Diagnosis Kanker Lambung dini dengan Endoskopi Kromatography

Pendahuluan

 Kanker dini lambung adalah keganasan pada lambung yang masih terlokalisir pada mukosa dan submukosa tanpa memperhatikan sudah metastasis atau belum.

 Terminologi kanker dini lambung adalah terminologi patalogi anatomik setelah pembedahan.

2.      Klasifikasi kanker lambung

2.1.  Kanker lambung dini

2.2.  Kanker lambung lanjut

 Klasifikasi kanker lambung dini bermula dari Jepang dalam berbagai bentuk.

  1. Kanker lambung dini tipe I

Bila kanker terjadi pada suatu tonjolan mukosa, misalnya pada permukaan polip

  1. Kanker lambung dini tipe II

Kelainan pada mukosa datar.

    1. tipe II A = datar sedikit menimbul
    2. tipe II B = permukaan rata
    3. tipe II C = permukaan cekung
  1. Kanker lambung dini tipe III

Terlihat ada kawah (excavated)

 Kromatografi per Endoskopi

 Yang dimaksud kromatografi per endoskopi adalah tehnik diagnostik melalui endoskopi dengan memberi warna mukosa usus dengan memberikan/menyemprotkan zat warna, misalnya biru metilen untuk lambung dan yang sekarang baru diperkenalkan adalah dengan suatu tehnik pewarnaan dengan sinar khusus yang disebut NBI (Narrow Band Imaging).

 Kromatografi zat warna

 Untuk diagnosis kanker lambung biasa dipakai biru metilen. Daerah kanker mengambil/mengisap warna, sehingga lebih biru dibanding mukosa normal.

 NBI

 NBI (Narrow Band Imaging) adalah teknologi pewarnaan pembuluh darah kapiler mukosa saluran cerna dengan pencahayaan sinar tanpa sinar merah. Dengan NBI pembuluh darah terlihat biru. Akan sangat jelas terlihat gambaran (pattern) kapiler bahkan arteriole dan venulae. Dengan tehnik pencahayan NBI daerah kanker kehilangan gambaran pembuluh darah, dengan demikian lokasi biopsi menjadi lebih terarah.

Kesimpulan

 Tehnik kromatografi per endoskopi menghasilkan gambaran adanya jaringan kanker pada mukosa lebih jelas. Ada 2 tehnik kromatografi per endoskopi.

  1. Memakai zat biru metilen
  2. Memakai pencahayaan NBI (Narrow Band Imaging)

 
DAFTAR PUSTAKA

 Kuznetsor K et. al: Narrow Band Imaging: potensial and limitation endoscopy. 2006: 38; 76-81.

 Indrawan Jayapranata: Kasmonia Lambung. Dalam: Ali Sulaeman et. al. ed. Gastroenterologi Hepatologi. Jakarta, Infomedia 1990; 177-183.

 

135 Komentar

Filed under global

135 responses to “Diagnosis Kanker Lambung dini dengan Endoskopi Kromatography

  1. salam kenal eyang prof…
    kapan2 bisa konsultasi masalah kesehatan dong ya ?

  2. salam kenal juga wong-cilik..

  3. Yudha

    Kalo endoskopi di jakarta barat yang bagus dimana??? Mahal ga sih terus tindaklanjutnya gimana???? Berdasarkan tipe hasil endoskopi nya.. Trims ya dok…..

  4. *yudha: Semua bagus. Memang relatif mahal. Teknologi selalu mahal – harga ditentukan pemilik (penemu) teknologi. Kita perlu mencipta sendiri atau tak pakai teknologi sama sekali. itu baru murah..

  5. shinta

    prof. saya ingin bertanya. bagaimana mekanisme cara kerja endoskopi itu sendiri ya prof.? jika memungkinkan, tolong dijawab secepatnya. terima kasih

  6. Erlan

    Yth. Prof. Daldiyono,

    Prof, ayah saya didiagnosis ca recti advance dan sdh dioperasi pd bln Jan 08 yl. Setelah operasi, Dokter internist melanjutkan dengan terapi kemoterapi sistem loading yang tidak menimbulkan efek samping mual dan rambut rontok. Setelah 3 sesi kemoterapi selama 3 bulan, kondisi ayah saya memburuk dengan kaki membengkak dan Hb 7, sehingga harus dirawat. Setelah keluar dari RS, dosis kemoterapi dinaikkan sehingga ada efek samping yaitu kulit di kaki menjadi bersisik. Bulan Juli kemarin sesi kemoterapinya sdh selesai. Tetapi saya tdk melihat perbaikan kondisi ayah saya. Saya ada beberapa pertanyaan sbb:
    1. Apakah metode kemoterapi sistem loading memiliki efektivitas yg sama baiknya dibanding kan dgn sistem yg biasa, yg menimbulkan efek samping?
    2. Saya ingin mengetahui sejauh mana ca ini telah bermetastase. alat apakah yg bisa digunakan?
    3. Saya ingin berkonsultasi ke tempat praktek Prof. Daldiyono sekaligus ingin mengecek metastase tsb. RS mana yg memiliki alatnya, apakah medistra atau carolus?

    Demikian, terima kasih atas bantuannya.

    Salam,
    Erlan Herlambang

  7. Sdr Erlan, jika boleh tau ayah Anda umur berapa? Semua model terapi memiliki hasil yang hampir sama, yang penting bisa makan dan BAB. Setelah operasi dan chemo bisa sehat 1-2 tahun. Untuk deteksi metastasis periksa CEA dan Ca 19-9. Saya praktek di Sint Carolus dan Medistra, silakan jika Anda ingin berkonsultasi. Hb 7 setelah chemo, menurut saya perlu transfusi darah. terima kasih.

  8. Erlan

    Yth. Prof Daldiyono,

    Ayah saya sekarang berumur 62thn. Hasil lab terakhir di pertengahan Juli 08 menunjukkan nilai CEA masih >500. Dengan nilai CEA tsb, apakah artinya kemoterapi tsb kurang efektif? Bagaimana treatment berikutnya, apakah kemoterapinya diteruskan?

    Demikian, terima kasih atas jawabannya.

  9. dede z. gaos

    pak sejauh mana bahaya kanker pankreas…??

  10. arie

    Yth. Prof Daldiyono,

    prof saya mau tanya,
    ayah saya baru saja oprasi pengankatan kanker lambung, setelah selesai dokter yang mengoprasi bilang, kankernya ganas dan sudah mengakar pada tubuh pasien, swaktu waktu bisa tumbuh kanker baru

    apa bisa akar-akar kanker ayah saya hilang dari tubuhnya????

    atas waktunya saya ucapkan trima kasih

  11. citra purnama

    prof, saya mau tanya apa hubungannya disphagia dengan kanker?tolong dijawab secepatnya… trims.. dan apa saja tanda2 disphagia yang akut?? karena,ada seorang kerabat saya yang mengalami hal tsb jikalau dia stres,apa itu termasuk penyakit?

  12. Kepada Citra Purnama: Kanker tidak ada hubungannya dengan GERD

  13. Darmawan

    Prof ada gak sih resiko melakukan endoskopi?

  14. *Darmawan: Melakukan endoskopi tidak ada resikonya, silakan dilakukan.

  15. prasetyo

    Prof, sudah 3 bln ini perut saya terasa begah, di daerah ulu hati terasa agak berat terutama bila saya bergerak dan nafas terasa agak sesak. Sudah 6 x saya ke dokter dan selalu diberi obat maag. Apakah benar saya menderita penyakit maag /lambung karena saya saya tdk merasakan sakit/nyeri/melilit di perut saya. Apakah ada indikasi penyakit lain. Di rmah sakit mana saya bisa melakukan endoskopi utk wilayah jak-tim (saya tinggal di daerah pasar rebo/cijantung).Terimakasih atas waktunya

  16. Ytc Bapak Prasetyo,
    Sakit perut yang samar perlu penelusuran yang teliti. Banyak sekali sebabnya, bisa juga cacingan. Pemeriksaan yang penting bila perut begah adalah pemeriksaan fungsi hati dan USG serta gastroscopi.

  17. OP. Sihombing

    Yth Prof Daldiyono,
    Mohon advis Prof atas hasil CT Scan ayah mertua saya di Bag Radiologi RS St.Borromeus Bandung tgl 2 Januari 2009 ybl, sbb:

    Klinis Endokopi: susp Ca Gaster
    Pemeriksaan CT Scan Abdomen dilakukan tanpa dan dengan kontras fase arterioportal dan portal-venous potongan axial ketebalan 2 mm dari puncak diafragma sampai perineum. Sebelum pemeriksaan pasien diberi minum air untuk distensi dan memberi perbedaan kontras antara dinding dan lumen gaster.
    – Gaster : dinding corpus antrum posterior tampak massa solid dengan necrosis luas berukuran 9,5X8,5X5,5 cm. Massa ini menonjol ke dalam lumen dan keluar, telah menembus tunica serosa menginvasi jaringan flat disekitarnya , corpus pancreas, hepar lobus kiri dan radix mesenterium.
    – Kelenjar getah bening (KGB) perigaster dan truncus coeliacus membesar dengan ukuran mencapai 1,5 cm.
    – Omentum tidak tebal. Tidak tampak ascites.
    – Hepar: lobus kiri telah diinvasi langsung oleh massa gaster di atas, tidak tampak nodul2 metastase. Ehancement vena porta dan vena hepatica normal.
    – Kandung empedu: kecil, tidak tampak batu atau massa.
    – Pancreas: daerah corpus telah diinvasi oleh massa gaster diatas. Caput dan cauda pancreas baik. Ductus pancreaticus tidak lebar.
    – Limpa: Ginjal kanan dan kiri kanan tidak tampak kelainan. Ginjal kiri tampak kista simpleks berukuran 4 cm.
    – Paru kiri bawah segmen posterior tampak cystic bronchiectasis.
    KESIMPULAN :
    Neoplasma maligna gaster daerah corpus antrum telah melewati tunica serosa menginvasi jaringan flat sekitarnya, corpus pancreas, hepar lobus kiri dan radix mesenterium, metastase ke KGB perigaster dan truncus coeliacus. Tidak tampak intraperitoneal seeding atau metastase hematogen intrahepatis.
    TNM staging: T4 (telah menginvasi pancreas dan hepar dan radix mesenterium)
    N2 (7-15 KGB) MX.

    Terima kasih banyak sebelumnya atas advis anda.
    Salam.
    OP. Sihombing,
    Bandung.

  18. mike

    Dear Prof

    mertua saya diberi surat rujukan untuk endoskopi, bole tau kisaran biaya berapa untuk endos di medistra?

  19. lydia

    Yth. Prof Daldiyono,
    ayah mertua sy baru sj didiagnosa terkena kanker lambung stdium 4,umur beliau 69thn.apakah ada proses ataupun treatment yg dpt dilakukan unt kesembuhan ayah mertua sy ya dok ?bagaimana dgn operasi ?kemungkinannya ?dan kemo sendri bagaimana dok ?
    tks

  20. Yth Lydia, kalau orang tua dengan CA Gaster seperti ini lebih baik pasrah kepada Tuhan. Maaf ya, terpaksa pesimistis, tapi ilmunya bicara begitu.

  21. Yth Pak Sihombing, Terima kasih. Melihat hasil CT Scan dan endoskopi rasanya kanker sudah lanjut, lebih baik pasrah kepada Tuhan.

