makan yang ada cabe dan ada asamnya biarpun sedikit. Jadi kita makan yang polos” saja dan minumnya hanya air putih. Kalau bisa makan nasinya pun dimasak lagi agak lembek.

    OK ?

  219. ilham

    bagaimana caranya untuk jadi pendonor ginjal?

  220. ciyus

    makasih doc… manstab!

  221. dokter, saya rudi dari jepara jawa tengah. maaf kalau saya kurang sopan mbk. saya mau tanya soal penyakit uleus. temen saya sakit uleus dan d lakukan oprasi tanggal 26 oktober. terus selama 2 minggu kurang lebih baru boleh pulang. dia sudah kontrol 1x dg dokter bedahnya. hari kamis besok tanggal 22 november dia harus kontrol ke 2. tapi hari ni tepatnya tgl 18 november kok kata dia perut sama punggungnya serasa nyeri dok. apa itu normal atau ada hal lain dok? mohon penjelasanya dok. trimakasih banyak. mohon balas di email saya dok : rudi_to87@yahoo.co.id

  222. kurniawan85

    Selamat pagi dok,saya hudria,gini dok org tua saya sakit dengan keluhan,sesak,kaki bengkak,sampai ke pinggang,termasuk alat kelaminnya bengkak,tidak bisa buang air kecil dan besar,mempunyai riwayat pembengkakan jantung,paru paru,diabetes,pneumoni,asma,hipertensi jg dok,kemarin telak dicek D DIMER dengan hasil 1581.dokter yg menangani telah diberi obat pelancar buang air kecil tapi tetap tidak ada perubahan.atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

  223. Kenapa ya prof kalau malam udah tidur tiba2 gemetaran mulut pahit gak bisa nafas tapi kalau minum air gula dan dikerik lambungnya agak mendingan prof kenapa ya prof

  224. dokter, saya direncanakan akan menjalani operasi kista, setelah pemeriksaan darah, diketahui SGPT SGOPT saya tinggi, saya diberi curliv dan omega 3 cis, tapi selama 3 bulan ini SGOT SGPT saya turun naik ( tidak pernah masuk ke angka nomal ( sgot berkisar 59-110) (sgpt 60-120) pertanyaan saya apakah bahaya kalau akan menjalani operasi bila sgot sgpt tinggi .
    bila bahaya bagaimana dengan kista saya yang sudah menbesar(14cm) padahal saya harus menunggu sgot sgpt turun terimakasih dokter.

  225. Dok.Golongan darah saya O+,berat badan 63kg,tinggi 168..
    apakah ada yang membutuhkan donor liver dok?kalau ada dimana
    saya harus donor…?
    salam

  226. moocen

    @yance: gabung yuk di fb GIHM Indonesia..

  227. Devriedo Darmawan

    Kepada YTH. Bapak Prof. DR. Dr. Daldiyono

    Selamat siang.
    Perkenalkan nama saya Devriedo Darmawan, saat ini Ibu saya dirawat di ruang ICU RS. ST. Carolus dengan diagnosa infeksi sepsis bersumber di paru-paru, dan sudah menyebar ke organ lainnya.
    Hari Senin siang kemarin, Ibu saya dipasangkan ventilator dikarenakan paru-parunya sempat melemah, dan hingga saat ini masih status quo.
    Apakah penyakit ini ada Obatnya Prof?
    Apakah kami dapat bertemu dengan Prof. di Carolus dan konsultasi sehubungan dengan penyakit ibu saya tersebut?
    Bantuan dokter sangat kami harapkan.

    Demikian email dari saya, atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Salam,
    Devriedo Darmawan

  228. chandra

    Selamat pagi prof Daldi,
    Saya ingin tanya tentang kista yg ada pada hati dan sdh bertambah dari 11.7 per agustus 12,menjadi 12.07 per maret 13. Apa pengobatan yg hrs dilakukan. Apa bisa hilang dg obat atau harus operasi. Akibat dari kista itu apa.
    Tks
    Chandra

  229. tenang aja yah semuanya pasti aman, trus berdoa dan berusaha :) Dr. tams

  230. selamat pagi prof ..
    saya susi seorang mahasiswi dari daerah bogor , saya menderita maag dari SMA semakin hari maag yang saya rasakan berbeda semakin sakit biasanya disertai muntah dan diare hingga menyebabkan saya mengalami dehidrasi ,, bahkan sekarang saat maag saya kambuh punggung dan pinggang bagian kanan juga ikut sakit . apakah itu berbahaya prof???
    tolong info dan sarannya prof.
    terima kasih ..

  231. Dia

    Dok saya ingin bertanya
    Saya telat Haid sudah 5 hari dan diperut saya sebelah kiri ada yang berdetak,apakah saya hamil dok?
    Dan saya Ml menggunkan kondm

  232. Agus

    Bgemana resep nya dok

  233. eko

    leher,terasa tercekik,dada kiri sakit,panas pda perut,sendawa,keringat dingin.apa itu dox,apa obatnya.

  234. Kpd YTH
    Prof daldiyono.

    Mohon di tutup aja blognya, karena banyak yg bertanya tp tak mendapat jawaban.

    Mohon jd pertimbangan
    Terimakasih.

  235. Dewi Fitri Lestari

    Selamat pagi dok,,
    saya mau bertanya, adik ipar saya satu minggu lalu di diagnosa menderita gagal ginjal stadium 5, fungsi organ hanya 5% dok. Rencannya akan memasang kateter di ginjalnya..(CPAD). Yang mau saya tanyakan apakah adik saya ini masih bisa hamil dok, mengingat 2 bulan lagi adik saya mau menikah ?. Dan apa kekurangan pemakaian kateter ginjal dok, yang saya tau rentan sekali dengan infeksi ?.
    Mohon penjelasanya dok.