  22. Yth Mike, Terima kasih.
    Tentang biaya, silakan bertanya pada masing-masing rumah sakit. Biaya tidak seragam, alat yang baru makin canggih, harga alat mahal sekali. Kalau ingin yang lebih murah, datang ke RS Pemerintah, tapi harap sabar menunggu giliran, karena murah yang datang banyak sekali. Di RS Pemerintah murah karena alat dari pemerintah.

  23. Retha

    Yth. Prof. Daldiyono

    Prof saya mau nanya,
    Ayah saya sakit sudah ± 4 bulan, keluhannya sakit perut dan perut terasa keras
    Sudah periksa darah lengkap, widal, urine, usg dsb hasilnya bagus
    akhirnya oleh dokternya disuruh dilakukan CT SCAN dari hasil CT SCAN tersebut dikatakan bahwa ada massa di curvatura major gaster selanjutnya disuruh OMD dan hasilnya tidak ditemukan adanya massa anjuran selanjutnya endoskopy, tetapi ayah saya menolak untuk dilakukan endoscopy karena menurut dokternya endoscopy memiliki resiko yang besar bila dilakukan pada penderita jantung koroner (ayah saya penderita jantung koroner tetapi penyempitannya berapa persen tidak diketahui)
    beberapa minggu belakangan ini ayah saya sudah merasa lebih baik hanya terasa sebah atau seperti sakit maag padahal dokter belum memberikan obat / terapi apapun
    yang ingin saya tanyakan, prof :
    1. Apakah benar endoskopi tidak boleh dilakukan pada penderita jantung koroner ?
    2. menurut prof. Apa yang harus dilakukan oleh ayah saya selanjutnya ?
    3. Menurut prof apa diagnosa terhadap penyakit ayah saya apakah benar ada tumor / kanker pada lambungnya?

    Maaf ya prof kebanyakan tulisannya he..he..Saya sangat mengharapkan jawaban dari prof Daldiyono bisa secepatnya… makasih ya prof…..

  24. Yth. Retha

    Maaf ya, problematiknya cukup kompleks, saya tidak bisa menjawab. Pada orang tua di atas 70 tahun, kita berpegang pada fungsi organ dan jangan ada penderitaan. suatu prosedur hanya dikerjakan untuk penyelamatan (life saving)

  25. Yth. Prof. Daldiyono

    prof saya pnya mslh dgn lambung saya,gas lambungnya bnyk sekali jd suka nyesak kaya mau mati,sering betahak ga berhenti..
    apa yg hrs saya lakukan saya sdh berobat kemana2 tp tak kunjung smbh,tp saya blm mencoba di endoskopi…
    kira2 parah kah lambung saya,apa ada kelainan sprti kangker?

    saya mohon saran dr prof…

    trima ksh

  26. Cucun

    Prof saya mau nanya.
    Usia saya 29th, ± 2th lalu saya opname karena diare hingga 10 hari tp sampai sekarang perut masih terasa sering mual terutama habis makan langsung Begah di perut kanan sampai terasa sakit tp perut kiri seperti kosong tidak terisi, saya sudah endoskopi hasilnya normal, CT Scan hasilnya normal kemudian appendix program hasilnya non filling appendix dan harus operasi usus buntu tapi stlh operasi rasa Begah di perut kanan masih ada. Kira2 sakitnya apa prof? Apa ada kemungkinan IBS prof?

  27. Yth. Diwan Mahayana,

    Yang menyebabkan sakitnya adalah “bertahak itu”. Bertahak harus dicegah dengan menelan ludah. Silakan Anda konsultasi langsung ke RS Carolus.

  28. nisa

    Prof saya mau tanya…saya mengalami gejala sering sendawa, mual, lidah terasa pahit dan nyeri perut yang melilit bagian tengah atas yang sering berulang…apakah itu termasuk maag atau ada penyakit lain yang lebih ganas..karena sangat mengganggu aktivitas sehari-hari..mohon jawabannya ya dok…thanx

  29. Yth. Sdr. Cucun

    Kita bicara tentang teori. Infeksi belum teratasi atau Anda mengidap penyakit yang jarang, yaitu crohn disease. Kalau IBS mungkin benar bila tidak ada mual.

  30. Yth. Sdr. Nisa

    Sendawa itu “kebiasaan yang tidak baik” bukan penyakit, akibatnya bisa jadi penyakit. Sendawa ditelan dengan menelan ludah.

  31. Djoko

    Dear Prof,

    Saya pria berumur 38 th dan sudah sejal Desember lalu mengalami gangguan perut, sudah ke dokter, dan beberapa dokter menyarankan endoskopi, sebagian lagi bilang tidak perlu.

    Pertanyaan saya ;
    1. Apakah selain endoskopi ada cara lain yang juga akurat?
    2. Apakah Prof juga melayani endoskopi?

    Sekian pertanyaan saya, terima kasih.

    Salam,
    Djoko

  32. Yth. Bpk Djoko

    1. Endoskopi paling akurat
    2. Saya tidak lagi mengerjakan endoskopi. Murid-murid saya sudah lebih pandai dari saya.

    Terima kasih

  33. dear prof,
    prof saya memiliki om yang baru saja menjalani ct scan pada perut. dia divonis lymphoma lambung. berikut ini saya lampirkan hasil ct scan nya dari rs husada jakarta. tolong beri komentar dan tindakan apa yagn harus diambil. umur om saya 57 tahun.
    pemeriksaan MSCT scan whole abdomen: potongan dari diafragma samapi bulbuli, tanpa dan dengan kontras iodium injeksi.
    hepar: tidak membesar, permukaan licin,parenkim post kontras fase artery menunjukan beberapa area yang lebih hiperdens/enhanced sesuai dengan area transient hepatic attenuation differentation (THAD), fase vena menunjukan beberapa low density nodules dengan diameter tidak lebih dari 21 mm, tersebar utamanya di lobus kanan, aspek sangat mencurigakan multiple liver metastasis. intra dan extrahepatics bile ducts tidak melebar. corakan vaskuler porta baik. kandung empedu tidak membesar, dinding mukosa didaerah fundus GB menunjukan penebalan yang mencurigakan suatu “frigian cap”/variant anatomy. bayangan sludge didalam GB, tidak tampak batuopak.
    lien: normal, parenkim baik. V. lienalis tidak melebar.
    pancreas: parenkim normal, tidak tampak s.o.l D. Pancreaticus tidak melebar.
    ginjal: bentuk normal, parenkim baik. fungsi ekskresi lancar, system pelviocalyces tidak melebar, tidak tampak ebndungan. kel. adrenal baik.
    kelenjar paraaortal: tidak membesar, ascites berat.
    lambung dan usus: dinding mukosa lambung difus menebal, ketebalan mencapai 15 – 44 mm, mukosa ireguler, dinding serosa licin-intact. tidak tampak filling defect usus lainnya dalam batas normal, tdiak melebar, tidak tampak ileus. omentum mulai menebal/suram, mencurigakan tanda tanda intraperitoneal infiltrasi / metastasis. mencurigakan keganasan lambung c.q. linitis plastica. DD/lymphoma lambung. colorectal tidak tampak kelainan.
    pelvis: kel prostat tidak membesar. buli-buli baik.

    kesan: mukosa lambung difus menebal suspect tumor jenis linitis plastica. DD/lymphoma lambung. anj: gastrokopi biopsi.
    kgb regional dan paraaortal tidak membesar.
    suspect multiple liver metastasis. tampak massive ascites dengan omental thickening c.q.peritoneal seeding.
    tidak tampak ileus. organ-2 abdomen lainnya dalam batas normal.

    itulah hasil ct scan perutnya. tolong dikometari ya prof dan langkah apa yagn harus kami ambil. sudah seberapa parahkah penyakit ini dan apakah masih ada harapan?
    terima kasih

    salam, ivonny

  34. Yth. Sdr. Ivonny
    Silakan konsultasi ke RS Kanker Darmais. Ada 2 konsep konservatif aktif atau agresif. konservatif pasrah – agresif – operasi –> khemo.

  35. daru wicaksono

    Dear Prof Daldiyono,

    Istri saya sejak tahun 2004 menderita sakit hepatitis B ( istri saya saat ini berumur 28 tahun). Sempat 1 Tahun lebih berobat jalan dengan salah satu Prof yang juga praktek di RS c*k*n* (maaf saya tidak menyebutkan siapa nama Prof tsb karena saya tidak berniat mencemarkan nama baiik orang lain dan instasi). Di 1 tahun awal pengobatan bersama beliau istri saya diberi obat sebivo (maaf saya lupa dosisnya, yang pasti obatnya 1 hari 1 kali tablet). Pengobatan ini sangat baik karena istri saya sgot dan sgptnya selalu normal. Walau demikian hasil antivurus hbv nya masih rekatif .

    Jumlah virus hep B yang pernah ditest lab secara kuantitatif sebelum mengkonsumsi sebivo adalah 18 juta. Setalah mengkonsumsi sebivo salama 1 tahun menjadi 30ribuan. Ambang batasnya kalau tidak salah dibawah 300 ya? Saran dari prof tsb adalah mengganti obatnya karena kuatir virus hep b nya akan resisten dengan sebivo. Kami setuju dan atas saran prof tsb istri saya mengkonsumsi sejenis serbuk teh bernama sosayikoto, diminum dalam larutan air putih.

    Selang 2 bulan istri saya konsumsi sosayikoto, sgot dan sgptnya tidak normal ( diatas ambang normal). Prof menyatakan virus tsb ‘bandel’. Kami disarankan untuk menggunakan obat suntik bernama kalferon dengan dosis pemakaian seminggu 3 kali suntik. Obat ini juga sangat keras. Istri saya merasa tidak kuat meneruskan pengobatan suntik ini. Selain itu juga sgot/sgpt istri saya masih diatas ambang normal. Istri saya berhenti menggunakan obat tsb setelah 1 bulan menggunakannya.

    Lalu kami berangkat ke luar negeri, pulau penang di Malaysia. Bertemu dengan prof disana dan kunsultasi. Dengan berbegai pertimbangan, prof tsb menyarankan untuk berhenti menggunakan kalferon dan meneruskan pengobatan dengan obat baraclude 0.5 mg sehari. Prof tsb juga menyatakan bahwa istri saya memiliki lemak dihati ( fatty lever) dan diberi obat Jetepar dengan dosis 1 hari 3 tablet. Sayangnya pengobatan berjalan salama 1 tahun dipenang ini juga tidak menunjukan sgot/sgpt yang normal ( setiap bulan istri saya cek sgot/sgpt), selalu diatas ambang normal.

    Awal Agustuss ini kami berencana untuk kembali berobat di Jakarta. Keuangan kami juga tidak mencukupi untuk terus menerus berobat ke LN. Prof, saya mohon bantuannya apakah kami bisa berobat jalan ke Prof Daldiyono ? Atau ada saran dari Prof Daldiyono agar kami bisa memperoleh dokter/prof lain di Jakarta? Budget kami juga terbatas, secara jujur kapasitas kami untuk membeli obat adalah sekitar 2 jutaan sebulan.

    Saya meminta pendapat dan saran dari Prof karena saya liat diblog situs ini prof bisa menjawab dengan objektif..
    Jika jawaban prof tidak ingin dipublish, mohon mengirimkan email saja ke new_electrolite@yahoo.com

    Terima kasih banyak atas tanggapanya

    Daru Wicaksono & Theresia Natalin

  36. Lydia

    Dear Prof,

    Prof,apakah seorang penderita kanker lambung bisa mengalami pembengkakkan di bagian perut??