    Terima kasih

  236. iby dewi

    dok. sy + tipus sdh sminggu ini +1/320 pmeriksaan kdua +1/160. leukosit sy 11.400. yg lain normal. yg sy ingin sy tnyakn prut sy kmbung & sy sll mrasa mual & maaf-kntut trus mnerus smpai 30x/ hri. apakh ini krn tipes ny atw krna yg lain? apkah prut kmbung mual & kntut yg trus mnerus itu normal atw ada pnyakit yg lain dok.? trmksh (ibu dewi jktim)

  237. Salam doktor…
    Saya ada masalah dan beberapa persoalan untuk doktor.. Saya sering mengalami jantung berdebar-debar sehingga menyebabkan saya terasa pening kepala dan terus sesak nafas. Badan saya turut lemah dan Tekak terasa kering. Tangan kanan saya turut jadi sejuk seperti tiada darah. Soalannya 1)apakah itu penyakit jantung? 2) adakah jantung saya tersumbat? 3)apakah puncanya? 4) bagaimana dan apa harus saya lakukan?.
    Tq doktor….

  238. malam dok…
    nama sya lian umur 38 thn gol darah saya AB saya sedang dlm ksltan sdng mmbthkan uang saya ga tau harus mnghubungi siapa rmh skt mana mncri orng yg membutuh kan donor ginjal sekiranya dokter membantu saya jika ada yg mencari donor ginjal tlng hubungi sya.sebelum.n sya trims.083871678222

  239. Hb

    Prof, saya mau tanya. Kalau dada dibawah leher sering rasa panas. Kadang hilang trus muncul kembali, terkadang ditengah malam waktu tidur tiba2x saja. Itu kenapa ya prof,karna sangat menggangu sekali rasanya. Trimakasih banyak atas penjelasannya

  240. Djuhanda Atmakusuma

    slmt siang Prof.
    Tahun 2008 dari hasil endoscopy saya didagnosa GERD , dengan gejala sesak nafas , sendawa , perut kadang2 kembung. Obat-obatan sdh diberikan seperti Nexium , Pantozole , Motilium , Mucosta , Acpulsif , Dysflatil dll. Hingga saat ini gejala sesak semakin berat sulit untuk menarik nafas dalam sehingga terasa dada tidak lega , shg sulit tidur , gelisah , cemas , sulit konsentrasi. Saya sdh di EGG dan didiagnosa Gastropharesis. Dari obat-obatan yang selama ini diberikan tidak ada perubahan malah sesak nafas saya semakin hari semakin sering , bahkan sudah setiap menit / detik saya selalu sesak. Pernah saat sedang sesak berat saya di USG tapi hasilnya bersih tidak ada asam lambung berlebihan , logikanya kalau kadar asam lambung normal tidak akan mengalami sesak nafas , tapi ini malah sebaliknya prof. Saya penderita diabetes sejak thn.1986 dan hingga kini menggunakan insulin. Mohon penjelasannya apakah sesak nafas saya yg semakin berat ini mmg akibat GERD , dan kenapa obat2an yang selama ini saya minum tdk memberikan efek , bagaimana untuk mennaggulangi keluhan saya ini prof. Terima Kasih

  241. Slmt malam dok, saya pria umur 36 thn. Dok saya punya keluhan saya sering mengalami sakit perut sebelah kanan atas kadang terasa kembung, dan kadang kadang sakitnya pindah ke tengah deket pusar sebelah kanan. Dari riwayat saya memang mempunyai penyakit maag sudah 3 thn ini. Yg mau saya tanyakan apakah penyakit yg saya alami termasuk penyakit maa? Apakah ada indikasi penyakit lainnya?. Dok tidak mengurangi rasa hormat sy, mohon jawb ya pertanyaan saya karna jawaban dari dokter sangat membantu bagi say. Saalam kenal. By endang bangka.

  242. Selamat siang dok,saya usia 30th tahun lalu saya merasa ada benjolan dileher saya dan melakukan cek darah (hormone) yg hasilnya
    TSHs 1.48 pIU/ml 0.25-5.00 : Euthyroid
    7.00 : Hypothyroid
    Free T4 12.54 pmoI/L 9.00 – 20.00
    dan USG Thyroid nya:
    Lobus kanan : besar dan bentuknya normal.Ekhoparenkim homogen.tidak tampak lesi fokal maupun kalsifikasi.
    Lobus Kiri : Agak membesar,tampak nodul berbatas tepi regular dgn ukuran +/-2,48×1,65×2,26cm.
    Pada pemeriksaan USG colour doppler,vaskularisasi tdk tampak meningkat.
    Isthmus tampak baik
    Trakhea ditengah
    A. carotis communis kanan kiri baikkk’tidak tampak pembesaran kelenjar getah bening leher
    Kesan = Strauma uninodosa thyroid kiri
    Apakah berbahaya thyroid bagi wanita lajang spt saya?? dan apakah harus dilakukan operasi?? terima kasih dok.

  243. Dok saia mau tanya saia nevy umur 24 tahun saia sering merasakan nyeri yg tidak terlalu sakit di perut,pinggang dan berpindah-pindah, dan panas. Saia sudah melakukan cek darah,usg,bno,st scan ginjal hasiknya bagus hanya saja ada pembengkakan di ginjal dan tidak ada batu. Yang saia ingin tanyakan menurut dokter saia kena penyakit apa dok, saia sudah pindah rumah sakit hasilnya bagus tetapi saia masih merasakan nyeri ini. Mksh yah dok

  244. hengkwan

    selamat pagi dok,sakit saya asam lambung tiap hari kembung.saya sudah makan obat
    sudah ke dokter
    Dr. MED. Benny Santosa, SpPD
    Dr. Khie Chen, SpPD
    Dr. MED.Albertus Djaja, SpPD]
    tp ga semnuh saya musti gimana thx

  245. Yanto

    Dokter saya Anto Mau bertanya, Perut saya sering kembung kayak orang hamil, Trus sering sendawa dan kentut2. Kalau sudah kumat kadang di ulu hati saya sakit banget, dan malamnya gak bisa tidur karena sesak nafas dan batuk2..Terima kasih dok..

  246. ratu meutia

    Dok saya mutia, saya umur 20 tahun. Beberapa hari ini, dada sayang sering berdebar debar, rasa mengantuk, muntah muntah,dan buang air besar seperti diare. serta mata burem dan kuping berdengung,dan seperti mau pingsan.

    Ini kenapa yah dok? Yg lebih sering saya selalu pusing,dada berdebar debar, kunang kunang dgn waktu yg lama,hingga saya harus jatuhkan badan atau berpegangan.
    Mohon solusinya dok,informasi nya dr dokter :) terimakasih

  247. ahmad zuhdi, s.sos., map

    Salam kenal Prof., boleh tau dokter spesialis yang menangani asam lambung di Jakarta dimana ya, terima kasih sebelumnya.