  37. Yth. Ibu Lydia,
    memang hal ini gejala akhir kanker lambung. gejala awal sangat samar-samar.

    salam

  38. unique

    dear prof

    mo nanya…
    saya sudah sejak lama mempunyai keluhan bau mulut, saya sudah ke berbagai dokter dari dokter gigi sampai dengan dokter spesialis penyakit dalam. kemudian dokter yang terakhir bilang saya sebaiknya di endoskopi. tapi saya khawatir dengan harga/tarifnya. Kemudian saya masih ragu dengan proses endoskopi itu sendiri, gimana prof?

  39. Sdr. Unique,

    Maaf ya, soal ragu saya tak bisa komentar. Ada tertulis sebaiknya pasien menerima atau menolak rencana medik.

    salam

  40. ralph pinatik

    dok,saya mo tanya,klo rasa tidak enak diperut bagian atas berarti bermasalah dengan lambung??saya sudah 5 bulan ini bergelut dgn penyakit ini.rasa tidak enak,mual,muntah bahkan pernah feses saya lembek dan berdarah.tapi setelah di cek lab,hasilnya gak ada masalah.berat badan saya turun terus.tapi nafsu makannya tetap kuat.apakah ada indikasi ke penyakit serius??umur saya 27 tahun.mohon penjelasannya.thanks.

  41. Yudi

    Pagi prof, saya mau tanya, papa saya 68 tahun didiagnosa kanker lambung, CA-Gaster. Dokter yang saat ini menangani sudah menyerah. Karena kemungkinan sembuhnya tipis.
    Dibawah ini saya copykan hasil Patologi Anatomi-nya

    Patologi Anatomi
    Histologi
    Diagnosis klinik: Melena
    makroskopik: dua potong jaringan diameter 0.1 dan 0.3 cm semua cetak
    mikroskopik: epitel kelenjar proliferasi atipi sitoplasma cukup, inti gelap, kromatin inti kasar dan tampak infiltrasi ke stroma. H. pylori (-).
    kesimpulan: mukosa antral: adenokarsinoma differensiasi baik. H. pylori (-).

    Apakah benar ini susah disembuhkan prof? Kira2 tindakan apa yang bisa dilakukan? dan berapa biayanya.

    Trima kasih

    Yudi

  42. Yth. Bpk Yudi

    Kalau posisi kanker pada antrum dari adenokarsinoma differensiasi baik –> operasi.
    Tentang biaya tergantung dari Rumah Sakit dan kelas perawatan. RSCM murah.

    salam

  43. Shirly

    Pagi Prof, ibu saya 63 tahun didiagnosa terkena penyakit Chron, menurut dokter yang menangani tidak ada obat yang dapat menyembuhkan, obat-obatan (a.l diberikan inpepsa, parriet, vometa, ultracet dan salofalk) yang diberikan hanya untuk mengurangi rasa mual dan nyeri, penyembuhan bergantung daya tahan tubuh dari ibu saya. Namun sudah hampir 3 minggu obat tersebut dikonsumsi rasa mual dan nyerinya masih belum berkurang. Mohon petunjuk dari Profesor tindakan apa yang harus saya lakukan dan jika saya perlu mengganti dokter mohon rujukan dari Profesor. Terima kasih atas bantuan informasinya.

    Salam,
    Shirly

  44. Crohn bisa sembuh. Silakan Anda datang ke tempat praktek. Persoalannya diagnosis tepat atau tidak, beberapa penyakit mirip Crohn misalnya TBC usus, dll.

    salam

  45. sari

    satu setengah thun yg lalu sy didiagnosa menderita GERD. dan sempat dilakukan endoskopi yg hasilnya esofagitis. kmnd sy diterapi selama 2 bln ( obat pariet ) dgn tambahan primperan dan farmacrol forte. hanya sampai skrg sy merasakan hal yg tidak enak di daerah tenggorokan dan mulut. Apakah rasa yg tdk enak itu pengaruh dr penyakit sy sebelumnya? dan apakah sy perlu melakukan endoskopi lg? dan apakah rasa mual yg kadang2 timbul dan rasa yg tdk enak di perut pertanda munculnya penyakit sy kembali? dan apakah obat yg hrs sy minum?selama berapa hari? sebelum dan sesudahnya sy ucapkan terima kasih kpd Prof Daldiyono.

  46. ita

    Yth. Prof. Daldiyono,

    Bulan Sept 09 lalu ibu saya diare dan muntah. karena ada hajatan, beliau diberi suntikan. kata dokternya itu adalah anti diare dan vitamin. Setelah itu, memang diare dan muntahnya berhenti, tapi rasa nyeri di lambungnya timbul dan hilang selama 4 bulan ini. Tadi kami ke dokter dan ibu saya diminta untuk melakukan endoskopi Sabtu ini. Yang saya ingin tahu, biasanya tindakan endoskopi ini dilakukan karena dicurigai ada sesuatu atau hanya untuk pemeriksaan lebih mendalam.
    Terima kasih sebelumnya

  47. Dr. Yth.
    Saya di diagnosa GERD yang mneyebabkan sinusitis..Dokter menyarankan di endoskopi agar diagnosa lebih akurat.
    Sementara sejak tahun 2007 saya sudah emmakai Pacemaker karena Bradycardia.

    Bolehkah atau amankah endoskopi bagi pemakai Pacemaker seperti saya..?

    Salam,

  48. Sdr. Yudi,

    Kalau hanya untuk GERD tidak perlu endoskopi, cukup terapi empirik.

    salam,

  49. Anton

    Dear Prof Daldiyono,

    Saya (Laki2, 155cm/54kg, 35th) sering mengalami begah, perut terasa penuh, dan dada kiri seperti semutan, dan ada rasa tidak nyaman. Ini terjadi kalau saya selesai makan. Biasanya setelah sendawa atau buang angin, kemudian saya merasa nyaman. Kemudian di perut sebelah kanan atas kadang nyeri, tembus ke punggung. Saya sudah melakukan endoskopi gastro di salah satu rumah sakit di Jakarta pada tanggal 26 Januari lalu, hasilnya Saya menderita gastro kronik, tetapi tidak ditemukan bakteri H.pylori. Test fungsi hati, semua normal. Apakah ini hanya masalah lambung Dok? Atau ada batu di empedu saya? Setahun lalu saya sudah USG abdomen di rumah sakit yang sama, tetapi tidak ditemukan batu empedu, tetapi ditemukan fatty liver. Saat ini saya cuma minum obat lansoprazole 1 kali sehari (pagi), rasa nyeri di perut kanan atas masih sering terjadi. Mohon penjelasan dari dokter.

    Salam,
    Anton

  50. Nana

    Yth. Prof. Daldiyono,
    Prof, sekitar pertengahan tahun 2009, ibu saya yg berusia 63 tahun, sakit. Awalnya saya kira sakit maag, kemudian tidak sembuh, sebulan kemudian masuk ke RS di kota KUDUS, dan di rumah sakit dicek darahnya dan menjalani USG, dan semua hasilnya baik. Akan tetapi, belum sembuh. Saya bawa ke dokter penyakit dalam di kota saya (KUDUS, Jawa Tengah) dan diberi obat-obatan untuk maag, tetapi belum sembuh. Lalu pada bulan November dibawa ke dokter ahli gastrologi di Semarang (Dr. Soemanto). Ibu saya disarankan untuk cek kimia darah, SGOT-SGPT, GAMMA GT glukosa puasa, serum protein elektroforase, imunoserologi, CEA dan semua hasilnya baik. Di doker Soemanto diberikan obat-obatan seperti pariet yang 20 mg,dan pencegah muntah. Dan tidak disarankan untuk endoskopi oleh dr Soemanto. Tetapi sampai saat ini masih belum sembuh total. Obat pariet hanya dikonsumsi ibu saya ketika perutnya yang tengah bagian atas sakit. Yang dirasakan oleh ibu saya saat ini antara lain : terkadang pusing, makan sedikit kenyang, kalau diberi makan terlalu banyak muntah, kurang nafsu makan, terkadang perut tengah bagian atas sakit tapi kemudian bisa hilang dengan sendirinya (hal ini tidak terjadi setiap hari), berat badan turun hingga 35-36 kg, lemas, BAB normal tidak kehitaman, matanya tidak kuning. Beberapa hari yang lalu kakinya bengkak dan saya bawa ke dokter diberi obet Lasik, dan sekarang sudah tidak bengkak lagi.
    Yang mau saya tanyakan apakah dengan cek CEA dan USG bisa membuktikan bahwa ibu saya tidak terkena kanker maupun tumor?? atau harus cek endoskopi ?
    Atau apakah ibu saya hanya terkena maag biasa?
    Apakah ada saran dari dokter untuk kesembuhan ibu saya ?
    Saat ini ibu saya mengkonsumsi obat maag yakni meisec setiap pagi sebelum makan. Bagaimana pendapat dokter tentang kesehatan ibu saya ??
    Mohon jawabannya…segera….
    Terima kasih

  51. Yth. Sdr. Anton,

    Ada berbagai kemungkinan. Pertama, keluhan bersifat fungsional, akibat sendawa. Sendawa harus dicegah dengan menelan ludah. Kedua, kelainan usus besar. Ketiga, kelainan yang lain. Coba dulu mencegah sendawa, olah raga.

    salam,

  52. Yth Pak Nana,

    terdapat indikasi yang sangat kuat untuk melakukan endoskopi kembali ke dr. Soemanto atau dokter lain yang berhak melakukan endoskopi.

    wassalam

  53. Nana

    yth,
    dokter ini pak nana yang kemaren..
    beberapa hari setelah saya mengirim pesan kepada dokter, kondisi kesehatan ibu saya semakin membaik…
    nafsu makannya sudah mulai banyak dan apabila digunakan untuk makan yang cukup banyak, perutnya sudah tidak sakit lagi…
    bahkan sakit di bagian ulu hatinya sudah tidak pernah kambuh lagi…
    Bahkan gejala-gejala kanker yang dokter tuliskan di web ini tidak dirasakan oleh ibu saya…
    menurut dokter apakah ibu saya perlu melakukan endoskopi ? karena kesehatannya sudah membaik.
    bukankah dengan USG dan CEA sudah bisa memprediksi adanya kanker dok ??
    Apa diagnosa dokter untuk kondisi ibu saya saat ini semakin membaik??
    Apakan beliau sudah sembuh…

  54. dok,
    saya sdh 1 bulan merasa tdk nyaman diperut,
    sudah rontgen dan usg,tp tdk tampak…
    gjala awal tdk bisa berak seminggu,hbis itu bs berak,tp tdk teratur..!tp dbag lambung msh terasa nyeri,apalagi kalau ksong perut pzt bnyi keras dan getaranNy sngat terasa,kira” saya sakit ap y dok?