  248. Amelia Sibarani

    Siang dok,saya ingin bertanya sudah 6 bulan ini dada saya sakit,jantung berdetak cepat,cepat lelah dan kalau terkejut janyung saya sakit,terasa ingin pingsan.
    Perasaan cemas saya pun semakin berlebihan
    Saya sudah berobat ke 8 RSU,hasil EKG dan rontgen normal hanya dikatakan sakit dispepsia,bagaimana menurut dokter?apa kira2 yang harus saya lakukan.
    Umur saya 23 tahun.
    Terima kasih sblumnya dok

  249. Taufik

    Sore Dok,
    Perkenalkan nama saya taufik, usia 37 tahun. akhir2 ini pinggang bagian belakang saya sering terasa panas dan terasa pegal sekali bahkan terasa sakit, kira2 penyakit apakah yg saya alami. Dan menurut dokter obat apa yagn harus saya konsumsi.
    Terima kasih

  250. Yohanes

    Perkenalkan nama saya Yohanes usia 41 th,akhir2 ini saya sering merasakan kalau berjalan sloyongan dan kadang kadang kepala pusing,dan juga pendengaran saya agak kurang terutama telinga sebelah kiridan kalau malam saya sulit untuk tidur.Dan pernah saya ke Dokter THT dan di bersihkan,tetapi refek nya masih sama seperti sebelumnya.Menurut dokter apa sakit yang saya alami sekarang?
    Terimakasih

  251. Ananda

    selamat sore dokter,

    ibu saya sering sekali mengalami gejala seperti badan lemas, mual, dan mengantuk terus, serta tenggorokkan sakit , napas panas,
    susah sekali untuk membujuk ibu saya untuk cek kesehatannya, saat ini ibu saya masih bekerja di salah satu perusahaan swasta, usianya 45th,
    mohon jawabannya ya dok, apa kira2 sakit ibu saya, selama ini ibu saya hanya memperbanyak minum air putih..
    terima kasih

  252. Ass bpk prof,saya mau tanya masalah penyakit saya,begini dok,sakit pada kaki saya apa ada hubunganya dengan saluran pencernaan,soalnya kalo perut saya sakit yang sebelah kiri kaki saya juga akan terasa sakit bangat jalan atau berdiri lama aja sakit,saya mengalami penyakit ini udah 4thunan.saya mhon penjelasannya dok,terimakasih.

  253. gesgoth

    saya belum periksa sama dokter tapi setelah membaca komentar teman2 disini sepertinya saya kena GERD. saya mahasiswi, gimana kalo tiba-tiba lapar? apa mesti diam-diam cuil biskuit di kelas? terus apakah saya ngga bisa makan makanan yang digoreng lagi?

  254. lia

    Selamat pagi, prof.
    Saya Lia. Sudah sejak lama saya mengalami gangguan pencernaan. Pada awal saya terkena gangguan pencernaan ini saya mengalami diare hebat (hrs bolak balik ke toilet), itu terjadi sekitar seminggu, kemudian jg disertai muntah. Tp terkadang muntah itu tanpa disertai mual terlebih dahulu.
    Setiap ke dokter saya dibilang maag atau jg gastritis, krn kemudian ketika sy kumat (perut, ulu hati terasa ditekan, diremas dan dipelintir, kepala sangat berat, nafas berat, jantung spt berdebar tp terkadang jg sgt lemah), perut, jari2 kaki dan tangan, kepala, mulut saya menjadi seperti kesemutan yg luar biasa sampai akhirnya kaku, tdk bisa digerakkan. telapak tangan dan kaki dingin, membuka mata jg terasa berat. Saya sering sekali mengalami hal tersebut sampai saat ini. sy sdh ops usus buntu, krn memang usus buntu dan stl ketahuan usus buntu, bsknya hrs dioperasi.
    Saya jg prnh endoskopi, hslnya gas di lambung saya bnyk sekali. Dan ternyata letak atau posisi usus saya berbeda dengan kebanyakan orang (misal, yang seharusnya alurnya itu ke atas, saya ke bwh. begitu sebaliknya).
    Sampai saat ini tdk ada 1 obat maag yg bs membuat sy lbh baik. Malah skr saya tdk bs minum obt ataupun suplemen, krn ketika saya minum obt atau suplemen apapun, kndisi bdn saya melemah dan saya jd kumat. Bhkan tak jarang sy hrs ke UGD setelahnya.
    Mohon saran dari profesor. Terimakasih

  255. lia

    Pagi prof.
    Saya Lia. Melanjutkan yg sebelumnya, akhir-akhir ini saya sering merasakan nyeri di perut sebelah kanan atas maupun bawah. Secara keseluruhan perut terasa tdk enak. Selain itu saya sering skt kepala sebelah kanan..mulai dari atas alis, kepala atas, telinga spt tertarik, leher kaku, bahu jg terasa keras, menjalar smp tgn kanan dan jari tgh tgn kanan (dl pernah jatuh dr mtr yg mengakibatkan kuku jari tgh tgn kanan hrs dicabut paksa krn memang sebagian bsr kuku tsb sdh lps tp blm smuanya lps).
    Akhir2 ini ketika saya memasukkan mknan ke mulut walau sekecil apapun dan selama apapun saya mengunyah, rongga dada saya terasa penuh sampai ke kerongkongan. Akibatnya saya jd sering sesak nafas. Akan terasa lbh ringan jk saya sudah muntah. Dan terkadang saya tdk bs menahan utk muntah. Saya gampang letih dan itu berkepanjangan. Asal sy melakukan aktifitas agak berat, hal itu pasti terjadi. Akhir2 ini faeces sy brwarna hitam dan mengeluarkan darah yg brwrna merah gelap. Terkadang jg ada darah ketika saya meludah.
    Apa yg hrs sy lakukan? sedangkan sy tdk bs minum obat apapun.
    Mohon sarannya. Dan menurut dokter, saya sakit apa?. Terimakasih sebelumnya.
    Salam sukses buat dokter..

  256. Dokter saya Diani mahasiswi salah satu universitas di Bandung. saya selalu merasakan nyeri dibagian perut bawah kanan dan kiri tapi sakitnya itu datang sebulan sekali dan berlangsung 1-2 hari saja dan sakitnya itu kadang sakit sekali dan kadang mereda, sakitnya jauh dengan jadwal haid saya. Kira-kira penyakit apa yang saya alami Dok? Terima kasih.

  257. Santi

    Selamat siang Prof,

    Saya, Santi, di sini saya membantu mencari tahu informasi mengenai penyakit yg diderita Om saya.

    Gejala-gejala yg Beliau hadapi :
    * susah buang air besar – sudah di rasakan hampir satu bulan belakangan ini
    * sudah di berikan obat pencahar tetap sulit untuk ke belakang
    * adapun bisa ke belakang, mohon maaf kotoran yg keluar ada terdapat ampas dan air
    * merasakan perut kembung jadi tidak ada keinginan untuk makan – efek badan menjadi semakin kurus
    * sudah melakukan USG, menurut dokter yg bersangkutan perkiraan ada wasir atau pholip di dalam usus
    * untuk lebih jelas lagi dirujuk untuk melakukan colonoscopy, dan sudah dilakukan, di tengah proses colonoscopy terpaksa dihentikan karena adanya lendir seperti lendir lidah buaya di dalam usus (menurut keterangan istri om saya yg menemani proses colonoscopy tersebut) . Karena adanya lendir tersebut maka kamera tidak dapat tembus sampai sepanjang usus.
    * colonoscopy gagal, maka di tempuh CT scan untuk mendapatkan gambaran gangguan apa yg terjadi di dalam usus Beliau
    * Per hari ini pihak keluarga masih menunggu hasil dari CT scan tersebut

    Mohon pendapat Prof, apa nama penyakitnya dan bila kami mau berobat jalan, ke dokter dan rumah sakit manakah kita harus tuju.

    Terima Kasih,
    Santi

  258. susi sulastri

    Sore dok,mf saya mau tanya,saya kena tipus dah berobat tpi knpa msh keluar kringet dingin terus,dan perut jga terasa melilit,apa obat yg baik untuk saya.

  259. shelvye

    Selamat Malam Prof Daldiyono
    Saya shelvye umur 18 tahun(mahasiswa)

    sudah hampir sebulan, saya merasa perut saya membesar layak’nya ibu hamil, tp setelah saya tinggal tidur semalaman, sdh tak sebesar itu, esok’nya kembali seperti itu, perut saya juga kembung, jika perut di tekan terasa banyak airr, sering berbunyi padahal perut baru saja makan, susah bab, dan sering buang gas *maaf* berbau tidak sedap, kdng juga perut saya terasa “munek-munek”, nyeri perut terkadang menjalar kesamping, hingga ke tulang belakang pula…
    Dan yang terakhir Dok, saya merasa perut saya mengeras *mungkin saya terlalu banyak pikiran tentang sakit saya ini*
    Saya sudah usg tp tidak ada benjolan…
    Penyakit apa yang saya derita Dok? Apa berbahaya?

    Tolong dibls yaa Dokterr, Tolongg…
    Terima kasih, tuhan memberkati :)

  260. elham

    Prof mat kenalan, senang ketemu blog bpk

  261. s’ met malam dokter….saya berniat menjual salah satu ginjalku, bagaimana saya bisa mendapatkan info bahwa ada yg sedang butuh ginjal, saya siap dengan semua resikonya dikarenakan saya sangat butuh uang secepatnya….saya sehat jasmani usia 38 tahun…terima kasih.

  262. Saya julianti erna, seneng setelah membaca keluhan dan masukan teman2 tentang gerdkarena saya juga menderita gerd , sudah konsumsi nexium 2 bulan tapi gak ada perubahan,,apakah dapat saya konsumsi lagi lanzoprasol 30mg prof

  263. Pagi Prof..
    Saya Tika, saya punya anak laki-laki umur 3 th yg memang semenjak umur 8 bulan BAB nya tidak lancar/ keras, sewaktu umur 8 bulan pernah ke rumah sakit di beri obat syrup dan mcrlx ( yg d masukkan ke dubur ) dengan dosis setengah tube, hingga saat ini pun masih menggunakan mcrlx sampai dengan dosis 1 tube.dan karena sering menggunakan mcrlx ,sekarang sudah tidak BAB 6 hari dan sudah diberi micrlx 3 x tetap tidak keluar dokter, apa yang harus saya lakukan?apakah anak saya memiliki kelainan di daerah dubur? dan kalau di gresik/surabaya di dokter manakah saya bisa berobat? mohon pencerahannya ya Prof…
    Terimakasih sebelumnya..

  264. gina nurjati malik

    malam Dok. saya punya keluhan, ampir 1 bulan saya kentut bunyi nya keras. tiap hari sering wekali. tapi perut saya tidak kembung, malah terasa normal saya. kira2 penyebabnya apa ya? saya malu kalo sedang di kantor. tidak berbau, tapi bunyinya keras sekali, adakah obat yg harus saya makan ? terimakasih Dok. sangat ditunggu balasannya.

  265. Ping-balik: Gaviscon Advance Side Effects | Cures 4 Heartburn

  266. Sylvia

    Selamat siang Dokter,
    Saya Sylvia, 35 tahun (karyawan, saat ini sedang cuti melahirkan & menyusui)

    Keluhan sejak lama (kira-kira 7 tahun)seringkali mual,muntah bahkan terkadang keluar busa asam lambung, di saat makan sehingga waktu makan pun sangat lama. Sudah 3x dilakukan endoscopy, hasil tidak ditemukan luka pada lambung, dikatakan dispepsia, bahkan masih terdapat sisa makanan semalem yang belum terurai. Terkadang terasa sakit pada ulu hati (bagian tengah perut, pas di bawah dada) Bahkan sering terjadi refluk ke atas di saat tidur lewat hidung berupa lendir karena batuk yang berkepanjangan.

    Bagaimana cara penyembuhan penyakit saya ini? Sudah banyak pantangan makanan dari berbagai dokter yang menyebabkan asam lambung tinggi. Apakah penyakit ini dikatakan GERD?

    Akibat dari peyakit ini berat badan saya turun drastis dan tidak normal. Saat ini 41 kg, tinggi 155 cm.