  55. Yth. Sdr Budi,

    Maaf, tidak dapat diambil kesimpulan, mesti ke dokter. dan bila perlu foto atau endoskopi.

    salam,

  56. Yth. Sdr. Nana,

    Dalilnya sederhana, bila nafsu makan baik dan buang air besar baik, tandanya usus sehat, ya tidak perlu diendoskopi.

    salam,

  57. yth,
    dok,maw tanya lagi,..!
    kan sudah d usg,rontgen udah,urine,drah,smua normal,
    sudah dperiksa sma 3 dokter dan ktiganya beda” pernyataan,..!
    saya cuma tnya kalau hernia ap ada sangkutanNy dengan berak yg lembek dan sering sendawa,krn nafsu mkan dan bab msih bs,cm g teratur…!
    trimakasih dok…

  58. deni ramdani

    pak prof orangtua saya usia 69 di vonis kanker buli-buli stadium 4, sudah menjalani pengobatan di salahsatu rumahsakit besar di bandung dan saran terakhir untuk dilakukan pengangkatan saluran kantung kemihnya. Adakah cara lain selain cara tersebut ? kemana mesti konsultasinya ? terimakasih pak prof

  59. Yth. Sdr. Budi Cahyono,

    Tidak ada hubungan hernia dengan keluhan lain. berak lembek itu bagus.
    Sendawa jangan dibiasakan, silakan hilangkan 2/3 cara sekaligus:
    1. duduk selalu tegak
    2. bila kembung berdiri jinjit dengan ujung jari (jinkek) lalu jalan di tempat.
    3. Menelan ludah kalau mau sendawa.
    “air ludah adalah obat sakit maag yang terbaik.”

    salam.

  60. Yth Sdr. Deni Ramdani

    Maaf bukan bidang saya, silakan berobat ke Spesialis Urolog. Setahu saya obat kanker vesika disemprot obat anti kanker dengan kateter –> bisa sembuh total bila nasib baik.

    salam.

  61. judygarland

    Prof, saya mo nanya. saya punya penyakit maag kira2 sejak 3 thn lalu yang bisa kambuh secara berkala setelah sejak saya terkena tipus. dan kalau kambuh bisa sampe panas, tubuh nyeri, dan mual. sangat mengganggu aktivitas..

    pertanyaannya, apa saya memang terkena maag atau ada penyakit lainnya ?trus, apa kalo terjadi seprti itu terus-menerus bisa mnimbulkan kanker lambung ?

    terimakasih prof..

  62. judygarland

    trus prof apa perlu endoskopi ?trims

  63. novy

    dok ,,,
    apakah ada efek sampin9 dri Qt melakukan endeskopi ???

  64. petrus assa

    Yth Proff
    saya mau tanya proff sebelum proses kolonoskopi
    pasien diberikan susu bebas laktosa ,dulcolax,dan fleet phospho soda,
    setahu saya dari beberapa sumber bahwa phosposoda tidak boleh diberikan kepada pasien yang menderita sirosis hati,penderita ginjal dan
    dapat menyebabkan endapan kristal kalsium-fosfat di tubulus ginjal yang dapat menimbulkan gangguan fungsi ginjal permanen.tetapi kedokteran tidak semua meminta data rekam medik pasien yang akan diperiksa apakah ini tidak berbahaya bagi pasien yang belum mengetahui riwayat fungsi ginjal ( Mis.Ginjal ada kista atau ada batu ginjal ) dan hati ( Mis.Ada sirosis hati atau perlemakan hati ) jika ada masalah.dan dikemudian hari menjadi peluang timbulnya penyakit baru ? Bagaimana Tanggapan Proff … Terimah kasih

  65. nadia

    Satu setengah thun yg lalu sy didiagnosa menderita GERD. dan sempat dilakukan endoskopi yg hasilnya esofagitis. kmnd sy diterapi selama 2 bln ( obat pariet ) dgn tambahan primperan dan farmacrol forte. hanya sampai skrg sy merasakan hal yg tidak enak di daerah tenggorokan dan mulut. Apakah rasa yg tdk enak itu pengaruh dr penyakit sy sebelumnya? dan apakah sy perlu melakukan endoskopi lg? dan apakah rasa mual yg kadang2 timbul dan rasa yg tdk enak di perut pertanda munculnya penyakit sy kembali? dan apakah obat yg hrs sy minum?selama berapa hari? sebelum dan sesudahnya sy ucapkan terima kasih kpd Prof Daldiyono.

  66. Rani

    Yth. Prof. Daldiono

    Prof mau tanya …. uda hampir 2 bulan ini saya bermasalah dengan lambung yg tak kunjung sembuh, hampir tiap hari perut bagian atas dekat ulu hati rasanya keras dan kembung, gejala ini timbul setiap jam 7 malam keatas …. saya minum 2 sendok magalat ato magtral biasanya akan reda .. b a b saya lancar setiap pagi …. perut akan enak kalo abis b a b prof … akan terasa perut tidak enak kalo diisi makanan lagi … saya bingung prof sakit apa yaa .. saya sudah bolak balik ke dokter sampe 3 dokter capek minum obat rasanya prof … mohon sarannya! terima kasih Prof. sebelumnya

  67. @nadia : maaf tak bisa dijelaskan dengan singkat

  68. @ Rani: coba menelan air ludah sebanyak-banyaknya. Air ludah adalah obat maag yang terbaik

  69. @ petrus assa: kadang-kadang kita perlu atau terpaksa mengambil resiko bila sangat diperlukan. Dapat diganti dengan foto colon-mloop

  70. @Novi: Endoskopi sangat sederhana, efek samping minimal (bila yang mengerjakan sudah terlatih dengan baik) tapi mahal sekali. Bila takut dapat foto OMD sebagai pengganti -> murah.

  71. @Judigarland: sakit Anda bersifat fungsional, sebenarnya tidak perlu obat, kecuali bila ada luka (ulkus)

  72. Ari

    Yth.Prof.
    Saya sdh endoskopi hasil dari biopsinya : gastritis kronik non aktif non antropy & tidak ada bakteri HP… ini artinya apa ? sampai sekarang hampir tiap hari saya masih perut kembung, pegal kaki dan tangan, keleyengan, sesak napas banget, jantung debar, kadang2 napas kering,mata panas, kalo pagi ada batuk kering… udah berobat ganti2 dokter masih blm berubah… akhirnya saya coba cek usg katanya ada komen kesan : fatty liver (kolestrol saya: 235 trigliserda saya : 178) ….apakah ada hubungan dgn sakit saya ? Terima Kasih .

  73. Yth. Sdr. Ari

    1. Tidak ada bakteri, artinya sakitnya lebih sederhana.
    2. Tidak ada hubungan antara fatty liver dan kolesterol dengan keluhan Anda.
    3. Saya anjurkan Anda konsultasi ke praktek saya untuk diskusi.

    salam.

  74. Horass Prof, Bapak saya itu sering BAB sesudah setiap habis makan,lau makan tu pasti langsung BAB kami da lakukan pemeriksaan endoskopy,apakah itu termasuk kanker lambung Prof tolong kasih informasi ya Prof

  75. Yth. Sdr. David

    Buat orang tua, mudah buang air besar itu berkah. Itu usus sensitif (irritable bowel Syndrome).

    salam,

  76. Horass,Prof saya mau nanya apakah pembengkakan pada hati itu ada hubungannya dengan saluran empedu ya Prof,dan juga apakah kalau orang da terkena pembengkaan hati dapat disembuhkan secara total ya Prof tolong ya Prof !!

  77. Horasss,Prof Orang Tua saya dah Menjalani Endoskopy,Lalu da Usg dan hasilnya Pembengkaan pada hati serta empedu,yang jadi pertanyaan ya Prof,Gmana cara menanggulanginya agar tidak menjangkitin kesemua organ tubuh apakah ada obat yang Mujarab agar bisa disembuhkan ya Prof,

  78. ferdi

    malam prof,

    mau tanya, kalau lambung saya ada nyeri timbul perasaan khawatir/cemas dan ingin buang air besar,kadang berkeringat dan serangannya selalu sore menjelang malam. sebenarnya ada masalah apa dilambung saya prof? apa kemungkinan ada bakteri? atau radang lambung?. trims prof dan mohon dibalas.

  79. Yth. Sdr Ferdi

    Tidak perlu cemas, sakit lambung itu sederhana dan tidak pernah berbahaya.
    Olah raga dan sayur buah yang banyak sangat menolong kelainan pada Anda.

    salam

  80. broto

    Yth. Prof

    Mau tanya…
    Saya broto, umur 39tahun, keluahanya adalah badan cepat lelah, kadang kepala jadi nyut..nyut sebentar.
    Setelah ke dokter, diagnosanya ginjal kronis dari hasil chek darah kreatin=2,5, ureum=48
    kemudian ke dokter lain, diagnosanya tumor lambung, dari hasil USG.
    manakah yang benar.?, apakah kedua2nya..?
    apakah tumor bisa mempengaruhi kreatin&ureum sehingga seolah2 ginjal kronis..?

    Salam

    Broto,

  81. Yth Sdr. Broto

    Data sangat sedikit, susah memberi komentar. Tanya ke dokter Anda dan minta bukti bahwa ada tumor lambung. USG tidak dapat mengambil kesimpulan tumor lambung.

    salam,

  82. sore prof..
    saya dani, umur 23 thn. sudah 3 bulan ini mengalami tidak nyaman di perut. awalnya gak terasa..cuma lemas dan sering sendawa. tapi akhir2 ini perut sebelah kanan atas terasa agak ada tekanan atau kaku gitu, tapi gak nyeri atau perih. sering sendawa. sudah periksa USG..kesimpulan semua normal hanya ditemukan banyak gas di gastro, cek feses…hasilnya mal digesti karbohidrat. diperiksa secara fisik luar sama dokter interist di rscm, tidak ditemukan yg darurat. tapi sampe saat ini saya masih terasa gak nyaman dengan perut sebelah kanan atas saya…seperti ada tekanan/kaku. buang air rutin…tidak cair juga tidak keras, tapi agak gak biasa ( seperti pencernaannya tidak sempurna).obat dikasih disflatyl sama omeprazole. kira2 ada kemungkinan penyakit yg lebih berbahaya gak ya prof? saya jd susah tidur nyenyak kalo malam..dah 3 bulan ini.

  83. ari minarwan

    Yth.Prof,
    Mohon maaf saya belum sempat utk bediskusi ke tempat praktek prof,
    Ini kedua kali saya di gastroskopi krn saya selalu merasa sesak nafas, jantung debar, lemas, dan mata spt kesemutan, dan kuping tidak enak, hsl gastroskopi yg kedua ini : esofagistis grade B, gastro refluks bilier derajat berat, gastopati aktif derajat sedang.. Saya sdh dirawat 6 hari, skrng sy sdh pulang tapi smp skrng gejala tsb msh ada.. Apakah obat yg diresepkan kurang bagus : omz 20 mg 2×1, fucoidan 1x,vometa ft 2×1,cravit 1x,disflatyl 3×1,fluimucil 400mg 2×1 … Saya bener2 bingung dgn sakit ini, terutama sesak nafasnya smp saya berjalan saja ngos2an..apa ada tip-tip yg bagus utk sakit sy ini, atau cara makan obat sy yg salah… Mohon bantuannya dok..terima ksh banyak

  84. Yth. Sdr Ari

    Maaf, lebih baik Anda ke tempat praktek saya. Medistra Selasa, Kamis, Jumat jam 9 pagi.

    salam

  85. Yth. Sdr. Dany

    Maaf, susah untuk dijawab. Lebih baik ke tempat praktek saya.

    salam

  86. ari minarwan

    Yth.Prof,
    Trmksh prof, saya akan ke tempat praktek prof di rs royal progress yg lbh dekat dgn rmh saya hari rabu ini…mudah2n saya bs mendapatkan penjelasan & perbaikan yg lebih baik.