    Mohon petunjuk dokter, terima kasih atas perhatiannya.

    Sylvia

  267. Ping-balik: Yahoo Maps Mexico | Cures 4 Heartburn

  268. Ping-balik: Oh Mer Acid Reflux Girl | Treat Gerd & Heartburn

  269. Asri Jumira

    Yth Prof.Daldiyono
    saya wanita berusia hmpir 32thn,, dan saya tinggal di kab.Kolaka provinsi Sulawesi Tenggara…sejak kecil saya paling malas makan,, stelah usia 20 thn makan saya sdh aktif bahkan sdh sgt aktif, 3 ato 2 thn lalu saya sering bolak balik melakukan pemeriksaan ke dokter ahli dalam tetapi maag saya tdk sembuh2 bahkan seminggu ini makin trasa sakit stiap saat di lambung,makin mual dan lambung saya smakin membengkak….saya sangat kesakitan,, kebetulan kemarin saya dapat informasi mengenai obat herbal yg berbahan dasar teripang laut species gamat gold u/ mengatasi penyakit seperti yg saya alami,tetapi saya ragu apakah produk obat herbal tsb memang berkhasiat mengobati ataukah akan membahayakan ??? Mohon informasi dari Prof Daldi,, dan saya ucapkan banyak terima kasih

  270. Ping-balik: Michael Jackson Beat It Instrumental | Cures 4 Heartburn

  271. Ping-balik: Gerd Sickness And Tiredness | Cures 4 Heartburn

  272. Ping-balik: Gerd The Movie Amazon | Cures 4 Heartburn

  273. Ping-balik: Good Children’s Films 2011 | Cures 4 Heartburn

  274. Ping-balik: Best 100 Whole Wheat Bread Machine Recipe | Cures 4 Heartburn

  275. Sylvia

    thanks Prof Daldiyono, for the video, it’s very helpful

  276. agnes almaitsa

    malam dok,
    anak sya umur 3,8thn tepatnya 10 hari yg lalu anak sya demam,perut kembung (tapi tetap bisa kentut ),mual dan diare slma 2 hari,sya priksakan kta dokter dia terkena diare yg disebabkan krn kuman krn BAB nya berbau (belum pernah cek lab),akhirnya dokter meresepkan obat antibiotik (biothicol), L-B io dan obat racikan untuk perut mualnya.setelah minum obat selama 1 hari demam sdh turun,tdk kembung,tdk mual dan tdk diare tapi obat antibiotik dan L-Bio masih sya minumkan.setelah sembuh kok kambuh lg dok demam,perut kembung dan diare (tdk srparah yg kemaren) krn pengalaman kemaren minum L-Bio cocok akhirnya sya ksih L-Bio lg dan sembuh,sya lnjutkan slma 2 hari minum L-Bio perutnya tdk ada masalah dan BAB lancar.eh,sekarang kambuh lg dok perut kembung,agak demam dan BAB (ma’af “lembrk”).anak sya kenapa ya dok?apakah harus minum L-Bio trus?trimakasih sblmx atas jwaban dokter..

  277. Ping-balik: Acid Burn Nlm | My life with acid reflux

  278. Gunawan

    Prof Daldiyono yang baik, Delapan bulan yang lalu, ketika saya minum air putih pagi hari, ulu hati saya terasa perih. Alhasil saya ke Prof dokter internis keluarga saya yang sebenarnya beliau ahli di Hepar. Beliau memberikan saya pump inhibitor, Sukralfat untuk 2 minggu dan diulang 2 minggu lagi. Setelah tidak banyak kemajuan beliau memberikan obat racik yang berisi Frisium, Gastran dan saya lupa berserta Xanax untuk 5 hari. Sampai satu hari saya pindah ke dokter KGEH deket kantor di Carolus dan beliau memberikan saya obat racik yang isinya Tilidon dan mucosta. Setelah sebulan saya disuggest u endoscopy. Sebulan sebelum tindakan Endoscopy, saya tidak minum antibiotik dan minum obat sakit maag apapun. Hasil endoscopy ada satu titik di esophagus bawah dan beberapa titik di lambung erosif kecil ukuran less than 0.5 cm dan saya bersyukur TIDAK diketemukan adanya bakteri Helicobacter Pylorie alais negatif. Dokter KGEH saya memberikan saya obat sulkarfat, Pariet, Fucoidan dan obat racik (MUcosta dan Tilidon) u dimakan selama 1 bulan. Sekarang sudah nyaris 8 bulan sakit ini Prof. Sakit ulu hati sudah banyak reda tp kadang on off ulu hati suka perih sedikit. BTW, kimia darah saya cukup bagus (Cholesterol, Lipid, Ginjal, SGOT, SGPT, Gula semua bagus kecuali asam urat sempat dapat nilai 6 walau tidak melewati nilai normal tp kata dokter saya itu ttp tinggi dan agregasi thrombosit saya agak hyper dan saya sempat minum Ticoplidine selama satu bulan). Ada yg bilang u coba terapi air jeruk lemon dan saya sudah coba selama 3 hari dan terasa enakan di perut. Apa terapi ini baik Prof? apa saya perlu melakukan tindakan lain u menghilangkan sakit maag yg on off ini ? kata dokter saya, saya kena GERD yg mild tp bikin saya takut. Mohon saran Prof. Thanks

  279. Perut bag kiri kadang bag atas kadang bag bawah nyeri,seneb2,perih dan ulu hati nyeri sakit makanan ndak mau turun terkadang dibarengi ndredek padahal di ekg ndak ada masalah jtg trus minum obat maaG enakan nti beberapa jam gitu lagi dan itu terjadi setiap hari

  280. Perut bag kiri kadang atas kadang bawah nyeri,seneb2, terasa gA enak dAn ulu hati nyeri sakit terkadang di barengi ndredek cemas sdh di ekg ndak ada mslh dg jantung trus minum obat maag trus enakan beberapa jam balik lg dan itu setiap hari

  281. Ping-balik: I Acid Reflux An Early Signal Of Being Pregnant | Gerd & Acid Reflux

  282. Ping-balik: Acid Golem Burn Deck | Treat Stomach Acid

  283. Adhi Hardhi

    Selamat Sore Dok,

    Saya mau tanya, istri saya 33 tahun dan kami sudah memiliki 2 anak usia 6 tahun dan 4 tahun.
    3 bulan ini istri saya mengeluhkan sakit di perut bawah bagian kiri dan sakitnya menjalar sampai ke pinggang dan terkadang sampai flek jika sakit kambuhannya timbul. Dan biasanya sakitnya ada ketika istri saya kepikiran sesuatu yang cukup berat atau sangat kelelahan.