  87. Yance

    Siang prof,

    Kiranya sudi memberi saran. Saya Yance Umur 23 tahun berat badan 43kg ( sebelum sakit 45an )

    Saya mempunyai keluhan di lambung dan usus, awalnya hanya mual disertai diare +/- 4X, namun seiring waktu berjalan mungkin karena pekerjaan jadi saya tetap bekerja seperti biasa dan istirahat hanya pas tidur malam saja, makin lama penyakit saya dari menuju akut hingga kronis sepertinya ( karena sudah lebih dari 6 minggu dan memasuki hari ke – 45). Keluhan terakhir saya ketika saya menulis pertanyaan ini adalah :

    1. Sering merasa asam di lidah setelah makan ataupun setelah mengunyah makanan dan makanan masuk ke mulut, namun tidak pernah mengeluarkan makanan itu kembali ke mulut.

    2. Ulu hati terasa panas lalu diikuti rasa hangat di perut bawah ( jadi mau BAB ) sebelum atau sesudah 2 jam setelah makan, kalau sudah makan tidak terasa panas.

    3. Ketika ada rasa asam di mulut , saya coba meludah dan hasilnya ludah saya itu warnanya putih seperti busa sabun, sampai lidah saya itu warnanya jadi putih sekali.. apa itu dari asam lambung prof? tidak ada gejala ke tipes karena suhu badan hanya 36.6 dan malam tidak pernah panas tinggi

    4. Terakhir saya mengkonsumsi obat seperti omeprazole, Domperidone dan Mucosta sebelum makan ( 3 X 1 hari ) selama 15 hari.

    5. Belum ada perubahan yang berarti dari konsumsi obat. masih ada reflux asam dan BAB bisa sehari 4X dengan Selang waktu 3-4 jam dan Feses lembek tidak cair, pernah warna feses seperti yang kita makan.misalnya warna campuran seperti pepaya ataupun sayuran yang telah kita makan.

    6. Apakah gejala ini bisa berarti GERD dan Radang usus besar ya prof? kalau indikasinya memang seperti GERD apa perlu endoskopi lagi untuk memastikan? atau saya terapi obat saja seperti omeprazole selama 2 bulan ? namun berapa dosis yang harus saya minum ya dok?

    7. Kalau memang perlu endoskopi untuk memastikan takut adanya Aktifitas Bakteri HP, di tempat praktek profesor ada tidak? atau jika memungkinkan saya mau konsultasi dengan profesor di CAROLUS. Prakteknya hari apa saja dan jam berapa?

    Mohon maaf kalau pertanyaan saya terlalu banyak. Soalnya kalau gak detail nanti profesor susah menjawab.

    Terima kasih

    Yance

  88. Yance

    Halo prof,

    Waduh ternyata tempat prakter dokter dekat dengan rumah saya… dari dulu aja langsung ke sana periksa..saya pikir hanya di Carolus..hmmm saya kurang teliti membaca blog profesor.

    Oke deh, nanti saya senin atau rabu ke tempat prakter dokter di Royal Progress ( dulunya medika GRiya ).

    Salam,

    Yance

  89. Yance

    Halo prof,

    Apa betul kalau sakit GERD itu gak perlu endoskopi dan hanya terapi empirik aja bisa sembuh?terapi empirik itu maksudnya apa ya prof? apa minum obat2 terus? apakah saya bisa konsultasi ke profesor mengenai GERD?. Terima kasih

    Salam

  90. Yth Sdr. Yance,

    Yang disebut terapi empirik adalah terapi pendahuluan sebelum diagnosis pasti. Endoskopi untuk membuktikan. Obat diminum 2 minggu – 2 bulan.

    salam,

  91. Sony

    Prof,

    biasanya berapa jarak minimum anatar satu endoskopi dengan endoskopi lainnya?

    Masalah saya begini.
    Awalnya saya merasa kembung2 di bagian perut, sering (maaf kentut). Kejadian ini saya rasakan sejak April 2009.
    Setelah berobat ke beberapa dokter internist, saya ketemu dokter Gastroentrologist, bulan November 2009 di Kuala Lumpur. Kebetulan waktu itu saya memang bekerja di Kuala Lumpur.
    Saya di endoskopi dan ditemukan ada bakteri. Menjalani treatment selama kurang lebih 2 bulan, dicek lagi bakteri udah tidak ditemukan. Tapi perut masih terasa kencang-kencang.
    Obat saya terus minum sampai saya harus pulang Indonesia di akhir Januari 2010. Dan dari ngomong2 dengan dokter tersebut saya katanya menderita IBS (Irritable Bowel Syndromw).

    Pada bulan Februari 2010, masalah baru muncul: saya merasa seperti di leher saya tegang dan disertai kadang-kadang dada itu seperti ditekan-tekan. Balik lagi ke dokter yang sama (yang endoskop saya di bulan November 2009) dibilang itu karena tegang. Di kasih obat untuk melemaskan otot. Salah satunya lexotan (salah satu jenis psokotorprika) Obat tidak saya minum, karena saya pikir psokosomatis.
    Pulang Indonesia saya cek ke THT, dibilang psikosomatis lagi.
    karena menganggap ini cuma psikosomatis, symptom ini saya abaikan. Saya tidak minum obat apapun. Sampai satu saat tanggal 1 Agustus 2010 (hari Minggu), bangun pagi saya merasa seperti sariawan pada bagian lidah. Lidah sedikit bergerigi di pinggir dan bawah. Distertai perasaan radang tenggorokan sedikit.

    Saya cek ke 3 dokter bedah mulut (2 di Indonesia, 1 di Singapur) semua dokter bilang normal. Saya cek ke dokter THT, diperiksa dengan semacam endoskop di hidung, tenggorokan saya normal.

    *******

    Oleh dokter bedah mulut di Singapur saya ceritakan saya punya riwayat IBS. Dia menyarankan saya kembali ke dokter saya (gastroenterologist) di Kuala Lumpur untuk melanjutkan treatment.

    ***

    Alangkah terkejutnya saya begitu sampai di sana, oleh dokter dikatakan saya terkena Acid Reflux (GERD?).
    Saya agak sedikit complain, karena dulunya dia tidak pernah mengataka (menekankan) pada Acid Refluz, tapi masalah tension di leher, psikosomatis dll.

    Dia bilang, dia sudah diagnosis dulu di bulan November 2009. Loh….waktu diagnosis katanya bakteri?????

    Saya jadi takut akan penyakit ini prof. Dan ingin endoskopi lagi untuk melihat seberapa parahnya.

    Masalahnya: apakah endoskopi untuk jarak belum 1 tahun diperbolehkan?

    Saya bertanya sama dokter yg sama: bagaimana memastikan seberapa parah asam di esofagus. Dia menyarankan saya di test dengan pH monitoring.

    Mohon saran prof.

    Sony

  92. Ani

    Slamat siang pak dokter..
    Saya mau nanya..gejala gejala kanker lambung apa saja?
    Trims.

  93. riki

    Dua tahun yg lalu sy didiagnosa GERD dgn hasil endoskopi esofagitis.Beberapa bulan terakhir ini sy sering mengalami keluhan seperti terasa penuh di kepala dan hidung sampai dahi.. Apakah keluhan sy yg sekarang krn pengaruh penyakit saya sebelumnya atau ada penyakit lain? Mohon penjelasan?

  94. yance

    Halo prof,

    Saya sering mengalami migrain, bisa 1X sehari. dan sudah 10 hari saya mengalami ketidak seimbangan tubuh, seperti saya duduk itu terasa bergoyang.

    Apa penyebab migrain dan tubuh bergoyang sendiri prof? Bisakah dari Perut kita yang memang lagi gak sehat?? Apa ada penyebab lainnya?

    Apa perlu saya lakukan CT-SCAN kepala prof?

    Terima kasih banyak dan sudi kiranya dijawab prof.

    salam,

    Yance

  95. Junaidi

    Salam prof,

    Nama saya junaidi, 35tahun, dan di kalbar. Saya pernah sakit maag sampai tidak bisa berdiri dalam beberapa tahun lalu. Sampai bulan lalu terasa nyeri sedikit yg kadang2 hilang dibagian bawah kiri rusuk. Kadang2 terasa penuh dan sering sendawa. Cek ke dokter, menurut dokternya, kadar asam terlalu tinggi, kemudian dikasih obat2an, dan kemudian disarankan cek darah, urine, dan USG. Hasil tidak menunjukkan ada batu2an, dan semua normal dalam hasil. Tapi ada beberapa polip 6-7mm di gallbladder. apakah itu berbahaya? Dan rasa sedikit nyeri ini masih ada kadang2 di bawah kiri rusuk ini jika sudah nganggur dan kerjaan selesai.

    Terima kasih banyak untuk jawabannya prof.

    Salam,
    Junaidi

  96. Fira

    Prof saya remaja 13 tahun, saya penderita kelainan tulang belakang, skoliosis. Saya ingin minta tolong pada profesor untuk merekomen dokter ahli bedah tulang belakang kepada saya. Terimakasih prof. Oh ya prof salam kenal ya, gara-gara buat tugas saya jadi tahu website ini.

  97. Ronald

    Salam Prof…

    Nama saya Ronald usia 35 tahun,
    Saya mempunyai masalah kesehatan, biasanya kl saya buang air besar sehari bisa sampai 3x,
    tetapi selama 3 minggu lalu saya buang air besar bisa 5/6 x dengan kotoran kadang mencret, kadang hanya lembek,tetapi kalau pagi normal Prof,
    6 hari lalu saya mengalami buang air besar bercampur darah… lalu saya periksakan ke dokter internis, dan si usg ktnya bagian luarnya tidak ada apa2,dan saya di beri obat untuk 5 hari, obatnya ada 2 macam kalnex dan salofalk, setelah minum obatnya. frekuensi buang air besarnya normal tapi masih mencret dan ada darah sedikit.
    setelah 3 hari minum obatnya, terasa sudah normal dan tidak ada darah, tetapi pada hari kelima kemarin tiba2 saya mengalami buang air besar mencret lagi bercampur darah kembali…
    dan kotoran seperti lendir jg seperti ampas-ampas sayuran, tetapi bercampur darah semua ( maaf darahnya seperti warna darah orang mens Prof )
    dan sudah 5 kali dalam sehari kemarin dan 1 kali dalam pagi ini saya begitu.
    selama seperti ini tidak ada panas dingin, dan perut saya tidak sakit Prof, hanya perasaan ada tidak enak pada perut bagian bawah sebelah kanan, tetapi tidak merasakan sakit sama sekali.

    sy mohon pencerahannya Prof. sebenarnya hari ini sy harus kedokter karena obatnya sudah habis, tetapi saya ingin sekali berobat kepada Prof. yang baru ada hari senin kedepan. terima kasih sebelum nya saya ucapkan kepada Prof…

  98. yayah

    Maaf Prof, Usia saya 29Tahun.
    Hampir setahun ini saya sering keluar Rumah Sakit. Awal mula sakit ini pasca melahirkan, Diagnosanya Maagh kronis, biasanya kalau sudah datang sakitnya, saya merasakan lemas dan sesak nafas. namun ketika di RS dan dicek LAB hasil EKG, Rontgent, USG (All Perut / Rahim), cek Darah (2x), Tes Urine, semua hasil tes normal semua. Pada saat sakit di bagian perut ditekan Dokter Internist namun saya tidak merasakan sakit, Saya memang pernah disarankan untuk endoskopi, namun tidak mau. Tapi saya meminta USG saja yang sebelumnya puasa terlebih dahulu selama beberapa jam dan hasilnya bagus, Kata Dokter Internist penyakit yg diderita saya lebih ke psikis (Faktor Fikiran yang lebih berat dari pada penyakitnya), Berat badan saya semakin hari semakin menurun (Turun BB sekitar 15kg). Yang mau saya tanyakan apa saya perlu melakukan endoskopi agar lebih jelas? Padahal dari hasil USG yang sebelumnya puasa terlebih dahulu itu hasilnya (dari keterangan) menunjukkan bagus (tidak ada kelainan). Nafsu makan saya juga banyak Prof, terkadang perut saya merasa perih terkadang merasa panas, terkadang mual, kejadian ini saya rasakan ketika ada sesuatu hal yang membuat saya lemas dan was2 dalam diri saya. Apakah memang hanya faktor psikis saja Prof? Mohon saran dan solusi yang terbaik dari Bapak Prof. Daldiyono, terimakasih atas pehatian, waktu dan bantuannya.