    Kami sudah ke beberapa dokter dan ternyata blm terobati. Mohon bantuannya sedikit untuk mendiagnosa.

    Terima kasih
    Salam

    Adhi Hardhi

  284. Ping-balik: Best Acid Reflux Drugs | Stomach Acid Heartburn

  285. dona hardi

    Selamat malam dok, anak saya zhafran dari umur 8bln sdh berenti konsumsi asi, penggantinya saya kasi susu chilmil produk morinaga, ternyata fesesnya tdk normal; kadang cair, tidak padat dan berwarna gelap atau kuning dan bau menyengat sampai umur 1th baru ketauan tdk bisa minum air mineral dan susu sapi, dianjurkan konsumsi soya. Setelah menggunakannya babnya masih sama. Bahkan hingga umur 2th merambat jadi tdk bisa makan produk susu.. hingga sekarang usia 2th 9bln tdk bisa makan ikan laut, seafood, makanan berpengawet, mie, nuget baso otak2 beli jadi, kacang2an, santan. Saya sdh ganti dokter sana sini tp tdk ada perkembangan… mohon pencerahannya.. trimakasih

  286. Ping-balik: Acid Reflux Vogel Dwd | Stomach Acid Heartburn

  287. Ping-balik: Acid Burn And Acid Burn 2 | Gerd & Acid Reflux

  288. angela

    dok saya angela umur 17 tahun saya mengalami gangguan kesehatan seperti magh gejalanya saya sering lapar tapi kalo makan ingin muntah. sangat tidak nafsu makan.saya juga mengalami jantung yang berdebar cepat juga tubuh saya suka bergetar getar. saya juga mengalami gejala takut mati. saya mohon penjelasannya dok. sebab penyakit ini sangat mengganggu aktivitas saya. terima kasih

  289. Ping-balik: Abdomen Acid Symptoms Neck Pain | Gerd & Acid Reflux

  290. maria caty

    Malam dok saya remaja 17 tahun 4 hari yang lalu saya susah buang air kecil dok bahkan sya ke kmar mndi smpai 3x tpi susah buang air kecil lalu besoknya pinggang kanan saya bengkak dan skit sekali hingga ke kaki kanan saya bahakan untuk berjalan sakit dan sudah 3 hari ini saya sering mual setiap kali makan dan tulang punggung saya sudah 3 hari ini sakit bahkan untuk duduk terlalu lama rasanya tidak kuat . apa ini tanda” penyakit ginjal dok??
    Trimakasi dok slmat malam

  291. Ping-balik: Azd2066 Gerd | Stomach Acid Heartburn

  292. Ping-balik: Heartburn Versus Heart Ache | Cures For Heartburn

  293. irvan fandya

    Saya pria 37 tahun gol darah B+ bermaksud akan mendonorkan hati bagi yg membutuhkan silahkan hub 085659944335 pin 31427C5A mksh

  294. Ping-balik: Heartburn Sciatica Reduction At Evening | Gerd or Heartburn?

  295. irvan fandya

    Saya pria 37tahun gol darah B+ bermaksud akan mendonrkan hati saya bagi yg membutuhkan silahkan hub 085659944335 mksh

  296. Ping-balik: Acid Burn Acid Burn Indigestion | Treat Stomach Acid

  297. Eva wijaya

    Dok, saya mau tanya paman saya kena kanker usus stadium 3. Kmrn telah operasi di malaysia. Lalu di lanjutkan kemo dengan metode jeru di china sebanyak 6x. Tetapi skrg menurut dokter di china usus nya lengket dok. Dia sudah tdk bs makan kalo makan perutnya sakit dan merasa kembung. Akhirnya kita bawa pulang dan masukan ke Rs. Darmais. Hari ini di operasi kembali sama dokter darmais, dan dokter darmais blg sudah tdk bisa di pakaikan kantong, dan skrg hanya bs tergntung kepada infus. Menurut dokter apa ada cara lain dok? Thx yah dok

  298. Ping-balik: Acid Burn Stuffy Nose | My life with acid reflux

  299. Ping-balik: Gelusil During Early Pregnancy | Stomach Acid Heartburn

  300. Ping-balik: Baking Soda To Relieve Stomach Acid While Pregnant | My life with acid reflux

  301. Ping-balik: Heartburn Amish Recipe | Gerd & Acid Reflux

  302. Ping-balik: Acid Burn Acid Burn Milk | Gerd & Acid Reflux

  303. lisye

    Slamat malam prof,
    udh 2 hari ini saya merasakan nyeri d bagian perut bawah sblh kiri dan pinggang bag.belakang trasa ngilu…tp sakitnya hilang-timbul dan sudah sbulan ini sy selalu dehidrasi pdhl sy mengkonsumi air putih ckp bnyk slain dehidrasi sy juga seringkali merasa mual+urine agak asam…sedangkan b.a.b sy tidak teratur dgn (maaf)feses lembek…awalnya sy mengira itu maag jd sy konsumsi obat maag yg beredar d pasaran…tp tak berhasil…pertanyaan sy penyakit apakah dgn gejala sperti itu???kmanakah sy hrs memeriksakan diri u/memastikannya???tolong d jwb yaak prof-makasih

  304. andi

    Salam kenal dok,

    Mau konsul,ayah saya umur 59 th sebulan ini ada keluhan kaki dan tangan sering semutan.pertanyaannya :
    1.Keluhan tersebut merupakan gejala penyakit apa?
    2.Penyebab keluhan tersebut apa?
    3.Tolong minta rujukan untuk konsultasi dengan dokter dan check up dimana ? (posisi kita dekat jakarta barat ).

    Untuk info dan jawabannya saya mengucapkan banyak terimakasih dok.