    Salam

  99. latifah

    hai Prof..
    Saya berusia 35 tahun, anak saya berusia 4 thn, dia sering mengalami keluhan sakit perut (dia sering menunjuk dibagian atas pusarnya tp kadang disebelah kiri pusar)sejak 6 bulan lalu dan bila sakit sedang terasa sekali bisa sampai demam dan diakhiri dengan batuk yg pada akhirnya bisa sembuh sendiri,saya sudah berkali2x dibawa ke dokter hasil terakhir menunjukan hasil pemeriksaan darah tepi kadar Lecoyte mencapai 25.000, saya dianjurkan melakukan pemeriksaan Torax hasilnya paru2x masih bagus tapi test Matoux nya positif dan dokter mendiagnosa anak saya terkena TB Pasif, tapi saya bingung kenapa perut anak saya sampai sekarang masih sakit, sering sendawa, dan muntah2x lalu oleh dokter diberi obat Omeprazole selama 2 minggu dan kini hampir 2 minggu anak saya masih sakit perutnya.
    Dokter pencernaan menyarankan apabila setelah minum Omeprazole selama 2 minggu tidak ada perubahan pada sakit anak perut saya maka harus dilakukan pemeriksaan endeskopis..
    Prof apakah berbahaya bagi anak saya yang baru berusia 4 thn untuk melakukan pemeriksaan ini, dan kira2x anak saya mengalami sakit apa? mungkinkan terkena infeksi lambung?
    Terima kasih saya ucapkan sebelumnya Prof…

    Salam

  100. latifah

    Maaf Prof ada tambahan
    Perlu diketahui kalau anak saya memiliki riwayat alergi susu sapi sampai usia 1.5 tahun dia hanya boleh minum ASI dengan tambahan susu kedelai..
    Dari sejak usia 2 bulan dia memang sering kali mengalami muntah2x dan susah buang air besar..

    Terima kasih Prof

    Salam

  101. nova

    Salam Kenal….

    Dok… saya sudah beberapa bulan ini terserang maag..mual, tidak nafsu makan, nafas terasa sesak.. kaki saya terasa lemas….
    saya suda endoskopy tidak ada luka pada lambung..dan tidak ada bakteri….
    tapi sampai saat ini saya masih merasakan gejala tersebut…
    kenapa kaki saya bisa lemas…?
    sekarang ini saya konsumsi omeprazol 1×1…
    mohon saran dan perncerahan dari dokter…

  102. zidan

    Yth.Prof.Daldiyono
    Saya usia 42th terus terang belum periksa keluhan ini ke dokter. Sudah hampir 6 bulan ini perut saya terasa penuh/begah, perut terasa kembung sering bertahak. Di daerah dada ulu hati terasa panas? makanan apa yg sebaiknya dikonsumsi dan dihindarinya agar asam lambungnya normal apakah benar saya sakit asam lambung? obat ap yang harus saya minum? Mohon saran prof. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  103. samin

    Yth.Prof.Daldiyono
    Saya usia 28th sebelumnya saya terapi hepatitis b kronis dengan sebivo (telbivudine) setelah 6 bulan saya cek hbvna ada penurunan semula 1,2×10 pangkat 8 menjadi 2,4 x 10 pangkat 4. setelah berjalan 1 tahun saya cek kembali tapi ternyata hbvdna virus tidak turun dari hasil pengecekan 6 bulan yg lalu, apakah virus nya telah resistensi dengan sebivo? dan apakah ada obat pengganti yang lebih bagus dari sebivo? dan sekarang saya telah berhenti terapi selama 2 minggu, jika saya berhenti terapi, apakah ada efek buruk kedepannya terhadap saya.
    Mohon saran prof.
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  104. lussy

    Dok, saya di diagnosa gastristic kronis dari hasil endoskopi desember lalu, dr tgl 16 desember hingga sekarang saya masih mengkonsumsi 2 x 1 20 mg pariet dan 3 x 1 100 mg mucosta. Memang membaik, apa sekarang saya bisa mengurangi dosis pariet menjadi 2 x1 10 mg dok ? atau bagaimana saran prof.

    Thx prof

    Lusia

  105. prof,saya ingin bertanya.
    saya perempuan usia 21 tahun.
    sejak 6 bulan terakhir saya tidak pernah merasa fit.
    awalnya dari nyeri lambung, katanya saya kena maag kronis dan ada ulkus.
    saat itu juga saya sering bolak-balik UGD untuk diuap karena sering sekali terasa sesak nafas,sudah banyak diagnosa katanya saya TBC,lupus, tapi setelah melalui rontgen saya tidak apa2,hanya limfosit saja yg sangat rendah.
    dokter menyarankan saya untuk USG terlebih dahulu,tapi keluarga tidak mengindahkan dan beralih untuk pengobatan saya ke alternatif.
    tapi saya tidak begitu merasakan perubahan yg berarti,
    kata terapis semua keluhan yg saya rasa,perut begah,sendawa,gatal2 itu karena maag sy yg kronis.
    ada juga yg bilang saya kena psikosomatis, karena sakit fisik saya karena program pikiran dan emosi negatif.
    lalu terakhir,dokter menyarankan saya untuk endoskopi,tapi sampai saat ini saya blum juga di USG..
    mnurut dokter,yg mana dulu yg harus saya jalani?
    sampai saat ini saya tidak tau saya sakit apa.
    trima kasih untuk penjelasannya prof..
    jika berkenan,saya sangat menanti jawabannya.

  106. Anny

    Prof salam kenal,
    saya ingin tanya bolehkan ?
    Anak saya umur 10 tahun, sering merasa sakit di perut, mual, pusing. Hasil konsultasi dokter 1 bulan yll adalah maag atau adanya bakteri di lambung. Diberikan obat fucoidan, Lapraz, satu lg lupa, warnanya spt susu.
    perut sakitnya sudah sembuh tapi mual dan pusing masih. Jika sakit masih berlanjut anak saya disarankan untuk endoskopi. Anak saya tidak mau, takut katanya.
    1. Apakah ada alternatif lain tanpa endoskopi?
    2. Apa yang terjadi dengan lambung anak saya?
    2. Apakah bisa disembuhkan ?
    Mohon jawabannya, atas perhatian profesor saya ucapkan banya terimakasih.

  107. Fran

    Pak Prof,saya mau tanya saya ada penyakit GERD hasil dari endoskopi di tahun 2000 an,sdh minum bermacam2 obat Nexium,Pumpitor,Prosogan dll tapi sampai skrg kok masih sering nyeri di lambung seperti kesemutan,apa mmg gak bisa sembuh total ya Prof?terus apa bisa GERD atau Ulkus lama2 berkembang menjadi Kanker?thanks

  108. Qatrunnada

    Yth.Prof.Daldiyono
    saya izin bertanya Prof, apa si kelenjar limfe paraaortal, epigastrium dan ndan v hepatica itu? mohon penjelasannya. terimakasih Prof.

  109. haries

    Selamat Pagi Dok, Salam Sejahtera untuk kita semua

    Saya Haries, Pria 30 Th, Adapun mengenai saya sudah stop rokok selama 3 tahun, tidak konsumsi aLKOHOL, belakangan sering konsumsi Outmeal (Gandum), rajin Jogging tiap hari x 15 s/d 30 mnt, tekanan darah 120 atau 110/80, cek darah rutin per 6 bulan sekali dengan hasil gula darah, asam urat, SGOP SGPT naik beberapa Point, dan kolesterol batas normal (HLD, LDL, Trig, Kolesterol Total), berat badan 82 Kg,
    adapun sejarah medis saya selama ini lebih kurang 3 tahun adalah GERD (Peningkatan asam lambung tinggi) hasil dari 3 Dokter Spesialis dalam Umum dan 4 Spesialis Dalam Pencernaan, 2 Spesialis Penyakit dalam Divisi Kardiologi, dengan keluhan 3 tahun belakang yaitu sering pusing, sering sendawa, heartburn,nafas kurang sedap, mencret, kadang kadang keringat dingin, nyeri dada kiri nafas agak berat dan saya sudah konsultasi dengan Dokter Umum, Spesialis Dalam Umum, Spesialis dalam Paru, Spesialis dalam Pencernaan yang mana seperti diatas saya di Vonis GERD akibat Stress, Tiap 6 bulan sekali test Lab dan EKG Alhamdullilah hasil normal, namun belakangan ini saya sering merasa cemas, jantung berdebar, sesak nafas (tanpa aktifitas), sendawa yang terus menerus, pusing, susah tidur/tidak pernah nyeyak tidur dan stress kerja yang tinggi. pernah suatu malam saya sesak nafas saya seolah olah saya seperti kena serangan jantung namun saya berusaha tenang selama 1 jam, namun sesak nafas tersebut tidak hilang hilang namun bertambah cemas kemudian saya lari ke UGD, kemudian dokter jaga mengatakan jantung saya tidak apa apa tetapi lambung saya lagi banyak, namun saya masih ragu maka saya minta di EKG dan alhamdulilah hasil nya NORMAL hanya detak nya yang agak cepat, kemudian saya pulang dan istirahat, 2 hari setelah itu saya pergi ke BRAIN & HEART CENTER di RS pemerintan terbesar di Kota saya dan konsultasi dengan Dokter Spesialis jantung Dr H A….. S… SpJP-K, FIHA, FasCC dan saya tunjjukan hasil EKG saya, kemudian saya disuruh dokter tsb untuk langsung saja saya di ECHO JANTUNG (hasilnya jantung saya Baik Cuma ada katup sedikit melengkung) dan diresepkan obat Concor 1 x 1, kalxetin 2 x 1, dan Frisium (Clobazam) 1 x 1, menurutnya hanya pikiran saya saja yang lagi tegang (Untuk obat penenang tidak saya minum/jarang), kemudian beberapa hari kemudian saya mengalami lagi nyeri dada, sesak nafas, jantung berdebar (tanpa aktifitas) saya lalu konsultasi lagi ke 3 dokter (2 dokter Spesialis dalam Pencernaan dan dalam Pulmonologi) sekaligus dan alhamdullilah tetap menurut dokter nyeri dada kiri, sesak nafas dan heartburn tersebut dari Lambung (GERD) saya dan saya diresepkan obat obatan lambung (lanzoprazole 30 mg, Tripanzym, Zyfrax 0,25, dan Obat obatan penenang lainya,) (Untuk obat penenang tidak saya minum/jarang) memang saya akui saya selalu terpikiran ini adalah jantung saya yang bermasalah karena saya mudah sekali capek dan ngos ngosan, sering sendawa. Sejak itu saya sering merasakan nyeri dada, nafas berat berikut jantung berdebar debar saya besoknya konsultasi lagi ke Dokter Spesialis Jantung Dr. H….. H Spjp FIHA yang lain, dan saya di EKG dengan Hasil Jantung Normal Cuma nadi agak cepat akibat cemas dan saya diresepkan obat propanolol 10 Mg 1 x 1, Neurosanbe dan Pumpitor, dan saya langung ke Dokter Penyakit dalam pencernaan untuk obat permasalahan GERD tersebut.
    Adapun yang ingin saya konsultasikan Dok :
    1. Apakah benar nyeri dada, nafas berat dan jantung berdebar diikuti kecemasan itu diakibatkan dari GERD (Asam lambung saya yang tinggi) dan dicampur kecemasan yang dalam mind set saya selalu berpikiran itu adalah serangan jantung , mengingat dalam 3 bulan ini saya sudah 4 kali ekg dan 1 kali ECHO jantung dengan hasil normal ?
    2. Mengapa begitu saya melakukan aktifitas agak berat sedikit saya langsung berdebar debar, ngos ngosan, cemas diikuti datang pikiran saya bahwa saya sakit jantung, dan saya langsung tidak konsetrasi, sehingga saya sekarang agak males untuk kegiatan jogging dan diganti dengan jalan saja dengan waktu 30 Mnt setiap 2 hari sekali
    3. Apakah ini memang benar efek dari GERD dan Psikosomatis yang saya derita, mengingat ada 2 Dokter terbaik dalam penyakit dalam di RS Swasta terbaik di tempat saya (Palembang) hanya memberikan resep racikan dengan isi : Ludiomil, Zyfrax dan Dogmatil saja tanpa obat obat lain.
    4. Dan apabila ini memang efek dari GERD dan Psikosomatis bukan dari jantung saya yang bermasalah, bagaimana menanamkan/pencerahan/keyakinan dalam pikiran saya ini bahwa sakit yang saya rasakan itu adalah dari Lambung dan pikiran saya yang bermasalah bukan JANTUNG saya yang sakit
    5. Mohon bantuannya Dok karena saya belakangan ini selalu bepikiran saya sakit jantung namun menurut semua Dokter yang saya konsultasikan tidak ada 1 pun yang mengatakan saya sakit jantung, tetapi itu hanya akibat asam lambung yang tinggi dan kecemasan saja

    Demikian saya sampaikan Dok, maaf saya terlalu banyak cerita, mengingat untuk masukan Dokter saja, Sesudahnya saya ucapkan terima kasih banyak,

    Salam

  110. anjar prihandono

    Anjar prihandono
    Juni 17, 2011 pukul 3:18 am

    Ass.ww. selamat pagi pak Profesor, saya adalah pria berumur 41 th, mohon penjelasan dgn penyakit saya yang sering lemah, lemas, letih, pusing dan pegal pegal pada kedua kaki mulai dari bagian dalam paha (selangkangan) sampai ke telapaknya. saya ada riwayat sakit dispepsia/gangguan fungsi pencernaan hingga perut bagian tengah sering sakit, nyeri,panas, perih, mual, sebah,begah, sering sendawa dan buang angin/gas. tapi saya jg ada penyakit THT. telinga berdenging,hidung ada sinus, tenggorokan ada radang permanen yg tak kunjung sembuh walau telah diobati selama 9 th lebih. oh ya sya juga pernah ada gejala wasir krn pernah 4 kali keluar darah segar dari anus saat terkentut dan BAB, tiap kali melakukan aktifitas saya cepat letih dan pegal pada kaki mulau dari selangkangan sampe ke tapak kaki. saya sdh beberapa kali medical cek up tapi tak ditemukan penyakit yg serius/ berbahaya. tapi saya khawatir dgn kanker lambung. apakah bila seseorang itu nafsu makan minumnya baik dan BAB nya jg bagus bisa dipastikan aman tak ada penyakit serius pada usus pencernaan..? yang saya tanyakan kenapa saya sering lemah lemas letih dan capek2 pegal linu. padahal saya tak ada melakukan aktifitas yang berat…? selanjutnya adakah cara lain untuk melihat mendeteksi bagian dalam perut selain ENdoskopy..? saya di padang sumbar, adakah dokter ahlinya..? demikian dan terimakasih

  111. kenapa tak dijawab jawab pertanyaan pertanyaan yang sdh banyak..? apakah masih ada pak profesor daldiyono…?! kalau sudah tak ada ditutup aja situs/Web ini agar orang orang banyak tak terkecoh dgn harapan harapan konsultasi yang kosong, maaf. trims

  112. wahyullah

    buat mas haries….gejala yg anda rasakan, sama persis dengan apa yg saya alami.. tapi persoalan jantung berdrbar saya sudah bekurang dengan jalan mendekatkan diri kepada ALLAH SWT ..karena saya seorang Muslim , jadi semua jenis sholat saya lakukan… pesan saya soal kematian jangan terlalu dipikirkan, yakinlah bahwa semua yg hidup pasti akan melewati pintu kematian,,, okaiii…sementara yg belum teratasi adalah asam lambung saya yg masih kadang naik terkadang normal…kirim no hpnya biar kita bisa tukaran info. yah… 081 355 409 744

  113. salam kenal ya prof saya zara setelah saya membaca coment2 di wall prof. saya jadi yakin kalo tindakan endoscopy itu memang tidak da efek sampingnya karena rencananya saya akan d endoscopy hari senin tp saya ragu…moga semakin banyak lagi informasi yang d dapat dari shering seperti ini..:)

  114. m.sodik

    salam kenal prof nama saya sodik adik saya sdh 2bln sakit gejalanya ada bintik hitam seperti alergi di muka tangan dan kaki tapi di badan nggak prof terus rambut nya rontok hampir botak berat badan nya turun drastis prof,setelah periksa darah hsil nya/diagnosanya susp sle mohon penjelasan nya prof terima kasih.

  115. Satriyo

    Selamat Pagi, Dokter..

    Anak saya dua bulan yang lalu baru operasi megacolon trans anal (pullthough).. Sekarang kalau kentut masih suka keciprit.. Untuk kentut masih kelihatan sulit..Kelihatan sakit dan suka rewel kalau mau kentut.Apakah itu normal?
    Terapi apalagi yang diperlukan , dokter?
    Terima kasih sebelumnya .
    Satriyo

  116. hanik

    prof saya sakit diperut kanan bawah,dari hasil rontgen dengan appendik cogram hasilnya non filling apendik. sakitnya hilang timbul klo pas sakit ditandai dengan kencing sakit (anyang-anyangen) dan durasi sakit 5 – 10 jam. Pertanyaannya apakah saya perlu operasi usus buntu?trims

  117. Asw, dok saya di ponis ada batu empedu besarnya 0,7cm apakah perlu di endoscopy atau laparoscopy dok soalnya tiap hari perut di bagian tengah dan kanan atas selalu sakit seperti di tusuk-tusuk apakah itu pengaruh dari batu empedunya dok??

  118. oscar

    Yth. Prof. Daldiyono,

    Saya sering sekali mengalami perut kembung yang selanjutnya diikuti sendawa.
    6 tahun lalu saya pernah diendoskopi dan hasilnya esofagitis. Ada luka di esofagus yang mungkin disebabkan oleh obat. Dulu saya pernah konsumsi fati*on. Balik sekitar 12 tahun lalu saya pernah muntah darah dan didiagnosa ada luka di lambung (tanpa endoskopi). Setelah kejadian 6 tahun lalu (yang juga disertai muntah darah) saya bener2 menghindari makanan pedas.
    Sampai tahun lalu saya akhirnya terbiasa lagi makan makanan yang pedas.
    Sekitar 7 bulan lalu saya mengalami sakit yang teramat sangat di perut dan bahkan pusing hampir pingsan. Awal mulanya sehari sebelumnya saya makan sambal cabe rawit, kemudian saya paksakan olahraga walaupun saat itu saya lelah sekali dan juga banyak pikiran, dan setelah olahraga saya minum you C 1000. Akhirnya esoknya saya collapse.
    Sejak saat itu sampai sekarang perut saya tidak nyaman. Setiap salah makan pasti ada reaksi. Kalau saya makan makanan yang agak pedas saja pasti perut saya langsung sakit dan langsung terasa penuh (kembung) dan juga kadang diikuti dengan rasa pening di kepala. Ini sering sekali terjadi akhir2 ini.
    Menurut dokter apa yang harus saya lakukan untuk totally sembuh?

    Kalau berkenan kiranya dokter bisa membalas di email saya tanalanto@yahoo.com.

    terima kasih,
    Oscar

  119. Meidy

    Prof. riwayat medis saya..
    nama saya medy..umur sya 31thn saya wanita..

    1. saya ke dokter umum Sebulan yg lalu saya cek darah yg hsilnya positive typus dan Leukosit saya 11.000..dan diberikan obat 2 minggu kemudian saya merasa sudah lebih baik dalam menerima makanan atw pencernaan saya tdk muak dan muntah bila perut di isi makanan…dikarenakan saya ada sakit di sekeliling pinggang dan perut dibawah pusar..kembali cek darah dan urine untuk mengetahui leukosit saya dan hasilnya adalah 12.870 dan negative infeksi saluran kencing..

    2. saya lanjut ke internis di rumah sakit yg sama agar rekam medis saya dpt mudah di lihat dokter..di sarankan USG keselurhan dalam tubuh atw dimensi..dicurigai disekitar rahim atau Usus Buntu..saya dirujuk ke Dokter Kandungan dan mlakukan USG Tranvaginal dan menrut dokter saya ada Andenomiosis dan Endyometrosis…dan sekali lagi untuk mengetahui apakah saya usus buntu atau tidak akhirnya di Rontgen/x ray..dan hasilnya adalah :

    APPENDICOGRAM :

    Foto Polos ; Tak Tampak Appendicolith
    Sepuluh Jam Pasca Kontras : Kontras telah mencapai Colon Descenden. Appendix tidak terisi Kontras.

    KESAN :
    Non Filling Appendix
    Menunjang Appendicitis..

    Mohon advice nya dan informasinya apapakah sakit yang sedang saya derita saat ini..kebetulan saya belum bertemu dokter kembali..

    Mohon bantuan Prof..