    Wassalam,

    Andi

  305. bunjani

    sy berharap prof.mau mrmbantu sy ingin mendonorkan hati saya. hp sy 082233568655

  306. K!S4N4K

    Mhon pencerahan dok 9 bulan yg lalu
    sy jatuh kpl blkang kebentur dinding trus penciuman sy hilang dan pikiran sy tdk normal.yg lbh parah lg perut saya kembung g smbuh2 smenjak kebntur.
    Anehx klo pikiran saya normal sakit dan kembung hilang tp hanya sbentar trus kembung lg.knpa ya dok?

  307. dokk knapah yahh napas saya sesak . di dada dan kerongkonagn seperti kaya ada cairan dan kayanya kaya tertimba beban berat di dada dan susah untuk bersendawa dok. sakit ini saya derita udah 1 bulan dok. kira2 saya sakit apa yahh dan obatnya apa ?? say udah sering periksa ke dokter tapi mash ajah gada perubahan dok. tolong jawab yahh :(

  308. Selamat malam prof
    perkenalkan nama saya tiwi saya mao nanya, perut saya sering panas, dan di tengah tengah perut saya tiap hari sakit bila di tekan, dan susah buat nafas, terkadang nafasnya mesti panjang karna keteken dari perut, dan nafas saya terkadang di perut berasa cepat, detakan jantung pun jg cepat, sakit nya itu sampai ke tulang belakang dok kalo lagi sakit + sesak
    itu penyakit apa ya dok ? Perlu di rongsen apa tidak ?

  309. esi

    Slamt pagii dok
    Saya mau tanya,apa penyebab Pada saat BAB mengeluarkan darah???
    Tadi pagi baru saja saya mengalami hal seperti itu,perut saya perih.kamaren sih saya susah banget BAB nya keras,pas tadi pagi ª∂a̲̅ Darah,Darahnya juga merah dokmtolong infonya dok

  310. Ping-balik: Can Stomach Acid Through Glass | My life with acid reflux

  311. Monica

    Dok, nama saya monica umur 18 thn. Saya sudah pernah mengalami gastritis dan dirawat di rs royal progress 3x karena slalu kambuh. Akhir2 ini (2 bulan terakir) kambuh kembali tetapi yang saya rasakan adalah rasa penuh dibagian perut atas dan seperti mengalami pembengkakan jika sehabis makan atau minum walau hanya sedikit. Dan setelah makan. Makanannya seperti tidak langsung turun ke perut bawah seperti biasa orang normal. Jadi saya merasa tidak nyaman di perut atas. Saya sudah diberi motilium, gasflat, dan flatu oleh dokter haryono tetapi masih saja seperti itu. Kira2 apa yang saya derita dan apa obat yang harus saya konsumsi? Terimakasih dok

  312. hhhani24

    Dok saya hani.
    Saya kena radang usus sudah lama saya minum omeprazole mungkin saat itu keadaan perut kosong dan saya rebahan lalu skrg saya merasakan usus saya seperti menempel. Susah utk nafas dan mkn minum pun rasanya langsung diserap oleh usus. Saya mesti bagaimana ya Dok. Trmksh..
    By:
    Hani24hanifa@yahoo.com

  313. yolan*

    ada detak jantung dibagian puser sebelah kiri jika ditekan terasa sakit dari pinggang,paha,anus dn uluh hati dok ..
    itu karena apa ya ?

  314. Ping-balik: Health Salts For Abdomen Acid | Gerd & Acid Reflux

  315. Ping-balik: Ermahheartburn Historical Past | Gerd & Acid Reflux

  316. nurhalimah

    Selamat pagi prof. Saya ingin mnanyakan .. saya mmliki rwayat pnyakit magh wajar tidak jika saya sering mngalami panas perut disertai nyeri … ? Itu termasuk jenis magh apa?

  317. Ping-balik: Re Stomach Acid During Pregnancy | Stomach Acid Heartburn

  318. Ping-balik: Which Antacid Neutralizes Stomach Acid The Best | Gerd or Heartburn?

  319. dickie

    Permisi..saya pria umur 29 th..172/75kg..gol darah B positif..sehat jasmani dan rohani.apakah ada yang butuh liver/hati,saya mau mendonorkan hati saya.hubungi 08179880084 trims

  320. yuni tea

    Siang dok..sy mo nanya..sy sedang terapi obat paru2 sudahh berjalan sebulan..tp knp bdn sy masih lemas stiap hari..trus sy curiga bkan penyakit paru aj yg sy derita..sy curiga sy terkena gerd soalnya sy punya penyakit maag dadakiri sy tersa panas hingga ke punggung dan leher kaku..sy tersiksa dgn penyakit sy ini..sy bungung bdn sy lemes terus apakah dr lambung atau dr paru..soalnya di liat dr rougsen nya paru sy cuma ber corak bertambah tp agk bnyk seh corakan nya..trus penangan nya hrs gmn dok..mohon solusi nya trim

  321. K!S4N4K

    Slamat siang dokter
    sy kisanak mau tanya
    10 bulan yg lalu kpl bgian blkang atas sy tebentur tembok dok
    trus sampai sa,at ini pikiran sy tdk mau normal
    dan epekx perut jd kembung terus
    pdahal udah d periksa lengkap usg st.can dan MRI.
    Hasilx tdk d tmukan apa”
    tp knp pikran sy tdk mau normal lg.dan perut makin kembung dan sakit
    mhon jawabanx dok
    krn sgat menyiksa skali

  322. Ping-balik: Can Gerd Be A Symptom Of Something Else | Stomach Acid & Gerd

  323. Ping-balik: Heartburn Ayurvedic Cure Diabetes | My life with acid reflux

  324. Ping-balik: Heartburn At Age 14 | Stomach Acid & Gerd

  325. Ping-balik: Bravo Acid Burn Test 2 | Treat Stomach Acid

  326. Ping-balik: Gerd Alicia Keys Letra | Treat Stomach Acid

  327. erin

    saya mau nanya donkk :( lagi bingung dan butuh jawaban :(

    nama saya erin umur 20 tahun, saya mau nanya..
    kalo perut kembung, sering buang gas, pinggang sakit, BAB lancar tpi sedikit-sedikit ga puas, suka sendawa..kadang cekukan….