  120. idur

    Prof, mohon info, saya sering sakit pada sekitar perut sebelah atas kiri dan kanan posisi lambung di bawah ulu hati, apakah ini pertanda gastrttis atau sesuatu yang lain, terima kasih

  121. Yono Wahab Handoyo

    Selamat Siang Prof.
    Saya Pria 36 th, tinggi 173 cm, berat awal 89 kg skrg turun kurang lbih slama 3 bln mnjadi 79 kg, awal yg saya rasakan jantung berdebar sdh ekg n treadmill smua normal dan hasil rotgen jg normal, lalu bnyak riak smpe kyak gel cek ke dok paru smua jg normal, yg saya rasakan skrg sering sendawa perut begah, sering sendawa dan badan pucat, sudah 3 bln ini, sendi2 sperti ngilu, badan lemas sdh minum bbrapa obat maag dari dokter tp hasilnya blm membaik krn asam lambung tinggi, apa klau asam lambung bisa masuk kejaringan pembuluh darah ? krn saya merasa kan ketidaknyamanan di sekujur badan terkadang badan saya memerah, dan napas sering sesak, saya mohon petunjuk dari Prof. Daldiyono, apa yang harus saya lakukan

  122. sonny senjaya

    sonny,

    dok, umur saya 29 thn. dua bulan yg lalu saya merasakan sakit di perut bagian bawah kiri dan kanan dan bagian belakang, sesak nafas, jari2 tangan kram, kemudian saya berobat ke dinyatakan hanya sakit maag. 3 minggu kemudian lidah saya berwarna pucat dan putih, kembali sakit perut di bagian bawah dan belakang sakit tanpa sesak nafas, setelah saya berobat ke dokter internis, dari hasil ct scan, permukaan hati saya kasar, dan lambung masih terisi penuh walau sudah beberapa jam makan. kesimpulanya peristatik saya lemah, kemudian cek darah komplit plus feses & urine, dinyatakan normal fungsi hati, gainjal, pankreas. saya di beri antibiotik untuk kemudian 3 minggu dan klo tidak ada hasil yng signifikan saya disuruh melakukan endeskop.
    3 mggu sdh berlalu, tapi tidak ada perubahan yang signifikan, saya susah buang angin, BAB juga tidak lancar, kembung setiap hari dan keras, sakit di perut bagian bawah tembus kebelakang setiap hari.

    apa yang harus saya lakukan dok? apa saya harus melakukan endeskopi atau pemeriksaan kolonoskopi?, saya tinggal di makassar, penjelasan dari dokter sangat di perlukan untuk tindakan medis saya selanjutnya.

    terimakasih.

  123. Salam kenal Prof,
    Ibu saya Bulan Mei-12 divonis terkena kanker usus, tapi menurut dokter nya tidak parah dan bukanlah kanker yg sangat ganas, sewaktu saya bawa dia berobat ke Msia. Sehingga harus segera dilakukan Operasi saat itu juga. Waktu itu Oeprasi berjalan lancar.

    Tapi kemudian setelah hampir 1 tahun saya bawa lagi Ibu saya ke sana, karena terlihat ibu saya kurang sehat dan banyak keluhan2.

    Di sana ternyata setelah di check darah sel kanker Ibu saya berkembang 1000 persen. Dokter di sana, tidaj menganjurkan operasi mau Kemoterapi, karena melihat kondisi dan umur Ibu saya yg sudah tua, (70 thn) , kareana dia yakin Ibu saya tidaj akan bisa bertahan jika dilakukan Kemoterapi. Dia merekomen Pengobatan Alternatif .Herbal, dan berdoa, karena ada beebrapa pasien dia yg sembuh setelah menjalani pengobatan Herbal.

    Menurut pendapat Prof. dan ingin masukan dari Prof, apa yg seharusnya saya lakukan.
    Kalo mau menjalani pengobatan alteratif herbal, saya pun tidak tahu karena begitu banyak yg menawarkan pengobatan semacam itu, pengobatan herbal yg bagaimana yg harus saya pilih ? . jika Prof bisa merekomen dasikan salah satu Klinik di Jakarta saya sangat berterima kasih.

    Willy .

  124. Salam Kenal Prof,
    Dengan surat ini kami ingin menanyakan :
    Perut saya sisi kanan dibawah iga / tulang rusuk sering terasa linu sampai tambus ke belakang, kira – kira apa penyebabnya, dan apa yang harus saya lakukan. Sebelumnya saya sampaikan Terimakasih

    Salam,
    Gunawan

  125. Salam Kenal Prof,
    Nama saya andika saya pria umur 31 tahun, saya mau tanya dok 2 minggu yang lalu saya opname di rumah sakit kemudian sudah di usg dan cek darah lengkap semuanya dalam keadaan baik” saja. tetapi kenapa saya masih merasakan sakit di daerah ulu hati dan perut sebelah kiri ketika saya tekan dengan tangan saya. kemudian saya sering mengalami pusing, dan sering mual serta bersendawa, perut rasanya mules seperti masuk angin. ketika saya cek tensi darah saya 100/70. lalu saya sering merasakan sesak napas, lalu saya ke dokter spesialis jantung dan saya disuruh EKG dan cek darah NT pro Bnp EKG saya normal dan cek darah NTpro Bnp hasilnya normal <50, tetapi kenapa saya masih sering merasakan sesak napas. tolong Prof saya harus periksa apa lagi agar saya tidak cemas dan was-was akan penyakit saya ini. Thanks

  126. yth Prof
    Saya Dea, usia 15tahun, saya ingin bertanya tentang keluhan saya.
    10bulan terakhir saya mengalami keluhan, perih di ulu hati, kembung, mual, muntah, sakit nya menyebar ke perut bagian atas yang sebelah kanan, kadang sampai timbul rasa seperti ditusuk-tusuk didada yang mengakibatkan saya sesak nafas, terus jika keluhan itu timbul pasti dibarengi panas badan tetapi telapak tangan dan kaki saya dingin. Dan sampai keluar masuk RS.
    Dan juga bila saya jalan mlm, terkena anginnya perut saya langsung merasa tak enak.
    sebetulnya itu sakit apa ya pak prof? masa hanya maag?
    Terima kasih

  127. Salam Kenal Prof,
    Nama saya andika saya pria umur 31 tahun, saya mau tanya dok 2 minggu yang lalu saya opname di rumah sakit kemudian sudah di usg dan cek darah lengkap semuanya dalam keadaan baik” saja. tetapi kenapa saya masih merasakan sakit di daerah ulu hati dan perut sebelah kiri ketika saya tekan dengan tangan saya. kemudian saya sering mengalami pusing, dan sering mual serta bersendawa, perut rasanya mules seperti masuk angin. ketika saya cek tensi darah saya 100/70. lalu saya sering merasakan sesak napas, lalu saya ke dokter spesialis jantung dan saya disuruh EKG dan cek darah NT pro Bnp EKG saya normal dan cek darah NTpro Bnp hasilnya normal <50, tetapi kenapa saya masih sering merasakan sesak napas. tolong Prof saya harus periksa apa lagi agar saya tidak cemas dan was-was akan penyakit saya ini. Thanks

  128. Dok,saya 21 th, saya susah BAB.. Bab saya sampai berdarah,, menetes,, saya sudah ke dokter,katanya tidak ada tanda2 wasir,,bab saya lancar dn tdk berdarah,,, tapii sebulan kemudian,saya susah bab lagii,dan berdarah lagii,, saya dikasih obat yg samaa,,semacam enzim dn lactobacilus,,untk pencernaan katanya,, tpii saya pindah dokter,, kata dokter lain,,saya menderita wasir,, bagaimana memastikannya yaa dok,, trims,,

  129. ning

    pagi Dok,
    dok, keluarga ada yang mengalami sakit lambung sampai bab dan muntah darah sehingga hb 7 dan harus transfusi, tidak nafsu makan, sebelumnya pnh terjadi 2 thn lalu, tp cm di kasi obat dan dr nya tidak menyarankan di endoskopi, pertanyaan saya: penyebab berak darah dan muntah darah itu knp ya dok, apakah gejala tsb menandakan kondisi lambung yang sdh parah?
    Trims sebelumnya

  130. rached samarji

    Dear Prof Daldi
    Sy rched usia 41thn surabaya.sy menderita kanker kandung kmih.dlm kandung kemih terdpt tumor.mnrt hasil.lab patologi msh sebatas lap lmina propria.sy pnh diterapi mitomicin namun penyakit kambuh lg.pengobatan apa yg bs saya lakukan sblm lbh parah lg.thx Prof.

  131. dear prof
    sy rahma dari sulteng,teman saya laki-laki.sering keluar darah dari anus dan sampai berhari -hari.biasanya berulang daam waktu beberapa bulan.
    dokter umum mengatakan itu wasir .tapi sy tidak yakin karena darah yg keluar lumayan banyak.mungkinkah itu gejala kanker lambung?mohon advisnya

  132. Siang prof .saia nurhayatii pasien prof sewaktu saia di rs.calorus . Yang bermasalah dengan saluran cerna ,sampai saat nie obat Dari prof sudah habis tetapi belum ada perubahan prof ,saia sudah test lab fases lengkap tetapi hasil nya negative virus amuba prof, apa saia perlu lakukan tindakan endoscopy prof .terima kasih prof .

  133. Prof. salam kenal nama sy Richard, sy mau tanya dok dulu pertama kali kena maag/lambung sy parah sekali sampai muntah/bab sampai dengan 15 x sehari, namun setelah 6 bulan sudah fit, maag sy kambuh lagi namun belakangan cuman mual2 dan muntah2 frekuensi jarang, sy sudah ke RS. Usada Insani, dan Rs Mayapada, namun obat yang di berikan masih sama yaitu episan dan Pantozol 20 Ml/40 Ml, dan sy sudah cek darah HB normal. karena dokter yang waktu itu stand by menyangka lambung sy robek karena berminggu-minggu masih mual. Keluhan penyakit saya di sekitar ulu hati dok, apakah penyakit yang sy derita saat ini ada kaitannya dengan gejala/kanbker lambung? mohon penerangannya. Terima kasih God Bless..

  134. Candra

    Prof. saya mau tanya..Saya terkena IBD di colon dan harus minum salofalk 500 mg..Apakah ada obat yang eqivalen dengan salofalk 500 mg pasalnya terkadang saya sulit untuk mendapatkan obat tersebut disamping harganya yang cukup mahal. Apakah IBD saya bisa disembukan ? IBD saya ini terdapat banyak polip setelahg dilakukan endos dan colonscopy.

    terima kasih atas jawabannya.

  135. Kepada:
    yang terhormat Prof Daldiyono..
    Ayah saya berumur 65 tahun, penderita Diabetes tipe 2 yang terkontrol. sudah 2 sampai 3 tahun menderita penyakit maag, kadang2 perut terasa kembung dan agak keras tapi tidak sakit. hasil usg lambung menunjukan bahwa : kapasitas lambung baik, tingkat kejelasan sangat jelas, riwayat kontinuitas terputus, gerakan peristaltik lambung tidak baik…, setelah makan antasida dan omeprazole sembuh. tapi setelah berhenti makan itu kira2 2-4 minggu dan makan asam2, kambuh lagi. begitu seterusnya dalam 2 s/d 3 tahun ini. Hasil CEA saya baru2 ini 1,5, BAB saya juga lancar dengan warna tinja cerah. sekarang ayah saya menderita Atrial Fibrilasi (gangguan irama jantung) yang mana ayah saya harus minum Obat Pengencer darah ( Pradaxa ), dan Obat anti aritmia (flecainide). jadi bagaimanakah penyakit ayah saya ini? tergolong ringan atau berat? apa ada Kemungkinan menderita Kanker Lambung? Jika dilakukan endoskopi apakah boleh? mengingat ayah saya minum obat pengencer darah tadi?…
    Informasi ini sangat penting bagi ayah saya, mohon bantuan informasi dari Prof. Daldiyono.
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih banyak atas jawaban dari Prof Daldiyono.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s