    saya pengantin muda, saya berhubungan intim tpi suami saya tdk mengeluamengeluarkan seperma di dlm . saya pikir gelaja hamil, tpi pas saya cek testpack garis cuma 1.. itu kenapa ya :(

    saya kadang makan, 1 hari 1 kali, emang suka telat makan, pernah kena radang lambung tpi bingung sebernya aku knapa? tolong di jawabb donk yg tau informasi :(

  328. Ping-balik: Stomach Acid Hungry Feeling | My life with acid reflux

  329. Ping-balik: Heartburn At 38 Weeks Pregnant | Stomach Acid & Gerd

  330. Ping-balik: Stomach Acid 15 Dpo | My life with acid reflux

  331. Pagi para blogger, bagi anda yang punya keluhan dengan penyakit seperti kanker, diabetes, dan penyakit kronis lainnya. saya punya produk anti kanker NO 1 dari jepang yang bisa memperlambat penyebaran, mempercepat penyembuhan dalam masa kemoterapi, serta memungkin penyembuhan tanpa operasi. jika ada minat, silakan hubungi saya melalui
    Saya orang Batam.
    email : hanz.yip@gmail.com
    hp : 085668136123
    wechat id: yohan_yip
    pin bb : 744B8E18

  332. Prof, saya mau tanya.
    Sejak 3th ygll sy sering berdebar2 tanpa sebab disertai kedinginan. Ketika sy cek gula drah normal, tensi naik saat berdebar tp kmdian normal lg.
    Sy periksakan ke spesialist jantung, hmpir tiap bulan selama 1 th di EKG+ ECO. Tdk ad kelainan,hny sinus tacicardi sja. Sy tdk diberi obat, hnya disuruh minum bisoprolol 1/2tab kl berdebar sekali + stop kopi,teh hijau,makanan2 yg merangsang asam lambung. Dokter jntung bilang gastritis. Dulu th 2007 pernah iskemic tp tdk parah dan sekarang sudah hilang. Ischemic yg dkarenakan terlalu banyak kopi(dl sy pecandu kopi,dan badan gemuk).
    1.Benarkah asam lambung dpt menyebabkan berdebar2 yg sangat hebat..?

    2.Apa dehidrasi jg bs menyebabkan jantung berdebar+ kedinginan? (Sempat masuk ugd krn beerdebar+ kedinginan. Begitu diinfus 1 bag lgsg reda berdebarnya dan kedinginan hilang.)

    3. Hb saya cenderung rendah, aplg kl hamil, saat melahirkan sy selalu tranfusi(anak sudah 2)Apa anemia jg bs menyebabkan kedinginan dan jantung berdebar.

    Apa yg harus sy lakukan prof, terimaksih sebelumnya..

  333. Ping-balik: Gerd Com | Treat Stomach Acid

  334. Ping-balik: Stomach Acid In Bed After Alcohol | My life with acid reflux

  335. Johne321

    Pretty portion of content. I just stumbled upon your web site and in accession capital to assert that I acquire actually enjoyed account your blog posts. Any way I will be subscribing in your augment or even I fulfillment you access constantly quickly. dgdabgcekedg

  336. Ping-balik: Truth About Chocolate Stomach Acid Esophagus | Stomach Acid & Gerd

  337. Ping-balik: Heartburn 4 Days Before Period | Treat Stomach Acid

  338. Ping-balik: Heartburn Ak | Treat Stomach Acid

  339. Ping-balik: Italian Sausage Gerd | My life with acid reflux

  340. Ping-balik: Ermahstomach Acid Reading Rainbow | Treat Stomach Acid

  341. Ping-balik: Heartburn Among Infants | Treat Stomach Acid

  342. Ping-balik: Is Frequent Heartburn A Sign Of Cancer | Stomach Acid & Gerd

  343. Ping-balik: Foods Avoid Acid Burn | Treat Stomach Acid

  344. Eileen

    Hi Dok
    Mama saya pernah endoscopy dan dia ada polips di usus, pernah di cek katanya tidak ada kanker. Saya khawatir karena dia buang airnya susah, kadang bisa 4hari, dia harus minum air rebusan daun jati baru bisa buang air besar. apakah dia harus dioperasi polipnya lewat Endoscopic Mucosal Resection? Terima kasih

  345. Anisa aderia cinta

    Malam prof.
    Umur 15 tahun, tinggi badan 150cm, berating badan 40
    Beberapa hari ini ada yg mengganjal di bagian perut bawah sebelah kiri seperti ada benjolan, nyut-nyutan, jika di raba gak sakit dan bentuk tampilan perut saya jg gak buncit. Itu kenapa yah prof?

  346. Ping-balik: Sodium Bicarbonate For Stomach Acid | Treat Stomach Acid

  347. Selamat pagi Prof….
    Assl,Wb.
    saya Herru…anak saya laki2 umur 15 tahun…sdh berobat keliling 20 dokter spesialis,,,sampai Singapore soal keluhan IBD…sejak umur 8 thn..tapi kronis sekitas r masuk SMP…dari kecil ASI selama 3.5 tahun diberikan…cuman pada usia kls 5 SD kena Jamur Kuku di jari kaki dan tangan dan selama 2 tahun diobati sembuh…tapi muncul IBD…Dokter Singapore kasi ASACOL stelah2 tahun sekarang ini kambuh lebih kronis…gejalanya: Deman..Sakit Perut Kanan, Lemah…Lutut Kanan sakit,,,ini timbul terus…psikologis anak sensitif dan mudah tegang…sekolah jarang masuk krn sakit,,,,tapi tetap Rangking 2 sampai 3…di Palembang…Keluarga kami tidak ada Crohn atau Autoimun…meskipun Dokter bilang ada Autoimun penyebab IBD…yg saya kuatir Autoimun itu akibat IBD…dan IBD itu karena ada riwayat Jamur Kuku di seluruh jari selama 2 tahun….Apakah penyakit ini IBD krn Psikologis Lingkungan dan Bakteri….? Krn untuk Autoimun dan Gengetik saya masih ragu…sehingga pengobatannya jadi bingung…kami mengahrapkan saran dan petunjuk Prof…dan siap menemui Dokter, karena sekolah anak saya terganggu sekali…
    Waslm
    Terima kasih.

  348. Ping-balik: Heartburn Ppi Withdrawal | Treat Stomach Acid

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s